Tips SEO untuk Mengubah traffic Menjadi Pelanggan

Discussion in 'Online Business' started by noer98, Feb 26, 2021.

  1. noer98

    noer98 Member

    Joined:
    Feb 4, 2014
    Messages:
    608
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Mengoptimalkan website ritel untuk pencarian adalah salah satu hal paling menantang yang dapat Anda lakukan dalam SEO. Untuk satu hal, Anda tidak hanya bersaing dengan pengecer lain tetapi juga produk Google sendiri – Google Ads, Google Shopping, dan pencarian lokal untuk beberapa nama.

    Ini hanya untuk membuat merek Anda dilihat oleh konsumen.

    Kemudian, Anda harus mengoptimalkan untuk perjalanan konsumen yang kompleks yang membawa pembeli dari browser kasual ke kasir, sering kali di beberapa sesi dan jenis perangkat yang berbeda. Prospek sangat berharga dalam bisnis ini dan kesuksesan sangat tergantung pada konversi sebanyak mungkin lalu lintas menjadi pelanggan yang membayar.

    Berikut adalah lima strateg SEO ritel yang akan membantu Anda melakukan ini.

    # 1: Semuanya dimulai dengan navigasi
    Selain sebagai faktor peringkat, navigasi situs web ritel menentukan pengalaman menjelajah untuk pengguna. Tantangan bagi merek ritel adalah menciptakan sistem navigasi yang membuatnya mudah untuk menemukan, mengurutkan dan memfilter produk sambil juga menyediakan kategori, produk terkait, dan fitur navigasi kontekstual lainnya yang memungkinkan pembeli berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

    Semakin banyak produk dan halaman yang Anda miliki, semakin sulit untuk membuat navigasi tanpa batas yang menyatukan semuanya

    Gambar di atas menunjukkan contoh struktur situs web untuk situs eCommerce yang memecah produk / halaman menjadi kategori, subkategori, dan halaman produk. Ini adalah pengaturan klasik untuk merek ritel dengan sejumlah besar stok – misalnya, peritel busana yang menjual pakaian, sepatu, dan aksesori.

    Struktur situs web bukan satu-satunya hal yang perlu Anda pikirkan. Anda juga perlu memutuskan bagaimana orang akan membandingkan berbagai produk di situs web Anda, terus berbelanja setelah menambahkan item ke keranjang mereka dan menyelesaikan proses checkout ketika mereka siap untuk membayar.

    Ada banyak celah bagi pengguna untuk menyelinap di situs web ritel, tetapi sistem navigasi yang sangat dioptimalkan akan membuat mereka bergerak ke arah yang benar yaitu menambahkan lebih banyak produk ke keranjang dan menyelesaikan pembelian sambil meminimalkan jumlah sesi berhenti dan pengabaian kereta.

    # 2: Prioritaskan penelusuran seluler
    Menurut Laporan KPI Wolfgang Digital 2019, 53% lalu lintas berasal dari perangkat seluler. Namun, ini tidak menceritakan keseluruhan cerita tentang peran lalu lintas seluler dalam ritel digital. Stat ini condong oleh fakta bahwa kebiasaan browsing mobile dan desktop berubah sepanjang perjalanan konsumen. Studi yang sama menunjukkan bahwa, meskipun sebagian besar lalu lintas berasal dari seluler, hanya 32% konversi terjadi di seluler.



    Apa yang sebenarnya terjadi di sini adalah bahwa sebagian besar penjelajahan awal dan kunjungan pertama ke situs web ritel terjadi di seluler. Dengan kata lain, ketika pengguna tidak benar-benar yakin apa yang ingin mereka beli, mereka sering menelusuri atau meneliti di ponsel atau perhatian mereka tertangkap oleh iklan di media sosial.

    Ketika semuanya menjadi serius, sebagian besar pengguna pindah ke desktop, yang membawa rata-rata pangsa lalu lintas lebih dekat ke 50/50.

    Yang perlu dilakukan di sini adalah memprioritaskan penelusuran seluler, mengaitkan lalu lintas lintas sesi, lalu memprioritaskan konversi desktop. Misalnya, Anda dapat membuat halaman arahan terpisah untuk seluler yang fokus untuk membuat pengguna menelusuri produk Anda dan mengirimkan halaman yang berfokus pada konversi untuk pengguna desktop. Anda juga dapat menargetkan pengunjung seluler yang kembali dengan halaman “desktop” Anda untuk melayani mereka yang lebih cenderung mengonversi di ponsel.

    # 3: Optimalkan untuk E-A-T & YMYL
    Untuk berjaga-jaga jika Anda tidak 100% memahami istilah-istilah ini:

    E-A-T adalah akronim untuk keahlian, kepiawaian dan kepercayaan.
    YMYL singkatan dari halaman “uang Anda atau hidup Anda” (yang mencakup halaman eCommerce) dan Google lebih ketat tentang persyaratan E-A-T untuk ini.
    Jadi, pada dasarnya, E-A-T (keahlian, keabsahan dan kepercayaan) penting untuk setiap situs web, tetapi terutama untuk situs web ritel. Google menganggap eCommerce sebagai YMYL
     
Loading...

Share This Page