Sudahkah Industri Pangan Anda Menggunakan Alat Yang Berbahan Stainless Steel?

Discussion in 'General Business' started by ilovemaci, Feb 27, 2019.

  1. ilovemaci

    ilovemaci New Member

    Joined:
    Dec 13, 2018
    Messages:
    16
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]
    Didalam industri makanan atau minuman diperlukan tingkat kehigienisan yang tinggi guna mempertahankan kesehatan dan kualitas makanan atau minuman tersebut. Semua industri pangan mewajibkan higienis pada setiap proses dan peralatan yang digunakan. Untuk menjaga bersihnya bahan pangan setiap industri akan menggunakan alat berbahan stainless steel misalnya tangki stainless steel untuk menyimpan bahan pangan, pipa stainless steel untuk menyalurkan, pompa industri dan lainnya.

    Jika Anda telah menggunakan alat berbahan stainless steel, anda hanya perlu merawatnya, anda hanya perlu menyewa jasa fabrikasi tangki stainless steel. Atau anda juga dapat menyewa jasa service mesin lain seperti jasa service pompa industri dan lain-lain.

    Mengapa harus menggunakan alat stainless steel?. Ada beberapa alasan pentinya suatu industri untuk menggunakan stainless steel. Dan berikut ini adalah alasan perlunya penggunaan plat stainless steel untuk alat pengolahan makanan dan minuman, yaitu :

    1. Menghindari kontaminasi kimia baja pada makanan

    Stainless steel memiliki ketahanan yang bagus untuk mencegah terjadinya pencemaran elemen material pada pangan yang diproduksi. Hampir dan bahkan tidak ada sama sekali kontaminasi logam ke olahan makanan baik dari segi perubahan warna maupun rasa.

    2. Sifat mekanik yang baik secara keseluruhan

    Stainless steel memiliki kekuatan, ketahanan terhadap abrasi yang tinggi. Ini dapat berdampak baik bagi pemakaian aplikasi dalam industri makanan dan minuman.

    3. Anti korosif dan mudah dibersihkan

    Stainless steel Hi-Grade mudah dibersihkan karena permukaannya yang halus dan materi yang dimilikinya memberikan manfaat yaitu mudah dibersihkan dari berbagai kotoran dan kontaminasi luar. Karena memiliki sifat tahan korosi yang tinggi memungkinkan penggunaan zat desinfektan yang bersifat korosif menjadi aman dan mudah. Selain itu sifat keras baja stainless steel juga memudahkan proses pembersihan komponen. Perlu diperhatikan saat menggunakan produk pembersih desinfektan karena kandungan tersebut menyebabkan korosi celah bila larutan pembersih ada yang tertinggal pada titik tersembunyi seperti lekukan, celah dan lain-lain. kandungan klorine juga dapat menyebabkan korosi retak apabila ditemukan pada komponen yang memiliki beban konstan dari lingkungan dan suhu yang tinggi.

    4. Menahan pertumbuhan bakteri

    Sebuah penelitian menyebutkan bahwa stainless steel mampu menahan pertumbuhan bakteri 10% dibandingkan dengan bahan seperti sink atau bak plastik polikarbonat, enamel baja dan komposit mineral-resin setelah mengalami standardizerd wear, spray wash dan kontaminasi. Stainless steel juga sangat tinggi kekuatannya untuk menahan abrasi sehingga memiliki karakteristik yang higienik saat penggunaan.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,045
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Kalau waktu ane kecil nenek masaknya pake kuali yang terbuat dari tanah liat
    rasanya lebih enak apalagi masaknya pake kayu bakar, soalnya dulu tak ada kompor
     
Loading...

Share This Page