Tips Mudah Menghemat Listrik di Rumah

Discussion in 'General Discussion' started by Abu Hanif, Sep 26, 2015.

  1. Abu Hanif

    Abu Hanif New Member

    Joined:
    Sep 26, 2015
    Messages:
    17
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    Pada zaman sekarang ini dimana semua harga "meroket" serba mahal menuntut kita untuk bisa mensiasati supaya bisa tetap survive apalagi pesatnya kenaikan biaya hidup tidak bisa diimbangi dengan kemampuan daya beli kita. Listrik merupakan salah satu kebutuhan kita yang ikut berperan dalam menguras biaya hidup apalagi per 1 Januari 2015 ada kebijakan pemerintah menaikkan harga tarif dasar listrik ( TDL ) untuk pelanggan 1300 VA dan diatasnya, yang besarannya tidak tetap mengikuti 3 aspek yaitu aspek inflasi, harga minyak dunia dan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Oleh sebab itu maka kita wajib memiliki tips mudah menghemat listrik di rumah agar imbas yang kita peroleh dari TDL ini bisa kita minimalisir.

    Ada banyak artikel lain yang membahas tentang cara menghemat listrik dengan tips dan triksnya, dari pengalaman saya menyimpulkan sebenarnya ada 3 aspek yang merupakan cara agar penggunaan listrik bisa dihemat, yaitu :


    1. Daya Listrik terpasang

    Daya Listrik terpasang adalah kontrak antara PLN dan pelanggan yang direalisasikan dengan KWH meter sepaket dengan MCB pembatas arus disesuaikan dengan kontrak yang disepakati. Tidak bisa dipungkiri, saat ini harga per KWH TDL untuk daya terpasang 450 VA s.d 900 VA masih tergolong murah karena masih disubsidi pemerintah, untuk KWH pasca bayar pun abudemen bebannya ( biaya beban nol ) masih tergolong rendah dibandingkan daya terpasang 1300 VA keatas, pun dengan KWH pra bayar, abodemen bebannya tidak ada dan harga per KWH nya rendah. Jadi bagi anda yang memiliki daya terpasang 450 s.d 900 VA jangan tergiur dengan penawaran dan promosi naik daya gratis dari PLN selama gaya hidup anda menggunakan listrik tersebut masih cukup.

    2. Pemilihan peralatan listrik

    Selektiflah dalam memilih peralatan listrik yang anda beli dan anda gunakan. Pilih peralatan listrik sesuai kebutuhan tapi konsumsi dayanya rendah.Saya akan mengambil contoh untuk peralatan listrik yang paling penting dan sering digunakan :


    a. Lampu penerangan

    a.1 Gunakan lampu hemat energi ( LED )



    [​IMG]

    Lampu LED


    Banyak kesalahan persepsi di masyarakat tentang lampu hemat energi, mereka beranggapan dengan mengganti lampu biasa dengan lampu hemat energi maka akan bisa menghemat listrik meskipun pada kenyataannya tidak terasa penghematan tersebut. Hal ini terjadi karena mereka mengganti lampu lama dengan lampu hemat energi dengan spesifikasi daya watt yang sama, sebagai contoh di ruangan kamar menggunakan lampu biasa 10 watt, maka diganti lampu tersebut dengan lampu hemat energi tapi daya watt nya sama yaitu 10 watt, maka tidak akan ada penghematan alias percuma, yang dirasakan hanya ruangan kamar tersebut dengan diganti lampu hemat energi ternyata memperoleh cahaya yang lebih terang, tapi saya katakan sekali lagi bahwa dengan cara ini tidak ada penghematan! Ini memang fenomena di masyarakat awam. Solusinya sebenarnya kita mengganti lampu lama dengan lampu hemat energi mengacu pada kebutuhan cahaya yang kita butuhkan tidak terkecoh dengan penggunaan watt yang terpasang. Lampu hemat energi tentunya mempunyai kapasitas pencahayaan yang lebih terang dibandingkan lampu biasa dengan besar watt yang sama. contoh di ruangan kamar menggunakan lampu biasa 10 Watt, maka dengan lampu hemat energi anda bisa mengganti lampu tersebut dengan daya 6 watt dengan terang yang sama. Inilah penghematan, karena konsumsi listrik kita dihitung berdasarkan daya watt terpakai memakai alat ukur kwh meter milik PLN, bukan dihitung berdasarkan konsumsi cahaya ( lumens ). Disini saya merekomendasikan lampu LED karena kemampuan pencahayaan yang lebih baik dan umur yang bertahan sangat lama, terutama untuk ruangan dengan pencahayaan yang sering nyala tau standby. Saya menggunakan lampu di kamar mandi yang nyala 24 jam biasa pakai lampu 8 watt saya ganti lampu LED merk Kawachi 1 watt ( satu watt ) dengan terang yang sama, anda yang punya basic elektro mungkin sudah bisa menghitung berapa rupiah penghematan yang saya lakukan.


