Zumba: Pengertian, Manfaat dan Cara Melakukannya

Discussion in 'Education' started by Alvi Iqbal Budiarsya, Jun 14, 2021.

  1. Alvi Iqbal Budiarsya

    Alvi Iqbal Budiarsya Member

    Joined:
    Dec 2, 2019
    Messages:
    279
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    Apakah Anda salah satu penggemar dari olahraga senam, contohnya seperti Zumba?

    Senam zumba merupakan salah satu olahraga yang cukup populer di kalangan anak muda.

    Ritme gerakan yang cepat tidak hanya menyenangkan, tetapi juga dapat menurunkan berat badan secara signifikan dan tentunya baik untuk kesehatan.

    Pengertian
    [​IMG]
    Menurut Para Ahli
    1.) Menurut Alodokter
    Senam zumba adalah latihan fisik yang memadukan kombinasi tari salsa dan gerakan aerobik yang menyenangkan.

    Tidak ada gerakan khusus dalam senam zumba, sebab fokus senam ini adalah menggerakkan seluruh anggota badan dengan mengikuti irama musik.

    2.) Menurut Refit
    Olahraga senam zumba satu ini tidak terdengar asing bagi Anda.

    Hampir di semua tempat latihan senam dan fitness atau yang biasa kita sebut dengan Gym mengadakan senam ini.

    Zumba adalah olahraga yang sejenis Aerobik…

    …karena seluruh gerakannya merupakan gerakan yang sebagian berasal dari gerakan Aerobik.

    Dasar gerakan senam zumba merupakan tarian dan senam aerobik sehingga masuk dalam kategori dance fitness.

    Zumba banyak digemari karena memiliki banyak keunggulan, seperti mampu membakar mengencangkan otot.

    Di samping itu, jenis musik dan tarian Zumba yang bernada menyenangkan…

    …Ternyata, hal tersebut dapat:

    • Meningkatkan produksi hormon endorfin di dalam tubuh,
    • Tubuh Anda akan menjadi aktif dan enerjik.
    • Sehingga membakar kalori lebih banyak.
    Manfaat
    a.) Menjadi Sarana Bersosialisasi
    Melakukan olahraga secara berkelompok layaknya senam zumba juga dapat membantu Anda bersosialisasi dengan orang banyak.

    Dengan melakukan senam zumba, Anda pun dapat berkumpul bersama orang-orang yang memiliki minat serupa.

    b.) Menurunkan dan Menjaga Berat Badan Tetap Ideal
    Senam zumba dipercaya dapat menurunkan berat badan lebih cepat.

    Sebuah studi menyebutkan bahwa senam zumba yang dilakukan selama 30 menit setiap harinya dapat membakar sekitar 9,5 kalori per menit.

    Oleh karena itu, jika Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat, tidak ada salahnya mencoba senam zumba.

    Namun, jangan lupa untuk tetap konsumsi makanan bergizi seimbang agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

    c.) Mengendalikan Tekanan Darah
    Menurut penelitian, melakukan senam zumba selama kurun waktu 12 minggu mampu menurunkan tekanan darah dan mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh gangguan pada tekanan darah, seperti hipertensi atau hipotensi.

    d.) Menjaga Kesehatan Jantung
    Ketika melakukan senam zumba, detak jantung akan meningkat dan kemampuan tubuh dalam menggunakan oksigen pun akan naik.

    Hal ini membuat senam zumba dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

    Senam zumba dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda yang bosan melakukan olahraga kardio.

    Melakukan senam ini secara rutin dapat menjaga kesehatan tubuh sekaligus membuat Anda bersenenang-senang dengan berbagai musik pilihan.

    e.) Mengurangi Stres
    Aktivitas yang padat dan pekerjaan yang tiada habisnya terkadang membuat Anda merasa penat dan stres.

    Untuk mengatasinya, Anda bisa berolahraga dan salah satunya adalah dengan melakukan senam zumba.

    Saat melakukan senam ini, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang dapat memicu perasaan bahagia dan mengurangi stres.

    Selain itu, senam zumba juga diiringi musik yang membuat olahraga menjadi lebih menyenangkan.

    Sejarah
    Pertama kali dilakukan oleh Alberto Beto Perez yang berasal dari Columbia, Amerika Selatan, (2001).

    Dan saat ini sudah berkembang dengan sangat pesat keseluruh belahan dunia.

    Kata “Zumba” berasal dari bahasa Columbia, yang biasa disebut dengan “Zum-zum”, yang artinya adalah “Gerak Cepat.

    Singkat Cerita
    Sejarah senam zumba bermula dengan situasi yang unik…

    …di mana suatu hari, Beto hendak mengajar senam aerobik.

    Namun, pada hari itu ternyata ia tidak membawa CD (Compact Disc) senam Aerobik yang biasa dilakukannya.

    Hingga, ia tidak kehilangan akal, kemudian Beto berinisiatif untuk mengambil semua CD yang ada di mobilnya yang bergenre Latin, salsa, meringue, rumba, hingga reggaeton.

    Kemudian Beto mencoba untuk membuat gerakan-gerakan senam yang dicampur dengan gerakan tarian latin ke dalam kelas aerobik tersebut.

    Dan setelah kelas senam tersebut berakhir, ternyata ia mendapatkan respon positif dari murid-muridnya.

    Sejak itulah sejarah Zumba akhirnya tercipta dan kemudia Perez mematenkan kelas zumba ini pada tahun 2001.

    Perkembangan Zumba Dance
    Sejak saat itu, zumba telah berkembang di 125 negara dan menjadi industri yang menyediakan latihan tari, pelatihan instruktur, game, juga pakaian zumba.

