Combi Brake System (CBS) atau fitur pengaman tambahan untuk sistem pengereman, sudah diaplikasi pada beberapa varian motor matic Honda seperti Honda Beat, Vario CW 110 FI, Vario 125 eSP dan Vario 150 eSP. Indentitasnya bisa dilihat pada tulisan yang tertera pada cover bodi motor. CBS adalah system pengereman yang menggabungkan antara rem depan dan rem belakang. Fitur ini akan berfungsi ketika tuas rem kiri ditekan, maka equalizer gaya akan bekerja untuk mendistribusikan tenaga tekanan tadi menjadi dua. Satu menuju rem pada roda belakang, sedangkan satunya lagi menuju ketuas ungkit knocker guna menekan piston hidrolik rem depan. Makanya kekuatan pengereman akan terbagi secara otomatis. Atur Hingga Rem Belakang CBS Lebih Dominan Akan tetapi buat sobat Moladiners penunggang skubek Honda yang dibekali teknologi rem CBS (Combi Brake System), ada hal yang harus diperhatikan. Terutama masalah penyetelan toleransi CBS ketika salah satu kampasnya mulai menipis. Awas, jangan sampai salah memperlakukannya. Bisa-bisa teknologi ini bukan jadi penyelamat, tapi malah bisa mencelakakan. Setel rem belakang rem CBS lebih dominan dibanding rem depan | Foto: Contributor Moladin Seperti dialami Rudiyanto, pengguna Vario 110 CBS lansiran 2011. Merasa fungsi CBS kurang terasa saat digunakan, Rudi coba menyetel ulang fungsi CBS. Porsi setelan CBS untuk rem depan ditambah. Efeknya, dengan sedikit menekan tuas rem belakang, rem depan sudah ikut bekerja. Alhasil, fungsi rem menjadi lebih menggigit saat kondisi jalan mulus. Cuma di kondisi jalan berkerikil, rem CBS ini menjadi senjata makan tuan. “Saat kondisi jalan berkerikil, naluri pengendara pasti akan mengurangi penggunaan rem depan agar tidak selip. Namun karena motor bertipe CBS, saat saya menarik tuas rem belakang, ban depan malah ikut terkunci dan membuat saya terjatuh. Ini imbas dari salah penyetelan yang saya lakukan,” kata Rudi yang tinggal di jalan Moh. Khafi II, Srengseng, Jakarta Selatan. Nah, biar tak menggelosor seperti Rudi, yuk atur ulang CBS di tunggangan. Porsi penggunaan rem belakang pada sistem CBS yang berada di tuas kiri, harus lebih besar dari rem depan. Ini untuk meminimalkan gejala selip pada saat-saat tertentu. Nah Sobat riders, baca ulasan selengkapnya di sini ya seputar sistem CBS, masih banyak tips and trick nya. https://moladin.com/blog/tips-setel-rem-combi-brake-system-cbs/ Budimola, Jul 3, 2019 #1 (You must log in or sign up to reply here.) Show Ignored Content Loading... Similar Threads - Tips Setel Combi Tips Perawatan Mobil Setelah Dipakai Perjalanan Jauh Faniditya Ramadhan, Jul 1, 2019, in forum: Otomotif Replies: 0 Views: 324 Faniditya Ramadhan Jul 1, 2019 Modifikasi Motorhome Tidak Selalu Mahal, Ini 5 Tipsnya creo, Sep 18, 2021, in forum: Otomotif Replies: 0 Views: 846 creo Sep 18, 2021 Tips Cegah Serangan Jantung Saat Mengemudi Mobil bimo dimas, Jun 20, 2021, in forum: Otomotif Replies: 1 Views: 1,080 blackking Jun 21, 2021 Simak Tips Rawat Kaca Film Untuk Mobil Kesayangan bimo dimas, May 27, 2021, in forum: Otomotif Replies: 0 Views: 925 bimo dimas May 27, 2021 Dongkrak Mobil Jangan Asal, Ini Tipsnya! bimo dimas, May 19, 2021, in forum: Otomotif Replies: 1 Views: 1,045 blackking May 20, 2021 Share This Page Tweet Log in with Facebook Log in with Twitter Your name or email address: Do you already have an account? No, create an account now. Yes, my password is: Forgot your password? Stay logged in