Trik Membuat Hardisk Eksternal dari Hardisk Internal

Discussion in 'Computer' started by Agreside, Mar 13, 2021.

  1. Agreside

    Agreside Member

    Joined:
    Jan 29, 2021
    Messages:
    115
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Punya hardisk bekas atau tidak terpakai? Daripada mubazir, lebih baik dimanfaatkan. Seperti yang kita ketahui, hardisk merupakan media penyimpanan yang sangat penting bagi komputer atau laptop. Tanpa media penyimpanan ini, biasanya yang akan muncul pada layar komputer atau laptop milikmu hanya layar hitam yang bertuliskan beberapa teks saja.

    Namun jika komputer atau laptop dipasangkan sebuah hardisk, maka nantinya komputer atau laptop tersebut dapat dipasangi sistem operasi. Setelah dipasangi sistem operasi, barulah komputer atau laptop ini dapat dengan mudah digunakan oleh semua orang.

    Permasalahan yang seringkali terjadi adalah media penyimpanan terkadang cepat sekali penuh. Biasanya kondisi media penyimpanan penuh ini kerap terjadi pada pengguna komputer atau laptop yang sering sekali melakukan pemasangan aplikasi, hingga menyimpan banyak data.

    Daripada bingung karena hardisk komputer atau laptop yang kamu miliki penuh, mengapa tidak kamu coba manfaatkan hardisk tidak terpakai di sekitarmu untuk dijadikan hardisk eksternal? Caranya mudah kok. Untuk itulah artikel kali ini dibuat.

    Pada kesempatan kali ini, Agreside akan coba membahas tentang trik membuat hardisk eksternal dari Hardisk Internal? Penasaran mau tau caranya seperti apa? Baca sampai habis ya…

    Cara Membuat Hardisk Eksternal dari Hardisk Internal dengan Mudah

    Berikut ini adalah tahapan atau langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat hardisk eksternal dari hardisk internal dengan mudah :

    1. Cek Kelayakan Hardisk

    Cara pertama yang bisa kamu lakukan sebelum menjadikan hardisk internal tidak terpakai milikmu jadi hardisk eksternal adalah dengan mengecek hardiskmu terlebih dahulu apakah masih layak untuk digunakan atau tidak.

    Jika dari segi fisik masih terlihat bagus, kamu bisa masuk ke tahap selanjutnya yakni mengecek kesehatan hardisk dari bagian dalamnya. Untuk melakukan cara ini, kamu harus memasang hardisk terlebih dahulu ke komputer. Kemudian unduhlah software untuk cek kesehatan hardisk tersebut.

    Untuk software yang kami rekomendasikan bernama HDD Scan, untuk mengunduh HDD Scan kamu bisa klik di sini : https://hddscan.com/

    2. Format Hardisk

    Setelah melakukan pemeriksaan pada hardisk dan memang hardiskmu masih layak untuk dijadikan hardisk eksternal, selanjutnya adalah melakukan format pada hardisk tersebut. Hapus semua data sebelumnya beserta sistem operasi yang ada di dalamnya.

    Jika data-data tersebut penting, maka saran kami backup terlebih dahulu data-datanya. Lakukan backup data setelah selesai melakukan HDD Scan. Selain menghapus sistem operasi sebelumnya, dengan memformat hardisk juga menjadikan hardisk yang akan kamu gunakan nantinya bebas virus. Jadi sebelum menggunakan hardisknya, pastikan hardisk sudah dalam keadaan terformat.

    3. Gunakan HDD Case atau HDD Enclosure

    Step terahkir untuk menjadikan hardisk internal yang kamu miliki agar dapat dijadikan hardisk eksternal adalah dengan membeli alat tambahan bernama HDD Case atau HDD Enclosure.

    Jika kamu sudah punya alat ini, cukup masukan hardisk yang sudah kamu siapkan pada langkah-langkah sebelumnya ke dalam alat. Selesai! Hardisk pun sudah siap digunakan untuk hardisk eksternal.

    Nah itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat hardisk internal milikmu yang tidak terpakai untuk dijadikan Hardisk Eksternal. Cara di atas sangat ampuh dan cocok sekali digunakan jika kamu sedang membutuhkan media penyimpanan tambahan. Akhir kata, selamat mencoba dan semoga berhasil ya.

    Sumber :
    https://agresblog.blogspot.com/2021/03/trik-membuat-hardisk-eksternal-dari.html
    https://www.agres.id
     
Loading...

Share This Page