    Jenis tari yang digunakan pun makin bervariasi diantaranyam yaitu:

    • Musik latin,
    • Samba,
    • Aqua Zumba,
    • Cumbia,
    • Merengue,
    • Salsa,
    • Reggae,
    • Hip-hop,
    • Mambo,
    • Rumba,
    • Flamenco, dan
    • Calypso.
    Zumba populer tahun 2003 di Amerika dan dibawa ke Indonesia pada tahun 2009.

    Namun, masyarakat Indonesia banyak mengikuti kelas zumba sejak awal tahun 2012.

    Tips Saat Senam Zumba Bagi Pemula
    [​IMG]
    1.) Kenakan Pakaian yang Nyaman
    Sangat penting untuk memakai pakaian yang lentur dan nyaman.

    Pakaian Anda harus ringan dan menyerap keringat. Jangan lupa untuk membawa handuk dan botol air ketika menghadiri kelas Zumba.

    Untuk Anda yang berhijab, pakailah baju dan kerudung yang nyaman dan simpel.

    Tujuannya agar Anda lebih leluasa ketika melakukan senam zumba yang sangat lincah dan cepat.

    2.) Sepatu Olahraga
    Anda akan membutuhkan alas kaki dengan tapak rendah, karena akan membantu bergerak dengan mudah supaya tidak cedera.

    Sebaiknya, gunakan sepatu skets yang biasa dipakai berolahraga.

    Sangat tidak dianjurkan bagi Anda melakukan sepatu dengan alas licin dan keras.

    Lebih baik pilihlah sepatu yang empuk dan kesat supaya tidak terpeleset.

    3.) Atur Jadwal Senam
    Bagi Anda pemula, aturlah jadwal senam.

    Mulailah dua atau tiga kali dalam seminggu.

    Sebaiknya, Anda tidak memaksakan tubuh secara masif.

    Tubuh Anda perlu membangun stamina dan daya tahan ketika saat olahraga Zumba.

    Jadi, menghadiri dua atau tiga kelas per minggu disarankan jika Anda baru memulai.

    Anda dapat menambah jumlah kelas yang Anda hadiri jika tubuh Anda sudah terbiasa.

    4.) Tidak Disarankan Mengonsumsi Makanan Berat
    Pastikan Anda tidak mengonsumsi makanan berat sebelum melakukan senam zumba.

    Alasannya, supaya perut tidak sakit.

    Anda perlu makan sesuatu yang ringan seperti kacang-kacangan atau buah-buahan sebelum menghadiri kelasnya.

    Sebab, Anda tetap harus mengisi tubuh sebelum latihan.

    Namun, sebaiknya makan dua jam sebelum kelas Zumba dimulai.

    5.) Minum Air Putih Secukupnya
    Sangat penting minum air sebelum Anda mulai kelas zumba agar tidak mengalami dehidrasi.

    Sebaiknya, minum air 20 menit sebelum kelas dimulai.

    Namun Anda tidak perlu minum terlalu banyak alias secukupnya saja.

    Jika kebanyakan minum, perut akan terasa kembung dan sakit ketika dibawa gerak.

    6.) Latihan Olahraga Senam yang Rutin Tiap Minggunya
    Anda tidak akan memetik manfaat senam olahraga ini dengan maksimal apabila Anda hanya melakukannya satu atau dua kali.

    Tetapi perlu berlatih secara rutin.

    Bagi pemula, awalnya Anda memang akan melakukan beberapa gerakan dengan salah.

    Tetapi seiring berjalannya waktu, Anda akan dapat menyelesaikan seluruh gerakan tanpa kesalahan.

    Jika Anda ingin tetap bugar dan sehat, Zumba adalah pilihan yang sangat baik.

    Tidak ada batasan usia dan siapa pun dapat melakukan Zumba baik bagi anak-anak, remaja, atau orang tua.

    Referensi (Resource):

    • alodokter.com/author/luc14. Inilah 5 Manfaat Senam Zumba yang Sayang untuk Dilewatkan. Alodokter. Published February 15, 2018. Accessed June 14, 2021. alodokter.com/senam-zumba-tubuh-sehat-hati-senang
    • Mela Gunawan. Pengertian dan Sejarah Zumba Yang Perlu Anda ketahui – ReFIT Indonesia. ReFIT Indonesia. Published September 18, 2019. Accessed June 14, 2021. refit.co.id/zumba-adalah
    • Novie Rachmayanti. 7 Tips Senam Zumba bagi Pemula yang Harus Diketahui. bola.com. Published October 9, 2019. Accessed June 14, 2021. bola.com/ragam/read/4082453/7-tips-senam-zumba-bagi-pemula-yang-harus-diketahui
    • Alvi Iqbal Budiarsya. Zumba: Pengertian, Manfaat dan Cara Melakukannya | OB-FIT.com. OB-FIT.com. Published June 14, 2021. Accessed June 14, 2021. https://www.ob-fit.com/zumba/
    • Alvi Iqbal Budiarsya. Zumba: Pengertian, Manfaat dan Cara Melakukannya - Akizaku Olahraga. Akizaku Olahraga. Published June 14, 2021. Accessed June 14, 2021. https://akizakuolahraga.xyz/zumba/
     
  2. tarronfarvaris

    tarronfarvaris Member

    Joined:
    Apr 8, 2021
    Messages:
    54
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Zumba, salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan ketika di rumah. Keringetnya gak main-main, capek banget Zumba ini wkwk
     
  3. Alvi Iqbal Budiarsya

    Alvi Iqbal Budiarsya Member

    Joined:
    Dec 2, 2019
    Messages:
    279
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    Lumayan mandi keringat gan *hore*
     
Loading...

Share This Page