Unique Selling Point (USP), Kunci Unggul dari Kompetitor

Discussion in 'General Business' started by Agave Yonatan, Mar 27, 2021.

  1. Agave Yonatan

    Agave Yonatan New Member

    Joined:
    Mar 16, 2021
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Unique Selling Point (USP) adalah keunikan yang membedakan bisnis Anda dari bisnis sejenis lainnya. Bisa dikatakan, kalau USP ini adalah salah satu alasan utama kenapa konsumen rela merogoh koceknya untuk membeli produk dari Anda, bukan dari kompetitor.

    Sebab, jika semua bisnis menawarkan produk yang sama, calon konsumen pasti kebingungan harus memilih yang mana, bukan? Ujung-ujungnya, mereka pasti membeli dari penjual yang memberikan mereka keuntungan lebih dibandingkan dengan yang lainnya. Nah, keuntungan inilah yang dinamakan USP.

    Cara Menentukan Unique Selling Point
    • Ketahui Apa yang Sebenarnya Konsumen Inginkan
    Anda bisa mengetahui apa yang konsumen inginkan ini dengan melakukan survey secara langsung kepada mereka. Konsumen bisa mengisi form yang di dalamnya terdapat pertanyaan mengenai kenapa mereka lebih memilih bisnis Anda dibandingkan dengan kompetitor. Selain itu, minta juga kepada konsumen untuk memberikan nilai (bisa 1-5 atau 1-10) kepada aspek-aspek dibalik alasan utama tadi. Mulai dari, harga, kualitas, pelayanan, dan lain sebagainya.

    Setelah Anda mengumpulkan jawaban survey dan menemukan apa yang mayoritas konsumen benar-benar inginkan. Segera fokuskan strategi pemasaran produk Anda kepada aspek tersebut. Anda bisa menghiraukan aspek lainnya untuk saat ini, karena itu bukanlah yang konsumen inginkan.

    • Berikan Kepuasan Batin Kepada Konsumen
    Kadang, dalam berbisnis itu Anda juga dituntut untuk mempelajari sedikit psikologi. Apalagi jika bisnis Anda bergerak di pasar yang benar-benar ramai dan penuh sesak. Anda harus bisa mencari tahu kepuasan batin apa yang bisa diberikan kepada konsumen melalui produk yang Anda jual. Kepuasan batin inilah yang akan menjadi Unique Selling Point Anda.

    Salah satu contoh Unique Selling Point terbaik untuk ini adalah iPhone. Mayoritas orang membeli iPhone bukan karena speknya atau teknologinya yang canggih. Melainkan karena gengsi dan eksklusifitas yang ditawarkannya. Dengan kata lain, kepuasan batin.

    • Tengok Kompetitor
    Menengok kompetitor di sini bukan meniru apa Unique Selling Point mereka, lho. Sebab, jika meniru persis USP dari kompetitor yang sudah terkenal, kemungkinan besar Anda akan kalah. Mereka sudah memiliki banyak konsumen tetap dan sumber daya yang besar.

    Melainkan, menengok kompetitor di sini itu untuk mencari tahu apa yang kurang dari mereka sehingga bisa dijadikan inspirasi untuk membentuk USP bisnis Anda sendiri. Dengan kata lain, menggunakan kelemahan kompetitor untuk keuntungan Anda.


    Apakah Anda mulai sadar akan pentingnya Unique Selling Point (USP)? Sangat menarik bukan? Kamu bisa mendalaminya lewat artikel Unique Selling Point berikut.Semoga artikel singkat ini bisa membantu teman-teman sekalian. Cheers!




     
Loading...

Share This Page