Teknik dasar fotografi DSLR

Discussion in 'Photography' started by Erick Julian Molle, Feb 21, 2015.

  1. Erick Julian Molle

    Erick Julian Molle Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    95
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Kamera DSLR adalah kamera yang mempunyai teknologi tercanggih untuk saat ini kamera ini mempunyai berbagai pengaturan yang harus dikuasai oleh semua para fotografer pemula. Teknik dasar fotografi DSLR terletak pada penguasaan menggunakan fasilitas di kamera DLSR agar dapat memaksimalkan kinerja kamera tersebut. Hal ini dibutuhkan agar seorang fotografer dapat menghasilkan foto yang bagus, indah dan bernilai seni. belajar dari nol lebah baik daripada menjadi pintar instan tapi tidak tahu apa-apa.

    [​IMG]

    Setiap jenis kamera DLSR mempunyai karakter sendiri dan berbeda-beda namun penggunaan kontrol di dalam kamera DLSR mempunyai nama yang sama berikut adalah beberapa berbagai kontrol yang ada dalam kamera DSLR dan penjelasan fungsi kontrol tersebut.

    1. White balance
    Dalam memfoto obyek putih dalam kamera DLSR terdapat pengaturan KelvinColorTemperaturescale di mana fungsi dari kontrol ini untuk mengatur warna yang putih yang akan difoto scale yang benar tidak lebih dan tidak kurang agar foto yang dihasilkan natural jika pengaturan ini salah warna putih tersebut dapat berubah menjadi warna kekuningan atau kebiruan. Skala yang digunakan adalah skala Kelvin

    2. Diafragma
    Diafragma adalah teknik dasar fotografi dslr yang harus dipahami diafragma adalah pengaturan bukaan pada lensa DSLR. Dalam kamera DSLR di simbolkan dengan huruf F. Ada beberapa ukuran F yang bisa dipilih. F yang memiliki angka lebih kecil membuat bukaan pas lensa ini memadai lebar hasil yang akan di dapat berupa hasil foto obyek utama dan bakcground akan nampak lebih jelas, sendangkan F yang memiliki angka lebih besar mebuat bukaan lensa menjadi lebih kecil hal ini menyebabkan obyek utama di depan kamera lebih fokus (nampak jelas) daripada obyek background yang akan lebih buram. Diafragma penting karena beberapa tipe foto harus cocok dengan pengaturan diafragma seperti contohnya foto pemandangan harus menggunakan diafragma f ukuran kecil dan foto untuk model menggunakan f ukuran besar.

    3. ISO
    ISO adalah kepekaan kamera terhadap cahaya dalam kamera DSLR ataupun kamera yang mempunyai teknologi digital akan mempunyai kontrol ini angka ISO sendiri di mulai dari angka kecil hingga angka ISO yang besar. Fungsi dari ISO sendiri adalah untuk mengontrol pengaturan cahaya yang masuk dalam foto nanti contohnya jika memfoto obyek di dalam ruangan gelap Anda dapat menggunakan ISO yang tinggi agar foto yang dihasilkan tidak terlalu gelap. Sebaliknya jika memfoto obyek pada kondisi terang dan cukup cahaya tidak perlu menggunakan ISO yang tinggi karena akan membuat foto menjadi terlalu terang. Teknik dasar fotografi DLSR tentang ISO ini harus sering sekali untuk dilatih agar terbiasa dengan penggunaan kadar ISO terhadap lingkungan obyek yang akan difoto.
     
  2. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,174
    Likes Received:
    2,705
    Trophy Points:
    413
    Jadi ingat jamannya kamera analog. Dapat pinjaman Olympus yang seharga sepeda motor, untuk ambil gambar moment pertunjukan drama. Otak-atik kontrol mengharap hasil bagus, setelah dicetak malah kena semprot panitia, hasilnya (bagus menurut saya) ABSURD, kacau balau.. ha..ha... Yang punya bilang, udah disetel otomatis biar gampang pakainya, kok diubah-ubah..

    Kalau sekarang enak, saya berani eksperimen ISO, wahite balance, dsb. Nggak cocok tinggal dihapus saja.
    Sayangnya DSLR belum punya, mahal serta repot bawanya dan juga takut dikira wartawan......
     
    Erick Julian Molle likes this.
  3. satriajogja

    satriajogja Member

    Joined:
    Feb 24, 2013
    Messages:
    348
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Kl saya lebih setuju kl hal dasar nomer 1 diganti dengan shutter speed dibanding white balance. IMHO
     
  4. Silmi Alimatul

    Silmi Alimatul Member

    Joined:
    Apr 14, 2018
    Messages:
    410
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Informasi yang sangat bagus untuk saya yang masih belajar hehe
     
  5. Blaz Flash

    Blaz Flash New Member

    Joined:
    Jul 16, 2018
    Messages:
    9
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
  6. Arif Rachman Hakim

    Arif Rachman Hakim Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    386
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    kelupaan aperture alias bukaan lensa bang, tapi mantap lah tutorialnya
     
Loading...

Share This Page