Tips Membuat Taman Minimalis di Lahan Sempit

Discussion in 'Arsitektur' started by firda63, Oct 4, 2020.

  1. firda63

    firda63 Member

    Joined:
    Dec 19, 2015
    Messages:
    763
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    Tips Membuat Taman Minimalis-Rumah lahan sempit Anda akan semakin tampak cantik dengan kehadiran taman minimalis. Pelajari bagaimana caranya dalam menata taman di lahan terbatas yang Anda miliki saat ini serta ketahuilah jenis-jenis tanaman apa saja yang tepat digunakan untuk taman minimalis.

    [​IMG]

    Dari berbagai jenis tanaman yang rimbun ditambah dengan warna-warni bunga membuat rumah semakin tampak indah dan nyaman. Sebagai hiasan rumah, taman juga mampu memberikan kesejukan udara dan memberikan pemandangan alami.

    6 Tips Mudah Cara Membuat Taman Minimalis di Lahan Sempit

    Mendesain taman mini di rumah yang lahanya terbatas merupakan tantangan tersendiri, terlebih lagi bila anda belum berpengalaman dalam hal ini. Sebab, Anda diharuskan untuk mempunyai ide kreativ yang tinggi dalam menciptakan sebuah taman minimalis di sebuah lahan yang terbatas agar bisa memberi kesan halaman rumah yang cantik. Anda harus bisa memadukan antara imajinasi, kreativitas, dan selera taman yang Anda miliki.

    Lalu, bagaimanakah cara untu membuat taman minimalis di lahan rumah yang terbatas?

    Mengukur & Menentukan Lahan Yang Ada
    Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam membuat desain taman minimalis yakni dengan mengetahui seberapa luas area lahan yang akan digunakan sebagai taman. Hal ini memiliki pengaruh terhadap konsep ataupun tema taman serta jenis tanaman yang cocok digunakan.

    Tidak ada aturan baku mengenai di mana letak taman. Namun area yang paling pas untuk mempercantik tampilan rumah minimalis dengan taman minimalis adalah di area teras bagian depan rumah anda. Anda bisa memanfaatkan area yang berada di sudut terdepan pada halaman rumah.

    Menentukan Tema Taman Yang Pas
    Pada tahap berikutnya, selera Anda akan tema taman sangat diperlukan. Namun apabila kesulitan dalam menentukan tema yang pas untuk taman di rumah Anda,sebaiknya sesuaikan saja dengan tema keseluruhan dari rumah Anda. Misalnya saja Anda mengadopsi tema taman tropis, atau Taman bertema pulau Dewata, Bali.

    Pemilihan konsep bisa juga dipengaruhi oleh pola penempatan media tanaman. Ada dua jenis media sering digunakan, yakni dengan menanam langsung ke tanah dan melalui menggunkan perantara media tanam seperti pot plastik atau tanah liat. Agar terlihat kesan lebih luas dengan kontur landscape, penanaman langsung ke tanah yang lebih cocok dipilih. Sedangkan pemanfaatan menggunakan media tanam seperti pot akan lebih bagus fungsi dan karakternya jika taman berbentu vertikal atau bertumpuk.

    Formal atau Informal
    Dalam pelajaran ilmu mendesain sebbuah taman ukuran minimalis, terdapat dua konsep taman formal dan informal. Dari kedua konsep taman tersebut mempunyai perbedaan dalam menampilkan karakter pada sebuah taman. Terutama dalam segi pemilihan media tanam serta jenis tanaman yang sesuai.

    Untuk konsep taman minimalis yang formal, desainya lebih memperlihatkan aturan simetris yang kesanya kaku. Jenis tanaman yang sering digunakan biasanya seperti jenis palem kipas dan ditanam menggunakan media pot keramik yang berukuran besar. Sementara untuk konsep desain taman informal biasanya tidak ada tema dan lebih mementingkan tampilan sisi alami serta fungsi dari taman itu sendiri.

    Memilih Jenis Tanaman Untuk Taman Minimalis
    Untuk taman yang berada di lahan kecil sebaiknya hindari terlalu banyak menanam berbagai jenis tanaman. Alih-alih ingin menciptakan rumah minimalis yang cantik, karena terlalu banyak tanaman malah akan menyebabkan rumah terlihat semakin sumpek. Jangan lupa juga dalam pemilihan warna bunga atau daun agar terlihat seragam. Gunakan warna hijau agar kesan asri terlihat kuat. Sedangkan untuk taman ditumbuhi aneka bunga berwarna-warni berguna untuk menghadirkan kesan ceria dan semangat hidup.Untuk menciptakan warna yang harmonis, alangkah baiknya jika dalam penempatan tanaman dilakukan sesuai kelompok tanaman. Pengelompokan tersebut bisa dipilih berdasarkan dari penggunaan media tanam pot yang sama ataupun warna daun yang sama.

    Saluran drainase taman
    Diseluruh area taman tentunya lebih banyak terkena siraman air, untuk itulah penting sekali anda membangun saluran drainase yang bagus agar taman cantik Anda tidakk terlalu sering becek dan ditumbuhi lumut. Drainase yang dibuat harus terhubung pada saluran utama pembuangan air rumah dan pembuangan air komplek tempat tinggal Anda.

    Buat posisi lubang drainase yang lebih rendah dari permukaan taman guna memudahkan dalam penyerapan dan jatuhnya air. Sekarang ini banyak sekali bahan matrial serta desain untuk penutup drainase dengan model yang modern, unik, dan terlihat menarik. Salah satu matrial yang umum digunakan ialah beton ready mix. Pastikan pula saluran drainase tak tersumbat oleh benda apapun agar aliran air terus lancar.

    Cukupi Kebutuhan Sinar Matahari
    Adanya sinar matahari menjadi sebuah unsur penting untuk taman minimalis karena diperlukan dalam menjaga tanaman tetap hidup serta tidak terkena penyakit. Akan tetapi, ada beberapa jenis tanaman yang samas sekali tidak boleh terlalu banyak terkena sinar. Karena itulah dalam

    penataan lokasi taman perlu juga memperhatikan arah datangnya sinar matahari di pagi hari. Tanaman juga memerlukan ruang yang cukup untuk bernafas sepanjang hari. Oleh sebab itu ada baiknya jangan terlalu banyak memenuhi area taman Anda dengan tanaman.

    Faktor lainya yang juga tidak kalah penting dalam membuat dan mempercantik rumah dengan taman minimalis yaitu dengan rajin merawat tanaman setiap hari. Maklum saja, tanaman sebagai makhluk hidup, juga butuh makanan, nutrisi, minuman dan asupan gizi yang cukup.

    Ketika anda sudah memutuskan untuk membangun sebuah taman minimalis di rumah, artinya Anda harus sudah ssiap meluangkan sedikit waktu untuk merawat tanaman-tanaman tersebut.
     
Loading...

Share This Page