Tips Triks Dan Teknik Menulis Artikel Yang SEO 2015

Discussion in 'Blogger' started by Muhammad Khoir, Feb 2, 2015.

  1. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,861
    Likes Received:
    361
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Jujur saja baru kali ini ane sempat dan bisa berbagi dengan sobat bersosial setelah sekitar 10 hari vacum dari internet :D maklum pulang kampung. Dan kali ini ane akan membahas tentang bagaimana menulis artikel yang menurut ane bisa bersaing di SERP.(menurut pengalamn pribadi) Teknik seo memang sangat dibutuhkan tentunya pasti tidak luput dengan Template yang kita gunakan atau juga penanaman backlink yang benar. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan semuanya terlebih dahulu sebelum sobat benar-benar menjadi seorang writer blog.
    [​IMG]
    Langkah awalnya memang menyiapkan domain, Template dn lain-lainnya. Dan setelah semua selesai, maka langkah selanjutnya bagaimana kita memulai untuk menulis. Nah disinilah letak masalah kita sebab kita tidak bisa sembarangan juga menulis sebuah artikel tanpa didasari sebuah alasan khusus didalamnya. Kalau menurut saya, mulailah dari kebutuhan kita sendiri. Misal, kita sering mengalami masalah dengan Ponsel, contohnya baterai Boros. Nah dengan begitu kita sudah punya pengalaman dengan mencari informasi di internet serta mencoba menerapkan langsung bagaimana cara menghemat baterai ponsel tersebut. Dengan begitu, kata lainnya kita bisa menerapkan pengalaman tersebut dengan gaya kita sendiri yang dituangkan dalam blog sehingga kata kunci yang digunakan pun bisa lebih tepat dan memenuhi sasaran yang dituju.

    Sepertinya ane sudah menulis mengenai tips ini di Bersosial, namun berhubung masih banyak yang bertanya, maka tidak ada salahnya jika ane tulis kembali dan mungkin keterangan kali ini lebih sempurna dari sebelumnya. Nah yang jadi pertanyaan disini adalah : Bagaimana cara agar postingan kita berada di Halaman 1 Pencarian Google?

    Karena pertanyaan tersebut ane sangat tertantang sekali untuk mencari tahu dan juga mencobanya sendiri. Dan menurut pengalaman ane, ternyata sangat mudah sekali menerpkan hal tersebut asal kita mengerti dan memahami pemikiran dari mbah google.:D sok pinter...!

    Yang pertama ane pelajari ialah mencari informasi dengan kata kunci yang kita bidik. Dan hasil yang muncul ane teliti lagi dengan mengunjungi halaman tersebut. Kata kunci biasanya ditandai dengan Bold oleh mbah google. ane amati dimana kata kunci itu diletakkan, dan yang paling banyak ialah pada awal kalimat pada paragraf pertama. (Jawabannya Kata Kunci Berada Pada Awal Kalimat Pada Paragraf Pertama) namun tidak begitu saja, untuk menunjang kata kunci lebih kuat, sobat bisa menambahkan sambungan kata kunci pada isi paragraf bahasan.

    Nah bagaimana untuk memilih kata kunci? Banyak sekali tool yang bisa sobat gunakan, namun yang paling efektif adalah keywordplanner punya mbah google. Dalam mencari kata kunci, usahakan memusatkan pada persaingan yang low. Coba lakukan pencarian di serp dengan kata kunci tersebut, jika pesaingnya blog besar atau berada pada pagerank tinggi, mending sobat cari kata kunci lain saja. (Jawaban Kedua Cari Kata Kunci Yang persaingannya Low)

    Langkah selanjutnya yaitu menciptakan kata kunci yang strong dan kuat. Jika sobat hanya mendapat ide mengenai kata pendek, contoh sayur, maka sobat bisa menambahkan manfaat atau khasiat pada judul posting tersebut. Dengan begitu, seo yang didapat lebih maksimal, sebab secara tidak sengaja, sobat sudah menambah kata kunci didalamnya yaitu manfaat dan sayur. Untuk lebih memperkuat lagi gunakan Longtail Keyword agar persaingan akan semakin sedikit. (Jawaban Ketiga Gunakan Longtail Keyword)

    Dan yang terakhir ialah penulisan artikel, mengulang kata memang juga berpengaruh, namun jika terlalu banyak hanya akan memperburuk keadaan. Usahakan seminimal mungkin mengulang kata. Gunakan gaya bahasa sendiri alias tidak copas dan juga maksimalkan kata yang ditulis dalam artikel. Saran ane, minimal gunakan 300 kata setiap artikel yang di post. (Jawaban Keempat Gunakan Gaya Bahasa Sendiri dan Jangan Copas)

    Nahi itulah sedikit ilmu menurut dari pengalaman ane mempelajari SEO, memang sederhana dan bukan SEO yang maknyus, tapi terbukti juga sangat membantu ane dalam mendapatkan pengunjung dari SERP. Sebenarnya banyak cara untuk mendapat visitor, seperti contohnya menggunakan Sosial Bookmark dan lain-lainnya. Namun semua itu tidak indah menurut ane, sebab pengunjung yang ane suka ialah dari Google,,,:D

    Ane menulis ini karena tidak mau dianggap spammer, dan ane menulis original bukan hasil copas atau mempromosikan blog. Jadi untuk sobat semua, jadilah bersosialer yang baik ya....!:D Salam Sukses...!
     
