Yuk Kenali Gejala Diabetes Pada Anak & Remaja

Discussion in 'Health & Medical' started by Kukuh Ferlanda, Jul 21, 2021.

  1. Kukuh Ferlanda

    Kukuh Ferlanda New Member

    Joined:
    Nov 5, 2019
    Messages:
    62
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    [​IMG]

    Jangan salah sangka jika diabetes hanya akan muncul pada orang dewasa dan berusia lanjut.Temuan terkini menunjukkan jika kaum muda juga banyak yang mengidap gejala diabetes. Data International Diabetes Federation (IDF) menunjukkan lebih dari 463 juta orang dewasa berusia 20 hingga 79 tahun menjalani hidup bersama penyakit ini. Jumlah tersebut diprediksi akan meningkat menjadi 700 juta pada 2045.

    Dari jumlah orang yang mengidap diabetes di atas saat ini, lebih dari 1,1 juta adalah anak dan remaja dengan diabetes tipe 1. Lantas, menurut konsultan endoktrin, metabolik, diabetes Susie Setyowati, penderita diabetes di Indonesia tercatat sekitar 10 juta orang.

    “Sekitar 10 tahun mendatang dapat meningkat dua sampai tiga kali lipat,” katanya seperti dilansir Tempo.co pada Rabu (21/7/2021).

    Merujuk referensi dalam klikdokter, diabetes adalah penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah. Gula darah sangat vital bagi kesehatan karena merupakan sumber energi yang penting bagi sel-sel dan jaringan. Susie mengingatkan bahwa penyakit ini tidak dapat sembuh. Namun, diabetes dapat dikendalikan agar tak sampai menimbulkan komplikasi.

    Baca : Alasan Virus Covid Bermutasi, Kenali yang Paling Berbahaya

    Ada beberapa gejala diabetes yang dapat diketahui seperti kondisi mudah lapar, pandangan kabur, disfungsi ereksi, lemahnya kekuatan otot, meningkatnya jumlah urine, butuh waktu lama penyembuhan luka, mudah mengalami kelelahan, sampai gairah seksual yang turun. Bagi individu yang sudah terlanjur mengidap diabetes pada usia muda harus terus berhadapan dengan pengobatan suntik insulin. Seperti diketahui ada lima jenis insulin yang dapat digunakan oleh penderita diabetes.

    Pertama, rapid-acting insulin yang bekerja 15 menit setelah disuntikkan dan efeknya bertahan 3-4 jam.

    Kedua, regular (short-acting) insulinnya bekerja 30-60 menit setelah disuntikkan dan tahan 5-8 jam.

    Ketiga, intermediate-acting insulin yang bekerja 1-2 jam setelah disuntikkan dan efeknya bertahan 14-16 jam.

    Keempat, long-acting insulin yang bekerja 2 jam setelah disuntikkan dan efeknya bertahan hingga 24 jam.

    Kelima, ultra long-acting insulin yang bekerja 6 jam setelah disuntikkan dan efeknya bertahan sekitar 36 jam.

    Agar anak muda tidak terjangkit diabetes, ada hal yang harus diperbaiki seperti pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Mulai mengatur pola makan juga jumlah asupan gula yang masuk ke dalam tubuh. Jangan lupa untuk rutin berolahraga supaya berat badan tetap ideal.

     
Loading...

Share This Page