Tips Memilih Sepatu Olahraga yang Benar

Discussion in 'General Sports' started by eplanetsports, Jan 22, 2014.

  1. eplanetsports

    eplanetsports New Member

    Joined:
    Jan 22, 2014
    Messages:
    0
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    [​IMG]

    Bagi Anda yang memilih lari sebagai olahraga untuk membakar kalori, ada satu hal yang penting dipersiapkan selain pemanasan dan stamina, yaitu sepatu. Karena olahraga ini mengandalkan pergerakan kaki, Anda harus memilih sepatu yang nyaman dan aman.

    Sepatu lari yang baik tidak harus mahal, tapi bisa memberi kenyamanan pada kaki dan tidak menimbulkan rasa sakit saat, maupun setelah berlari. Dilansir dari Livestrong, berikut ini tips memilih sepatu lari yang baik:

    1. Medan Berlari


    [​IMG] Sepatu lari harus sesuai dengan medan di mana Anda berlari dan tipe kaki. Sepatu lari yang baik memiliki pola yang lebar di alas dasarnya. Hal ini untuk mencegah selip atau terpeleset saat melewati medan sulit. Sementara sepatu untuk balap lari didesain lebih ringan dari sepatu lari pada umumnya. Sepatu balap biasanya juga dilengkapi shock absorption yang meminimalisir terjadinya tekanan berlebihan pada kaki. Sepatu lari yang baik juga menyisakan ruang jarak kosong sekitar satu inci antara ibu jari dan ujung sepatu.

    2. Waktu Tepat Membeli Sepatu

    [​IMG]
    Sore atau malam hari menjadi waktu yang tepat untuk memilih sepatu lari. Karena pada waktu-waktu tersebut, ukuran kaki menjadi lebih besar. Setelah seharian digunakan untuk beraktifitas, kaki terkadang menjadi sedikit bengkak. Hal ini untuk mengantisipasi agar kaki tidak terasa sakit saat ukurannya membesar saat berlari. Kenakan kaus kaki tebal saat mencoba sepatu dan coba kenyamanan nya dengan berkeliling atau berjalan-jalan sebentar di sekitar toko.

    3. Tali Sepatu

    [​IMG]
    Tali sepatu harus diikat dengan simpul kuat yang tidak mudah terlepas. Tapi usahakan ikatannya tidak terlalu kencang atau ketat hingga membuat kaki terasa sempit. Hal ini bisa mengacaukan keseimbangan dan stabilitas kaki maupun tubuh.

    4. Saat Mengganti Sepatu

    [​IMG]
    Jika sepatu rutin digunakan setiap hari, sebaiknya ganti setelah pemakaian 400 mil, atau sekitar lima bulan sekali. Jika sol sepatu sudah menipis, pecah di bagian tengah sol dan ujung atau belakang sepatu sudah robek itu tandanya sepatu Anda sudah harus diganti. Sepatu lari yang rusak tidak bisa menopang tubuh dan kaki dengan sempurna lagi.
     
  2. biosanjaya

    biosanjaya New Member

    Joined:
    Dec 28, 2013
    Messages:
    58
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Google+:
    Yang mahal dengan merk

    Yang mahal dengan merk terkenal tentunya lebih bagus
     
  3. Samehadaku

    Samehadaku Samehadaku says Kai!!!

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    961
    Likes Received:
    155
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    fungsi utamanya biar kaki gk

    fungsi utamanya biar kaki gk lecet *bagus*
     
  4. BEIM

    BEIM Active Member

    Joined:
    Mar 17, 2014
    Messages:
    1,358
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    48
    harga

    yg pasti sesuai dengan isi kantong aja deh,,,krn klu ngikutin kebutuhan olahraga pasti gak pernah cukup..
     
  5. outpost

    outpost Member

    Joined:
    Apr 11, 2014
    Messages:
    208
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    paling enak lari gak pake sepatu sebenarnya... tapi sayangnya jalanan di kota2 cukup berbahaya kalau berlari dengan telanjang kaki
     
  6. Surur12

    Surur12 Member

    Joined:
    Sep 25, 2015
    Messages:
    250
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Kalau aku harganya ang murah ,, secon juga ndak pa2
     
  7. monster123

    monster123 Member

    Joined:
    Dec 11, 2015
    Messages:
    310
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    mahal belum tentu jaminan kok...
     
  8. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    896
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Betul ada harga ada kualitas lah, tapi harus tahu juga harga pasarnnya, jangan sampai kena tipu
     
  9. OkaSaputra

    OkaSaputra Member

    Joined:
    Dec 2, 2017
    Messages:
    100
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    Setuju gan, kalau udah kena tipu pasti menyesal deh
     
Loading...

Share This Page