Olahraga Pakai Masker Ternyata Aman

Discussion in 'General Sports' started by bimo dimas, Mar 10, 2021.

  1. bimo dimas

    bimo dimas Member

    Joined:
    Oct 26, 2020
    Messages:
    300
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Merahputih.com - Olahraga harus tetap berjalan di tengah pandemi COVID-19 yang masih terjadi. Saat ini, agar tetap aman banyak orang yang memakai masker saat berolahraga. Tetapi memakai masker saat berolahraga kerap kali disebut berbahaya karena dapat mengganggu pernapasan.

    Tapi tenang saja. Sebuah studi terbaru mengungkapkan memakai masker saat olahraga ternyata aman dan tetap membuat sehat. Seorang dokter asal Italia, Elisabetta Salvioni, menguji kesehatan 12 orang yang berolahraga memakai masker dan semuanya dinyatakan sehat.

    Namun, Salvioni tetap mengklaim penggunaan masker selama latihan menyebabkan ketidaknyamanan pernapasan ringan. "Tetapi bagi orang yang sehat sepenuhnya penggunaan masker justru aman bahkan selama latihan maksimal. Kami menguji kemampuan bernapas, aktivitas jantung, dan kinerja olahraga pada kelompok yang terdiri dari 12 orang sehat saat mereka menggunakan sepeda olahraga dengan dan tanpa masker," jelas Dr Salvioni seperti dilansir laman Daily Mail.

    Namun, perlu dicatat bahwa peneliti hanya menguji orang yang memang dinyatakan sehat. Namun, siapapun yang memiliki masalah pernapasan sebaiknya tidak menghubungkan bahaya olahraga pada saat memakai masker. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menekankan penggunaan masker tidak berpengaruh signifikan untuk orang berolahraga.

    "Tidak seorang pun, sehat atau tidak, harus memakai masker saat berolahraga. Secara keseluruhan, penelitian baru menunjukkan masker dapat dipakai dengan aman selama latihan intens untuk mengurangi penularan COVID-19, misalnya antara orang yang mengunjungi gym dalam ruangan," tutur WHO mengutip laman The Guardian.

    Tidak ada yang salah menggunakan masker saat berolahraga. Beberapa penelitian justru mengungkapkan memakai masker dapat mencegah penyebaran COVID-19 yang berbahaya. Pemerintah di berbagai negara mewajibkan setiap warganya untuk memakai masker di dalam kondisi tertentu seperti saat bepergian keluar rumah atau di tempat umum.

    Hal ini dikarenakan orang-orang yang memakai masker justru dapat melindungi dirinya sendiri dan orang lain dari risiko penyebaran virus. Terlepas dari semua itu, yang terpenting adalah tetap mematuhi protokol kesehatan dan menjaga kesehatan di tengah pandemi seperti saat ini.

    Sumber: Link
     
  2. lolPhotobooth

    lolPhotobooth New Member

    Joined:
    Nov 27, 2019
    Messages:
    19
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    ga nyaman olahraga pakai masker :D
     
  3. andikasa

    andikasa Member

    Joined:
    Nov 27, 2020
    Messages:
    113
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    tergantung jenis olahraga-nya, untuk jenis yg gak byk gerak mungkin masih bisa pake masker
    tapi unt jenis yg byk gerak udah jelas gak bisa, yg ada malah megap2 :D
     
Loading...

Share This Page