Cara Melatih Mental Lovebird Dewasa Untuk Lomba Pasti Juara !

Discussion in 'Pets' started by kalicindil, Feb 3, 2021.

  1. kalicindil

    kalicindil New Member

    Joined:
    Apr 18, 2017
    Messages:
    37
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Lovebird berkualitas yaitu memiliki mental yang baik, tetap berkarakter petarung meskipun mendapati lawan yang lebih bagus. Biasanya burung dengan mental yang bagus akan mengeluarkan suara ekekan panjang.

    Mental burung Lovebird sendiri memiliki peran penting saat burung mengikuti ajang perlombaan. Tujuannya yaitu agar burung bisa mendapatkan nilai plus saat perlombaan serta bisa membawa pulang gelar kejuaraan.

    Pastinya akan sangat membanggakan sekali memiliki burung Lovebird yang berkualitas. Untuk mendapatkan burung lovebird berkualitas sendiri memerlukan beberapa tahapan penting dalam pola perawatan yang diberikan.

    Tahukah kalian mengenai cara perawatan mental burung yang baik dan benar? Nah jika belum, silahkan kalian bisa simak penjelasan serta setiap tahapan perawatan yang diberikan agar bisa mendapatkan burung Lovebird bermental bagus seperti berikut ini.

    Pahami Karakter Burung Lovebird

    Untuk langkah pertama dalam tahap pelatihan mental yang harus diperhatikan disini adalah dengan memahami karakter dari burung tersebut terlebih dahulu. Dalam hal ini memiliki tujuan untuk memudahkan dalam memberikan pola perawatan pada burung tersebut.

    Karakter setiap burung lovebird dapat dipastikan bisa berbeda-beda pada satu burung Lovebird dengan burung lainnya. Maka dari itu, sebisa mungkin untuk memahami karakternya terlebih dahulu sebelum memberikan perawatan.

    Dengan menerapkan perawatan yang baik pada burung Lovebird, maka akan memungkinkan burung dapat mengeluarkan suara ekekan yang lebih panjang dari biasanya. Cara paling manjur untuk membuat mental burung Lovebird menjadi bagus adalah dengan memberikan kenyamanan pada burung tersebut.

    Latih Mental dengan Burung Gacor
    Latih-Mental-dengan-Burung-Gacor.jpg
    Cara selanjutnya adalah dengan tempel lawan. Hal tersebut bertujuan untuk menguatkan mental burung Lovebird, supaya memiliki ketangguhan dalam bertarung. Pemilihan lawan yang tepat adalah burung yang sudah jauh lebih gacor dan fighter dari burung yang kita rawat.

    Hal ini dapat memungkinkan pelatihan mental burung Lovebird akan berjalan lebih mudah dan cepat. Sebab, kunci utama bermain dalam dunia burung Lovebird adalah dengan mengontrol kestabilan birahi dan emosi burung Lovebird itu sendiri.

    Jadi, jika burung memiliki tingkat emosi yang cukup tinggi, sehingga sering menggigit jeruji dan ditandai dengan munculnya karakter fighter, maka lebih baik lakukan peningkatan birahi. Saat itu pula burung Lovebird akan menjadi lebih gacor jika bertemu lawan, sebab memiliki kestabilan birahi dan emosi.

    Ajak Burung Ikut Gantangan
    Ajak-Burung-Ikut-Gantangan.jpg
    Langkah terbaik dalam pelatihan mental burung Lovebird adalah dengan mengajaknya berjalan-jalan. Maksudnya yaitu dengan mengikutsertakan burung Lovebird ke ajang perlombaan yang sesuai dengan kelasnya.

    Saran dari saya, jika kalian bermain lovebird balibu atau paud, lebih baik diikutkan dengan kelas dewasa atau pemula. Namun, untuk kalian yang bermain Lovebird di kelas dewasa, maka lebih baiknya diikut sertakan di kelas dewasa, sebab birahi burung akan lebih terkontrol.

    Itulah beberapa tips dan cara melatih mental yang baik untuk burung Lovebird. Dalam memberikan pelatihan mental, tentunya harus dibarengi dengan pola perawatan yang baik pula sebagai langkah dukungan untuk menyempurnakan karakter burung tersebut.

    Berikan Perawatan yang Baik dan Benar
    Berikan-Perawatan-yang-Baik-dan-Benar.jpg
    Seperti yang sudah saya singgung diatas, pelatihan mental tentu saja memerlukan perawatan yang baik pula. Jika kalian belum tahu apa saja perawatan pendukungnya, silahkan bisa simak baik-baik mengenai cara perawatan yang baik pada burung Lovebird diantaranya seperti :

    Pemberian Pakan Berkualitas

    Pola perawatan pendukung untuk meningkatkan kualitas burung Lovebird adalah dengan memberikan pakan berkualitas. Pakan yang diberikan diantaranya seperti milet putih, milet kenari, hingga jenis milet perkutut.

