Waduh ! Sayur Bayam Sebabkan Batu Ginjal, Benarkah ?

Discussion in 'Health & Medical' started by Wandi suwandi, Aug 30, 2017.

  1. Wandi suwandi

    Wandi suwandi Member

    Joined:
    Nov 21, 2015
    Messages:
    105
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    Selama ini tentu kita sering mendengar sayur bayam , Sayuran tinggi serat ini sering kita konsumsi sebagai olahan sayur maupun camilan. Bahkan tokoh kartun terkenal seperti popeye:cool: menjadikan sayur bayam sebagai kekuatanya:D:D.​

    [​IMG]

    Namun, menurut hasil penelitian jika kita terlalu banyak mengkonsumsi sayur bayam, bisa memicu penyakit batu ginjal lho. Bagaimana bisa ?

    Hasil penelitian baru-baru ini menyebutkan bahwa bayam mengandul zat alami benama oksalat yang cukup tinggi. Zat oksalat ini tenyata salah satu penyebab timbulnya kristal-kristal penyebab batu ginjal.

    Jika tubuh manusia kelebihan zat oksalat, maka zat tersebut akan bergabung dengan kalsium yang berada pada ginjal, sehingga lama kelamaan akan berbentuk kristal-kristal kecil. Sebetulnya kristal ini bisa hilang terbawa oleh urine, namun, jika kristal-kristal ini terlalu banyak, maka akan bergabung dengan kristal lainya, dan seiring berjalannya waktu, akan membentuk batu-batu kecil yang disebut dengan "batu ginjal". Biasanya kondisi ini akan diperparah jika seseorang jarang minum, atau terlalu banyak duduk, akan menimbulkan penyakit lain seperti penyakit radang ginjal .

    Namun, bukan berati anda harus menghentikan mengkonsumi bayam. Karena masih banyak manfaat lain jika anda mengkonsumsi bayam dalam jumlah yang wajar. Karena bayam memiliki vitamin juga zat besi yang baik untuk kesehatan tubuh, Berikut saya ulas manfaat bayam bagi kesehatan.

    Berbagai Manfaat Bayam Bagi Kesehatan :


    1.Sebagai Pencegah Kanker


    Kanker disebabkan karena perkembangan sel kanker yang merambat ke jaringan tubuh. Sedangkan bayam memiliki kandungan flavonoid yang memiliki sifat anti kanker di dalamnya. Kandungan flavonoid dalam bayam mampu menurunkan risiko kanker dan mencegah perkembangan sel kanker ke seluruh tubuh. Flavonoid dalam bayam, mampu menurunkan risiko terkena penyakit kanker hingga 34%.

    2.Menjaga Kesehatan Mata

    Selain wortel, ternyata bayam kaya akan vitamin A. Seperti anda ketahui vitamin A mampu membantu mata untuk menjaga kejernihan dan ketajaman pandangan mata anda. Selain itu, kandungan karotenoid dalam bayam mampu untuk mencegah terjadinya penyakit katarak dan degenerasi makula mata sampai kebutaan. Jadi jika mata anda ingin sehat, konsumsilah bayam pada porsi yang cukup.

    3.Menjaga Berat Badan Tetap Proposional

    Bagi anda yang punya perut gendut atau anda yang mengalami masalah berat badan, diet meruakan salah satu cara yang dilakukan untuk mengembalikan tubuh agar tetap ideal. Salah satunya dengan mengkonsumsi banyak sayuran dan menghindari makanan berlemak. Karena bayam salah satu tanaman hijau yang memiliki serat dan zat besi cukup tinggi, sehingga sangat pas digunakan untuk makanan program diet yang anda lakukan.

    4.Melancarkan Pencernaan

    Sayuran kaya serta ini memang sangat bagus dan baik untuk kesehatan pencernaan anda. Khusunya untuk anda yang memiliki masalah pencenaan karena bayam memiliki kandungan vitamin seperti vitamin A dan vitamin C. Kedua vitamin ini mampi menjaga kesehatan pencernaan dengan melindungi usus dan juga saluran pencernaan agar terhindar dari radikal bebas yang sangat berbahaya dan sering menyerang tubuh.

    5.Mencegah Dan Membantu Mengobati Anemia

    Jika anda ingin mengobati anemia atau sebagai pencegahan, coba gunakan sayur bayam.
    Bayam sangat dikenal dengan tingginya kandungan zat besi yang terdapat di dalamnya. Mengkonsumsi bayam sangat dianjurkan bagi beberapa orang yang memiliki masalah dengan anemia atau kekurangan sel darah merah. Kandungan zat besi dalam bayam mampu membantu proses pembentukan sel darah merah yang berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

    Nah itulah manfaat bayam, untuk catatan bahwa bayam ini berpotensi menyebabkan batu ginjal, jadi anda jangan terlalu banyak mengkonsumsinya yaa!!

    Sekian dan terimagajihh:D

    Thread Lainya :

    Meski Bau, Jengkol Bisa Turunkan Gula Darah di Tubuh Anda
    Kocak ! Ternyata Tertawa Bermanfaat Untuk Kesehatan Anda
     
  2. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,587
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    Memang benar ya segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Jadi harus di selang seling jangan bayam melulu, untuk menu makanan setiap hari.
     
  3. Rimanur

    Rimanur Member

    Joined:
    Aug 31, 2017
    Messages:
    638
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    katanya sayur bayam itu gak boleh dimakan kalau lebih dari 5 jam, bener gak sih gan?
     
  4. Wandi suwandi

    Wandi suwandi Member

    Joined:
    Nov 21, 2015
    Messages:
    105
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    Kayaknya bener sih, soalnya yang ane tau, sayur bayam ngandung zat besi yang cukup tinggi, jika dibiarkan terlalu lama itu zat besi akan beroksidasi dengan udara dan menyebabkan racun layaknya besi:D yang berbahaya jika dimakan.

    Cari aman aja deh gan mugkin 5 jam bisa jadi patokan untuk memakan sayur bayam :D:D
     
  5. Rimanur

    Rimanur Member

    Joined:
    Aug 31, 2017
    Messages:
    638
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    oh gitu ya, aku baru tau nih. tadinya sih pngen ngrit hahahha :D mksh infonya gan
     
  6. Jo Han

    Jo Han Member

    Joined:
    Aug 30, 2017
    Messages:
    80
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Lebih bagus lagi jika dicantumkan lembaga yg meneliti dan sumber jelas yg mewawancarai pertama ke lembaga itu, kayanya sih ngawur ya
     
Loading...

Share This Page