Mengenal Kembali Pelanggan adalah Raja

Discussion in 'General Business' started by Marketing Seekmi, Sep 4, 2015.

  1. Marketing Seekmi

    Marketing Seekmi New Member

    Joined:
    Aug 20, 2015
    Messages:
    14
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Quote Pelanggan Adalah Raja mungkin adalah hal fundamental yang diajarkan dari setiap bisnis. Dalam membangun bisnis menghargai pelanggan adalah suatu keharusan.

    Apapun bisnis Anda, entah itu kuliner, jasa maupun bisnis online Anda harus melayani dengan seksama dan sebaik mungkin. Karena, setiap efek yang diberikan oleh pelanggan Anda merupakan feedback yang berguna bagi Anda.

    Setiap keluhan, masukan sampai kritik dan saran merupakan salah satu cara yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas bisnis Anda. Beberapa perusahaan tidak akan berkembang ketika tidak memperdulikan apa yang pelanggan inginkan.

    Bertepatan pada tanggal 4 September besok yang merupakan Hari Pelanggan Nasional, kami akan memberikan beberapa tips bagaimana memperlakukan pelanggan bagaikan seorang raja.

    Kenali pelanggan Anda

    Ini sebenarnya masuk ke strategi untuk mengembangkan bisnis. Mengenali secara detail siapa pelanggan Anda adalah salah satu cara untuk memperlakukanpelanggan adalah raja. Pelanggan akan datang dengan berbagai macam karakter, keinginan, kebutuhan serta harapan yang berbeda-beda. Maka dari itu, Anda membutuhkan informasi yang detail terkait pelanggan tersebut. Semakin Anda bagus dalam mengolah informasi pelanggan, Anda akan dapat memberikan sesuatu yang lebih kepada pelanggan.

    Terapkan strategi untuk pelanggan

    Setelah Anda mempunyai informasi para pelanggan Anda, yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah menerapkan strategi. Anda bisa menghabiskan dana yang cukup besar untuk menerapkan strategi ini, misalnya membuat promosi atau marketing.



    Latih para karyawan Anda

    Ketika Anda mempunyai beberapa karyawan yang akan berhubungan langsung dengan para pelanggan, Anda harus melatih para karyawan bagaimana cara menghadapi para karyawan. Tidak hanya melatih bagaimana melayani pelanggan, tetapi bagaimana memberikan sesuatu yang lebih kepada para pelanggan karena seperti disebutkan diawal, pelanggan adalah raja.

    Berikan apa yang mereka butuhkan

    Beberapa pelanggan akan memberikan masukan kepada bisnis Anda, misalnya barang yang Anda produksi ternyata kurang bagus atau pelayanan para karyawan Anda kurang cekatan. Setiap masukan yang Anda terima bisa langsung dikerjakan. Kepuasan pelanggan adalah tujuan Anda.

    Berikan apa yang telah Anda janjikan

    Yang terakhir adalah, berikan apa yang telah Anda janjikan. Dikarenakan faktor kepercayaan pelanggan adalah yang nomor satu, ketika Anda kehilangan kepercayaan dapat dipastikan Anda akan kehilangan pelanggan Anda. Tetapi begitu juga sebaliknya, ketika Anda sudah mendapatkan kepercayaan pelanggan, Anda akan dengan mudah mendapatkan para pelanggan lain.

    Berikan sesuatu yang lebih kepada para pelanggan, selamat Hari Pelanggan Nasional.
     
Loading...

Share This Page