    a.2 Gunakan photocell sensor cahaya untuk lampu di halaman / luar rumah
    [​IMG]

    photocell sensor cahaya

    Penggunaan photo cell ini sangat membantu anda yang sering lupa atau bangun kesiangan sehingga telat mematikan lampu listrik luar rumah / taman ketika sudah pagi / siang. Hal ini setidaknya membantu juga menghemat listrik anda meskipun tidak terlalu signifikan. ( baca artikel cara instalasi photocell yang baik )


    b. Lemari Es / kulkas

    Kulkas dirumah anda tentu saja merupakan salah satu pengkonsumsi listrik paling besar karena harus standby terus tanpa off. Pilihlah kulkas yang bisa stabil di tegangan rendah atau mempunyai spesifikasi stabil di variable tegangan yang beragam seperti merek tertentu yang stabil ditegangan 110 V s.d 220 V. karakter listrik PLN yang kurang stabil khususnya didaerah pedesaan akan membuat kulkas yang tidak mempunyai spec diatas kinerja kompressornya tidak akan stabil dan mengakibatkan konsumsi listrik yang besar karena fluktuasi arus yang cepat. Atau jika anda terlanjur dengan spec kulkas yang ada tidak seperti spec diatas, anda bisa mensiasati dengan menggunakan stabiliser untuk kulkas tersebut. Selain itu anda harus mulai mensetting suhu kulkas tersebut sesuai kebutuhan.

    c. Setrika

    Pakailah setrika yang bisa diatur suhunya secara otomatis atau manual. setting otomatis ini sangat membantu ketika anda menjaga suhu setrika dengan konsumsi listrik yang variable memanfaatkan siasa panas setrika sebelumnya, jadi misalkan untuk menjaga panas 120 derajat celsius maka konsumsi listrik setrika diawal akan lebih tinggi, tetapi jika sudah panas konsumsi listriknya akan otomatis menurun dan fluktuasi menjaga suhu tersebut. Sedangkan untuk setting suhu setrika manual digunakan sesuai rekomendasi aman bahan yang akan disetrika, biasanya bahan sensitif memerlukan suhu yang rendah sehingga lebih efisien karena konsumsi listrikpun rendah dan tepat guna.

    d. Televisi

    Pilihlah televisi dengan teknologi LED dan sesuai kebutuhan. Dengan layar Inchi yang sama televisi LED mempunyai daya watt yang lebih kecil


    3. Sikap / Perlakuan terhadap peralatan listrik dan lingkungan disekitarnya

    Poin 3 ini adalah aspek yang sangat penting, pemilihan peralatan listrik yang sesuai dan hemat energi akan menjadi kurang efektif dan terkesan percuma jika sikap / perlakuan terhadap peralatan tersebut tidak sesuai. Berikut saya sampaikan beberapa contoh sikap / perlakuan terhadap listrik dan lingkungan sekitarnya yang perlu dilakukan dan bisa membantu dalam proses penghematan listrik, diantaranya adalah :

    - Matikan dan hidupkan peralatan listrik sesuai kebutuhan

    - Manfaatkan cahaya matahari untuk penerangan siang hari, rancang rumah anda agar tiap ruangan ada akses masuk matahari, sehingga disiang hari tidak perlu konsumsi listrik untuk lampu penerangan

    - Setting kulkas anda pada suhu yang dibuthkan, diawal-awal mungkin bisa dicoba try and error sehingga nanti ketemu suhu yang sesuai dan efisien untuk kulkas anda berdasarkan kebutuhan anda. Prinsipnya semakin dingin suhunya maka semakin tinggi konsumsi listriknya.

    - Manfaatkan udara luar untuk membantu mendinginkan ruangan, rancang rumah anda agar udara luar bisa dengan mudah masuk dengan sirkulasi yang baik sehingga konsumsi listrik untuk kipas angin atau AC bisa dikurangi

    - Bagi anda yang menggunakan pompa air, pakailah tandon air untuk penampungan air sementara sehingga frekuensi start - stop pompa air menjadi jarang. Untuk start pompa air membutuhkan daya yang besar karena arus start yang tinggi, jika sering maka selain listrik menjadi boros, pompa air juga bisa berumur pendek. Untuk menjaga ketersediaan air ditandon sebaiknya pompa air dilengkapi perangkat pengendali level air tandon otomatis ( baca artikel cara instalasi kontrol level air tangki otomatis )

    - Dispenser pemanas air sebaiknya posisikan Off, operasikan sesuai kondisi misalnya 5 menit sebelum anda membutuhkan air panas, setelah itu matikan kembali. Elemen pemanas memerlukan konsumsi listrik yang besar.

