Menguak sistem common rail pada diesel

Discussion in 'Otomotif' started by Lifesociety, Nov 24, 2016.

Tags:
  1. Lifesociety

    Lifesociety New Member

    Joined:
    Nov 22, 2016
    Messages:
    15
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    Saat ini teknologi mesin diesel sudah berevolusi. Mesin diesel sudah bukan lagi mesin yang berisik dan berasap pekat sehingga sulit untuk membedakannya dengan mesin bensin tanpa membuka kap mesin.



    Apabila dalam gasoline menggunakan electronik fuel injection, maka pada diesel dikenal istilah common rail. Common rail hampir mirip dengan EFI namun perbedaannya terletak pada bahan bakar yang diinjeksikan dan tekanah penginjeksian.



    Sistem common rail merupakan suatu rangkaian elektronik yang berfungsi menyemprotkan bahan bakar solar dengan volume serta timming yang tepat.

    Cara kerja


    Saat kunci kontak ON fuel pump akan bekerja beberpa saat hal ini bertujuan untuk mengirim solar ke sistem dan membuang udara dari sistem ( bleeding ).



    Saat mesin start terjadi aliran solar dari fuel tank menuju fuel filter untuk disaring dari kotoran dan air, kemudian menuju high pressure pump. Umumnya high pressure pump terhubung dengan camshaft sehingga saat camshaft berputar high pressure pump juga ikut bekerja,kemudian melalui high pressure pump tekanan solar dinaikan hingga 2000 kg/cm2 yang kemudian disalurkan ke fuel rail.



    Di fuel rail solar bertekanan tinggi menunggu diinjeksikan. Sementara itu ECM menerima data dari beberapa sensor antara lain ; mass air flow,intake air temp,engine coolant temp,knocking sensor,pedal position sensor,CKP/CMP sebagai bahan informasi untuk menentukan timing dan volume solar yang akan diinjeksikan. Setelah mengolah data, ECM akan mengirim sinyal berupa tegangan ke tiap injector. Saat injector menerima arus, selenoid akan bekerja untuk membuka niple jet. Sehingga solar yang berada di fuel rail dapat terinjeksikan dengan baik.

    Itulah sekilas tentang cara kerja sistem common rail. Untuk lebih lengkapnya silakan kunjungi situs kami autoexpose dan dapatkan berbagai pengetahuan otomotif terbaru lainnya.

    Sumber. Autoexpose
     
    Last edited: Nov 24, 2016
  2. ken_dhou

    ken_dhou New Member

    Joined:
    Nov 13, 2015
    Messages:
    4
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    mesin diesel saat ini sudah terlepas dari anggapan masa lalu, berisik, tak ramah lingkungan dan kasar.
     
Loading...

Share This Page