    Last edited: Feb 2, 2015
  2. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,243
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Jangan salah paham dulu Mas mengenai persaingan di Keywordplanner yang berstatus 'Low'. Karena keywordplanner itu sebenarnya diperuntukkan bagi pemasang AdWord. Jadi KW dg saingan Low itu maksudnya saingan pengiklan lain. Bukan saingan dalam SERP.
     
    yuyutwah likes this.
  3. pram

    pram Well-Known Member

    Joined:
    Sep 23, 2013
    Messages:
    3,099
    Likes Received:
    161
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Kalau dulu sekitar 2013 memang kalau artikel tidak copas dan menulisnya manual dan agak panjang kemungkinan besar pageone, saya dulu begitu dengan blog yang masih baru dan tanpa pengetahuan seo. tapi seiring waktu tetep membutuhkan faktor eksternal :)
     
  4. Yusuf.S

    Yusuf.S Well-Known Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    1,156
    Likes Received:
    100
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Lahh 4 hal ini kan memang dasar dari SEO, dan saya pikir dari tahun 2013 akhir juga banyak yang sudah menerapkan teknik ini, tinggal pinter-pinter kita aja menerapkan teknik ini. *keren1*
     
  5. Ignatia Kinanthi

    Ignatia Kinanthi Member

    Joined:
    Jan 12, 2015
    Messages:
    26
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Dasar SEO itu teknis dan non teknis, teknis sama seperti yg anda sampaikan, plus non teknis adalah KESABARAN.
    Salam
     
  6. Situs Lagu Mp3

    Situs Lagu Mp3 Member

    Joined:
    Jan 26, 2015
    Messages:
    90
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Super mantap, tapi saya gak pernah nulis di blog, coz ini blog agc *berkeringat*
     
  7. rahman andi

    rahman andi Member

    Joined:
    Jan 14, 2015
    Messages:
    386
    Likes Received:
    25
    Trophy Points:
    28
    cara membuatnya gimana gan , ada tutorialnya tidak . saya tertarik ingin buat blog seperti mas @Situs Lagu Mp3 . keren blognya :D
     
  8. rahman andi

    rahman andi Member

    Joined:
    Jan 14, 2015
    Messages:
    386
    Likes Received:
    25
    Trophy Points:
    28
    hehe saya baru paham kalau keguanaan Keuwdplanner seperti itu . menteb den @Ardilas :D
     
  9. rahman andi

    rahman andi Member

    Joined:
    Jan 14, 2015
    Messages:
    386
    Likes Received:
    25
    Trophy Points:
    28
    tergakadang sudah sabar tapi hasilnya masih 0 :( , inilah yang membuat prustasi
     
  10. rahman andi

    rahman andi Member

    Joined:
    Jan 14, 2015
    Messages:
    386
    Likes Received:
    25
    Trophy Points:
    28
    setuju gan, kok signaturenya seperti itu gan . ada apakah gerangan :D
     
  11. rahman andi

    rahman andi Member

    Joined:
    Jan 14, 2015
    Messages:
    386
    Likes Received:
    25
    Trophy Points:
    28
    enakan ke zaman dulu ya gan . yuks kita kembali aja ke zaman batu :D
     
  12. Yusuf.S

    Yusuf.S Well-Known Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    1,156
    Likes Received:
    100
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    lahh signature kamu juga kenapa begitu ?? :)
     
  13. Expedisi Murah

    Expedisi Murah Member

    Joined:
    Feb 2, 2015
    Messages:
    386
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    To Agan Ar Dilas. Iya gan ane pikir low ternyata yang optimasi master, master seo. Ampun dach gak tau sampe kapan bisa merasakan trafick dari blog tersebut, mao coba bikin link whell gak sangup, terima nasib aja dach :confused:
     
  14. rahman andi

    rahman andi Member

    Joined:
    Jan 14, 2015
    Messages:
    386
    Likes Received:
    25
    Trophy Points:
    28
    wkwkw . hapis kena basmi si mbah . jadi bingung gunanya Signature hehe :D
     
  15. misterius

    misterius Member

    Joined:
    Feb 5, 2013
    Messages:
    267
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Atas ane malah mempeributkan signatur? hahaha. Teknik menulis seo yang bagus menurut saya, itu cukup pengulangan katanya maksimal 2 saja didalam. Perhatikan juga pengulangan kata di breadcrumb dan di sidebar. jika ada, tidak usah diulang lagi pengulangan katanya di dalam posting. Cukup tambahkan saja keyword pendukung atau penunjang, atau anomim dan sinonim yang saling berkaitan. Coba deh
     
    Yusuf.S likes this.
  16. Expedisi Murah

    Expedisi Murah Member

    Joined:
    Feb 2, 2015
    Messages:
    386
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    Mohon pencerahan master breadcrumb apaan si? ane sempet baca artikel disebelah sebut2 breadcrumb malah ksh gambar nya segala...?

    Sory agak cerewet baru pengen perdalam seo n tetek bengek, soalnya blog tahunan gak ningkat2, pas nyimak n penerapan baru ada sedikit perubahan.

    THX B4 buat para master atas pencerahan2 nya
     
  17. Devita

    Devita Active Member

    Joined:
    Oct 11, 2014
    Messages:
    1,189
    Likes Received:
    43
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Kayaknya yang bisa jawab den ardilas, saya sendiri belum paham.
     
  18. Yusuf.S

    Yusuf.S Well-Known Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    1,156
    Likes Received:
    100
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    wuihhh keren pake templatenya mas ncang :D bahasanya apaan tuh ga ngerti :D
     
  19. Expedisi Murah

    Expedisi Murah Member

    Joined:
    Feb 2, 2015
    Messages:
    386
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    Mohon pencerahan nya Agan den ardilas. Masih tuing2 niech mo search nangung udeh PW di forum. hohoohoho
     
  20. Yusuf.S

    Yusuf.S Well-Known Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    1,156
    Likes Received:
    100
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    breadcumb itu bisa dibilang menu navigasi, ito loh yang ada di kanan blog biasanya, "kalo ga salah" :D
     
Loading...

Share This Page