    - Biasakan memakai AC pendingin setiap malam dengan setting Off timer otomatis ketika menjelang tidur. Biasanya menjelang subuh suhu udara luar menurun, pengalaman saya tinggal didaerah panas, tiap subuh saya menggigil kedinginan karena lupa mematikan AC, padahal saat itu AC tidak diperlukan dan membuang konsumsi listrik dengan percuma. Control suhu AC otomatis tidak terlalu berpengaruh dibandingkan dengan mematikan AC langsung, konsumsi listrik bisa terkurangi.

    - Jika menanak nasi menggunakan rice cooker, biasakan menanak nasi tersebut ketika akan datang waktu makan, jadi rice cooker tersebut tidak On terlalu lama, sekali lagi pemanas membutuhkan konsumsi listrik yang besar.

    - Biasakan mencabut colokan / stecker untuk peralatan listrik jika dimatikan, karena posisi stanby tapi colokan masih menancap sebenarnya mengkonsumsi daya juga meskipun kecil tapi kalau kontinyu perlu biaya besar juga, apalagi KWH Meter yang terpasang adalah KWH digital prabayar, lebih sensitif merasakan konsumsi listrik sekecil apapun. contohnya, charger HP, televisi, mesin cuci, kecuali peralatan anda punya spec "stanby zero voltage". Agar lebih mudah rancang stopkontak tempat colokan peralatan listrik tersebut modifikasi fungsi dengan saklar, agar lebih praktis. ( baca artikel "Cara Memasang Sendiri Instalasi Listrik Saklar + Stop kontak dan modifikasi fungsi" )

    - Bagi anda yang menggunakan mesin cuci, biasakan penggunaannya sesuai dengan kapasitas mesinnya, kelebihan beban akan mengkonsumsi listrik yang besar tetapi kinerja mesin cuci tersebut tidak optimal

    - Biasakan membaca semua spesifikasi dari peralatan listrik anda sebagai acuan untuk anda dalam menggunakannya, jangan sampai keluar dari spesifikasi tersebut karena selain menjadikan listrik boros, umur alat pun tidak akan panjang.

    Demikian tips mudah menghemat listrik dirumah, untuk sobat-sobat yang ingin tau lebih banyak tentang listrik silahkan berkunjung di http://listrik-praktis.blogspot.com/

    selamat mencoba, semoga bermanfaat.

    Wassalam...

     
    Last edited: Sep 26, 2015
    lasealwin likes this.
  2. iswandi

    iswandi Member

    Joined:
    Aug 23, 2014
    Messages:
    91
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    terima kasih infonya , di rumah saya pakainya yang 900 watt gan , jadi masih hemat
     
    lasealwin likes this.
  3. zonamers

    zonamers Member

    Joined:
    Jul 24, 2015
    Messages:
    594
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    yang susah itu kadang2 sifat pelupa untuk mematikan lampu saat udah nggak kepake lagi. dirumah sering kayak gini nih, bukan saya sih tp si big boss :D:D:D
     
    lasealwin likes this.
  4. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,877
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
  5. susanwati

    susanwati New Member

    Joined:
    Oct 8, 2015
    Messages:
    17
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    informasi yang sangat menarik sekali an bermanfaat untuk di baca..terimaksih telah berbagi
     
  6. ledlamp

    ledlamp New Member

    Joined:
    Mar 3, 2016
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    apa harga LED itu lebih murah daripada lampu biasa? biasanya lampu hemat energi lebih mahal harganya
     
  7. Abu Hanif

    Abu Hanif New Member

    Joined:
    Sep 26, 2015
    Messages:
    17
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    harga led memang mahal hanya diawal, tapi bertahan untuk jangka waktu yg panjang + konsumsi listrik rendah untuk lumens cahaya yg sama dg lampu biasa. itulah letak hematnya....
     
  8. lalamala

    lalamala Member

    Joined:
    Oct 9, 2013
    Messages:
    158
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    18
    Kalau aku sih memang pakai listrik token itu, jadi setiap hari bisa mantau pemakaian udah berapa, bisa jadi lebih irit deh. :)
     
  9. Cindyresfalia

    Cindyresfalia Member

    Joined:
    Oct 15, 2015
    Messages:
    177
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Nah iya, bener... kalau pake token lebih kepantau pemakaiannya :)
     
  10. barugratisan

    barugratisan Member

    Joined:
    Sep 5, 2014
    Messages:
    619
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
  11. firda63

    firda63 Member

    Joined:
    Dec 19, 2015
    Messages:
    763
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    bagus juga info mengenai hemat listrik
     
  12. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    487
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    hemat listri emang udah sangat perlu saat ini karena subsidi dah dicabut
     
Loading...

Share This Page