Tips memulai bisnis dengan kredit usaha rakyat

Discussion in 'General Business' started by joshua, Dec 1, 2015.

  1. joshua

    joshua Member

    Joined:
    Nov 13, 2015
    Messages:
    101
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Memiliki ide berbisnis tentu merupakan sebuah kebanggaan tersendiri, apalagi jika ide tersebut dapat terimplementasi dengan baik. Dampak ekonomisnya tentu akan sangat luas, kamu bisa membuka lapangan kerja baik untuk orang-orang di sekitar tempat tinggal kamu atau pun daerah lain-nya.

    Sebelum konsep bisnis kamu terkonversi menjadi realitas, sebaiknya kamu melakukan beberapa riset terlebih dahulu. Sebut saja, ide bisnis itu sendiri, segmentasi pasar, tenaga kerja, infrastruktur dan masih banyak hal lain-nya. Hal seperti ini harus mulai kamu biasakan, anggap saja ini latihan agar nantinya kamu perlahan-lahan mulai terbiasa dengan sistem perencanaan.

    [​IMG]

    Apalagi jika bisnis yang kamu lakukan terlahir dari hobi, bisnis seperti ini cenderung lebih menyenangkan dan tidak monoton. Sebab, kamu melakukan apa yang kamu memang sukai, atau dalam bahasa keren-nya, bisnis kamu adalah passion kamu. Sehingga apa yang kamu lakukan tidak akan terasa membosankan. Lain halnya jika bisnis yang kamu jalani tidak sesuai dengan potensi bakat kamu. Biasanya, bisnis seperti ini akan cepat terasa membosankan. Akibatnya, banyak start up bisnis yang berhenti di tengah jalan karena keburu merasa bosan dan keburu merasa putus asa. sikap seperti ini lah yang perlu diwanti wanti dalam menjalani bisnis.

    Dari mana mendapatkan modal usaha bisnis?

    Setelah semua konsep bisnis matang, realitas selanjutnya yang mesti kamu hadapi adalah modal usaha. Ya, banyak sekali para start up yang kebingungan atau bahkan berhenti di tengah jalan lantaran tidak memiliki modal usaha yang cukup. Padahal, hal ini bisa diatasi jika para start up mau sedikit lebih rajin mencari informasi. Ada beberapa alternatif yang bisa kamu lakukan, salah satunya meminjam uang ke teman, kerabat, atau pun keluarga. Selain itu, kamu juga bisa melakukan penawaran kerjasama usaha ke beberapa kolega kamu, hal ini tentu lebih mudah ketimbang harus mencari pinjaman ke sana ke mari.

    Nah, jika cara ini belum juga membuahkan hasil barulah kamu siapkan Plan B. Pertimbangkan lah kembali untuk mengajukan pinjaman di perbankan, salah satunya dengan mengajukan KTA atau dalam bahasa yang lebih bekenya adalah kredit tanpa agunan. Salah satu persyaratanya adalah para pekerja yang telah memiliki penghasilan tetap.

    Meski tanpa bunga, kamu tetap harus memperhatikan skema bunga yang diterapkan. Biasanya, kredit tanpa agunan memiliki skema bunga yang tinggi. Oleh karena itu, pinjaman uang di bank hanya sebagai "emergency exit" jika kamu sudah tidak memiliki pilihan lain. Sebab, skema bunga yang tinggi dikawatirkan tidak dapat menutupi cash flow usaha kamu.

    Ada alternatif yang lain, yakni mengajukan kredit usaha kecil yang merupakan bagian dari program pemerintah, atau yang lebih dikenal dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Program semacam ini sengaja dikeluarkan oleh pemerintah untuk membiayai para start up entrepreneur yang nantinya uang modal usaha tersebut akan disalurkan melalui bank. Namun, biasanya nilai kredit ini maksimal hanya bisa digelontorkan Rp.20 juta.

    Referensi : https://uangteman.com/blog/berita-bisnis/kredit-usaha-mikro
     
  2. novel22

    novel22 New Member

    Joined:
    Feb 15, 2016
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    iyah memang itu jalan alternatif nya untuk awal modal thanks tipsnya gan
     
  3. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    487
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    makasih atas informasinya. Sangat membantu sekali dalam memulai binsi. Bisa juga memilih kredit tanpa agunan ataupun kredit lainnya
     
  4. rajasales

    rajasales Member

    Joined:
    Oct 12, 2017
    Messages:
    64
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Untuk UKM memang KRedit Rakyat harus menjadi garda terdepat dalam membangun jiwa usaha rakyat.
     
  5. FLou91

    FLou91 Member

    Joined:
    Oct 26, 2017
    Messages:
    55
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Kredit usaha memang lagi tren sekarang ini. Soalnya bisa membantu masyarakat untuk menjalankan usaha dengan uang modal yang cukup hehehe
    Sekarang kan sudah banyak tuh kredit usaha rakyat sekarang ini
     
  6. Anderila Farmisara

    Anderila Farmisara Member

    Joined:
    Aug 13, 2015
    Messages:
    223
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    hmmmmmm... takut kenak riba gan*nangis2*
     
  7. Nurdiansyah

    Nurdiansyah New Member

    Joined:
    Jan 23, 2018
    Messages:
    34
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Betul Banget, Apalagi sekarang kabarnya makin mudah karena perbangkan dituntut bisa menyalurkan lebih banyak
     
Loading...

Share This Page