    Ketiga pakan tersebut memiliki kandungan protein dan karbohidrat seimbang. Penggunaan jenis pakan tersebut juga harus diimbangi dengan pemberian ekstra fooding atau makanan tambahan berupa jagung muda dan juga sayur kangkung.

    Pada saat kebutuhan nutrisi harian burung tersebut sudah terpenuhi, maka burung akan semakin nyaman dengan keadaan di dalam sangkarnya. Kemudian, burung akan menjadi lebih prima dalam mengeluarkan suara ekekanya.

    Latih dengan Kandang Umbaran
    Latih-Mental-dengan-Burung-Gacor.jpg
    Melatih pernafasan burung Lovebird juga bisa dijadikan salah satu faktor pendukung agar burung bisa memiliki suara ekekan yang panjang. Cara pelatihan pernafasan sendiri bisa dilakukan menggunakan media kandang umbaran.

    Untuk ukuran kandangnya sendiri bisa diatur dengan ukuran yaitu sekitar 1,5 m x 50 cm x 50 cm saja. Supaya burung bisa terbang kesana kemari. Tujuannya yaitu supaya burung bisa terbang lebih bebas dan membuat burung tidak malas bergerak.

    Kemudian untuk waktu pengumbaran burung Lovebird yang baik adalah sekitar 2 kali dalam seminggu. Saat burung memiliki pernafasan yang bagus, pastinya bisa menghasilkan suara kicauan yang lebih baik dan pastinya akan lebih panjang dari sebelumnya.

    Rutin Pengembunan

    Untuk menjadikan burung lovebird lebih bersemangat atau terangsang untuk mengeluarkan suara ekekan panjangnya yaitu dengan cara pengembunan di pagi hari. Lebih baiknya adalah dengan mengeluarkan burung sekitar jam 5 pagi hingga jam 5 pagi.

    Saat burung terangsangsang untuk ngekek panjang, maka itulah waktu yang tepat untuk kalian mencoba menguji kekuatan mental burung tersebut. Baik dengan cara tempel antar kandang atau pun dengan cara membawanya ke ajang perlombaan burung kicauan.

    Rutin Penjemuran

    Setelah burung melakukan tahapan pengembunan, lebih baiknya langsung melakukan tahap penjemburan bertepatan dengan terbitnya matahari. Biasanya waktu yang paling tepat untuk menjemur burung yaitu berkisar antara jam 07.00 hingga 09.00.

    Penjemuran dibatasi hingga maksimal jam 10.00, jangan sampai menjemur burung hingga melebihi jam 12.00, sebab terik matahari sudah mulai panas. Terik matahari melebih jam 12.00 siang yaitu akan berbahaya bagi kesehatan burung Lovebird.

    Mandi Basah Kuyup

    Untuk melengkapi persyaratan saat memberikan pola perawataan mengenai cara pelatihan mental burung lovebird, proses pemandian hingga basah kuyup juga perlu dilakukan. Sebab, dengan cara ini pastinya lovebird akan lebih kebal.

    Dapat diartikan jika burung Lovebird sudah memiliki kekebalan tubuh, maka bisa saja dapat memiliki kekuatan mental yang lebih baik. Pemandian hingga basah kuyup juga berguna untuk melatih pernafasan burung Lovebird.

    Apalagi untuk Lovebird betina, proses pemandian menjadi salah satu hal yang paling penting untuk dilakukan. Lovebird betina dewasa, jika dibiasakan mandi malam pastinya akan memiliki pembentukan karakter serta mental yang jauh lebih bagus.

    Terapi Berenang

    Kemudian, salah satu ilmu dari lovebird legendaris kusumo yaitu dengan melakukan terapi renang. Memiliki manfaat bagus untuk kesehatan, pernafasan serta pembentukan karakter Lovebird. Bahwa dengan menggunakan metode ini banyak asumsi mengatakan kebenarannya mengenai manfaat tersebut.

    Kebanyakan burung yang sudah menggunakan terapi ini pastinya memiliki kekuatan serta kestabilan saat tampil di ajang perlombaan. Sehingga, bisa mendapatkan gelar kejuaraan saat mengikuti ajang perlombaan.

    Itulah sedikit informasi dari sata mengenai beberapa tahapan atau cara melatih mental Lovebird dewasa. Terdapat beberapa perbedaan saat melakukan pola perawatan dan pembentukan mental serta karakternya. Hanya saja pada lovebird dewasa lebih membutuhkan ketelatenan dan kesabaran ekstra untuk mendapatkan hasil sesuai dengan keinginan. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

    Sumber : Birdsny.com
     
Loading...

Share This Page