Tips Merawat Atap Rumah Agar Bertahan Lama

Discussion in 'Arsitektur' started by abarua46, Mar 9, 2017.

  1. abarua46

    abarua46 New Member

    Joined:
    Feb 6, 2015
    Messages:
    54
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Pasti Anda tak ingin kenyamanan tempat tinggal Anda terganggu karena atap yang rusak bukan? Selain tak nyaman, biaya untuk membetulkan atap akan memakan biaya yang besar juga. Berikut ini kami punya beberapa tips dan trik agar atap hunian Anda bisa bertahan lebih lama.

    Rajin-rajin untuk mengecek keadaan atap. Cara terbaik untuk menjaga keawetan atap adalah aktif mengecek bagaimana keadaan atap Anda. Apakah ada genteng yang terlepas, bocor, sudah lapuk, semakin awal diketahui semakin baik pula. Tak perlu mengecek keadaan atap setiap hari, biasanya untuk pengecekan rutin hanya perlu dilakukan 2 kali dalam setahun. Tujuan utamanya adalah untuk mencegah kerusakan atap dengan memastikan bahwa keadaan atap rumah Anda tetap baik dan terjaga.

    Cara ke dua adalah dengan memberikan ruangan yang cukup untuk sirkulasi udara di bawah atap. Investasikan di awal membangun rumah agar tersedia cukup ruangan di bawah atap agar sirkulasi udara dapat terjaga dengan baik. Anda tak ingin atap rumah jadi lembab dan kemudian menumpuk uap air sehingga terjadi kebocoran bukan? Selain itu lihat juga ke luar rumah, jika ada pohon tinggi dengan cabang yang banyak dan beresiko untuk patah saat hujan deras, segera potong. Anda tak ingin atap Anda lubang karena tertimpa patahan batang pohon yang besar di tengah malam bukan?

    Menangkap masalah lebih awal. Perawatan ini adalah salah satu tips yang paling murah karena Anda hanya perlu lebih teliti dan hanya perlu berkeliling melihat langit-langit ruangan dalam rumah Anda secara teratur. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda mengecek keadaan langit-langit.

    1. langit-langit yang tampak retak, patah, robek

    2. Kerusakan atau hilangnya material penutup atap

    3. Adanya rayap yang tampak seperti pasir

    4. Pertumbuhan jamur

    5. Adanya bekas rembesan basah pada langit-langit

    Melatih diri untuk lebih teliti melihat langit-langit atap rumah sangat mudah dilakukan. Cukup luangkan sedikit waktu untuk melirik langit-langit rumah setiap hari ketika Anda pulang dari kerja. Setelah beberapa minggu, kegiatan sederhana ini akan menjadi kebiasaan. Selain itu, selalu luangkan waktu juga untuk mengecek rumah setelah terjadi hujan besar untuk melihat apakah ada yang bocor di dalam ruangan rumah. Semakin awal kerusakan atap diketahui, semakin sedikit pula biaya yang harus Anda keluarkan untuk memperbaikinya. Jadi jangan malas untuk mengecek keadaan atap untuk menghindari kerusakan yang parah.

    Sumber: arsitektur.me
     
  2. pucingpalabalbie

    pucingpalabalbie Member

    Joined:
    Feb 27, 2015
    Messages:
    132
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    wah bagus nih artikelnya buat ditunjukin ke ibu kost. biar kalo ujan jadinya gak kebocoran. #sekaliancurhat :D
     
  3. renisyafitri70

    renisyafitri70 Member

    Joined:
    Dec 7, 2016
    Messages:
    216
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    28
  4. Kang Aceng

    Kang Aceng Member

    Joined:
    Aug 5, 2016
    Messages:
    301
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    Jadi inget lirik lagu ini ceu @renisyafitri70 *keren2**ketawa3*

    Langit sebagai atap rumahku
    Dan bumi sebagai lantainya
    Hidupku menyusuri jalan
    Sisa orang yang aku makan
     
  5. renisyafitri70

    renisyafitri70 Member

    Joined:
    Dec 7, 2016
    Messages:
    216
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    28
    Haaaaaar elu mah jadi curhat *help*
    wkwkwk lagu dangdut tawa lagu korea itu teh :D
     
  6. Kang Aceng

    Kang Aceng Member

    Joined:
    Aug 5, 2016
    Messages:
    301
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    Uppps.. Keceplosan deh gue *huh*
    Itu lagu sunda ceu @renisyafitri70 piraku teu apal *ngupil*
     
  7. renisyafitri70

    renisyafitri70 Member

    Joined:
    Dec 7, 2016
    Messages:
    216
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    28
    mirisssssss .. Yang sabar ya *nangis1*

    Iya tau :D cuma api2 teu apal wen ngahaji .. Eeeeeh ngahaja *floating*
     
  8. Kang Aceng

    Kang Aceng Member

    Joined:
    Aug 5, 2016
    Messages:
    301
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    Euh sabar mah pasti *keren2*
    Yaelah, lagi kangen sama Pak Haji ya ceu. Silaturahmi atuh *happydancing**smooth*
     
  9. renisyafitri70

    renisyafitri70 Member

    Joined:
    Dec 7, 2016
    Messages:
    216
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    28
    tau ko elu mah gudangnya sabar *bagus*
    engga juga -_-
     
  10. Kang Aceng

    Kang Aceng Member

    Joined:
    Aug 5, 2016
    Messages:
    301
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    haha Aamiin, Aamin.. *keren2*
    Kalo enggak, mungkin ke karyawannya. *ngupil*
     
  11. renisyafitri70

    renisyafitri70 Member

    Joined:
    Dec 7, 2016
    Messages:
    216
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    28
    hehe :D
    komo ka karyamana mah asa males kangen nage *ketawa2*
     
  12. Kang Aceng

    Kang Aceng Member

    Joined:
    Aug 5, 2016
    Messages:
    301
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    Hmmmm sudah kuduga *bohong*
     
  13. renisyafitri70

    renisyafitri70 Member

    Joined:
    Dec 7, 2016
    Messages:
    216
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    28
    Buahaha..
    Apasih *hate*
     
Loading...

Share This Page