Tips Untuk Mengatasi Sakit Pinggang Supaya Kerja Lebih Nyaman.

Discussion in 'Health & Medical' started by Bayu Samudra, Jun 22, 2020.

  1. Bayu Samudra

    Bayu Samudra New Member

    Joined:
    Jun 18, 2020
    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Bekerja dari rumah alias work from home (WFH) dulu terdengar menyenangkan. Waktu kerja bisa diatur sendiri, kerja tanpa pengawasan atasan secara langsung, tidak perlu hadir berpakaian formal, dan yang penting, tidak harus bangun pagi demi menembus kemacetan atau berdesak-desakan di transportasi publik. Keuntungan-keuntungan ini menjadi alasan para pekerja khususnya mereka yang berprofesi sebagai freelancer, suka melakukan WFH sebagai kebijakan yang dianjurkan pemerintah akibat pandemi covid 19.

    Namun benar juga kata pepatah, rumput tetangga lebih hijau. Setelah hampir dua bulan menjalani WFH, banyak orang kangen untuk kembali bekerja di kantor. Karena nyatanya, WFH tak selalu menyenangkan. Bahkan tingkat stres akibat bekerja dari rumah lebih besar dibandingkan bekerja di kantor.

    Secara fisik, WFH juga bisa lebih melelahkan dan menimbulkan masalah sakit pingang karena WFH tidak dilakukan di meja kerja yang memadai dan kursi empuk nan nyaman layaknya di kantor. Oleh sebab itu kita butuh persiapan untuk menjaga produktivitas kerja di rumah, termasuk menghalau ancaman yang bisa mengusik kesehatan kita. Seperti penyakit yang belakangan sering dikeluhkan para pekerja, yakni masalah sakit pinggang. Untuk itu, penting bagi kamu untuk mengetahui cara mengatasi sakit pinggang saat WFH.

    Dengan dalih kebebasan, banyak yang melakukan WFH di tempat tidur sambil rebahan, di meja makan, di depan tv, hingga di belakang rumah. Efeknya, badan sering terasa sakit, mulai dari sakit pinggang, nyeri punggung, bahu pegal-pegal, kesemutan hingga otot leher yang terasa lebih kaku. Tak ingin dampak negatif itu merasukimu? Lakukan langkah-langkah berikut ini agar WFH kamu menyenangkan.

    Atur Posisi Laptop Dan Posisi Duduk.

    Jika meja kerja dekat dengan jendela, jangan meletakkan laptop membelakangi jendela karena cahaya akan membuat layar memantul. Letakkan laptop kamu menyamping dari jendela.

    Saat bekerja, letakkan laptop di atas meja yang sejajar dengan perut, agar ketika mengetik, lengan tangan nyaman, tidak menekuk. Usahakan, siku tangan saat mengetik membuat sudut 90 derajat.

    Posisi duduk yang tepat bukan tegak lurus membentuk sudut 90 derajat. Duduklah sambil menyandarkan punggung di kursi agar sebagian bobot tubuh ditopang oleh kursi. Gunakan bantal kursi atau boneka untuk menyangga punggung bagian bawah.

    Waktu Bekerja.

    WFH memang bebas bekerja kapan saja. Tapi sebaiknya kamu menetapkan jam kerja, kapan harus mulai dan kapan harus berhenti agar otot tubuh tidak terforsir. Kamu juga harus memberi jeda waktu saat bekerja, cara mengatasi sakit pinggang paling sederhana yang bisa kamu lakuka adalah jangan terlalu lama duduk di kursi. Usahakan setiap 30 menit atau satu jam sekali, kamu berikan jeda istirahat sebentar dengan berjalan-jalan atau ngobrol bersama pasangan 5-10 menit. Siapkan alarm untuk pengaturan waktu kerja dan jeda, sehingga kamu bisa teratur memulai dan istirahat bekerja.
     
  2. Om Toni

    Om Toni Member

    Joined:
    Feb 11, 2017
    Messages:
    314
    Likes Received:
    80
    Trophy Points:
    28
    Solusi paling tepat agar tidak sakit pinggang adalah mengatur posisi laptop sebaik mungkin... kemudian ditinggal tidur :D
     
Loading...

Share This Page