Tips dan Cara Merawat Kendaraan Saat Musim Hujan

Discussion in 'Otomotif' started by herizalmamin, Nov 20, 2015.

Tags:
  1. herizalmamin

    herizalmamin New Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Merawat motor dan mobil memang terdengar mudah dan simpel, tapi sayangnya banyak orang yang memiliki motor dan mobil terkadang acuh dengan keadaan motor atau mobilnya. Mereka akan melakukan servis jika sudah rusak atau mulai tidak nyaman untuk digunakan. Sebenarnya perawatan mobil dan motor harus dilakukan secara rutin, apalagi ketika musim hujan. Pada saat musim hujan mobil dan motor akan terlihat lebih kotor dan membutuhkan perawatan yang lebih. Apalagi udara pada saat musim hujan lembab dan bisa mempengaruhi kinerja mesin motor atau mobil.

    Cara Merawat Motor dan Mobil Saat Musim Hujan
    Merawat motor bebek dan mobil matic saat musim hujan harus dilakukan secara rutin. Perawatan yang dilakukan juga sedikit berbeda ketika merawat pada saat musim panas ataupun musim lainnya. Berikut beberapa tips bagaimana cara merawat motor juga mobil matic maupun bebek dan kopling ketika musim hujan:

    1. Cek saluran bahan bakar

    Saluran bahan bakar pada mobil dan motor harus dicek secara berkala, apalagi ketika musim hujan. Jangan sampai ada yang terbuka apalagi bocor. kebocoran pada saluran bahan bakar akan sangat berbahaya dan membahayakan pengendara.

    2. Cek penutup pada sistem elektrik

    Ketika musim hujan mobil dan motor harus selalu di cek pada bagian penutup sistem elektriknya. Ini adalah cara merawat motor dan mobil saat musim hujan, jangan sampai air hujan ataupun genangan air hujan merusak sistem elektrik kendaraan Anda dan membuat kendaraan menjadi rusak. Pastikan jika sebelum menggunakannya penutup pada sistem elektrik harus sudah tertutup dengan benar.

    3. Cuci setelah kehujanan

    Merawat motor kopling dan mobil serta motor matic hampir sama pada saat musim hujan yaitu mencucinya setelah kehujanan. Air hujan bersifat asam dan bisa merusak bagian motor dan mobil yang terbuat dari besi. Jika tidak langsung dicuci dikhawatirkan akan menyebabkan karatan pada motor dan mobil sehingga akan menjadi cepat rusak.

    4. Gunakan silikon spray secara berkala

    Menggunakan silikon spray untuk membersihkan bagian motor atau mobil yang berbahan karet terkadang tidak diperhatikan bahkan tidak dilakukan. Padahal ini sangat penting dalam merawat motor dan mobil saat musim hujan. Silikon spray ini akan membuat mobil tampak lebih bersih apalagi jika sering digunakan ketika musim hujan.

    5. Cek pelumas pada mobil

    Pelumas pada mobil dan motor harus diganti secara rutin, penggantian ini bisa dilakukan setiap satu bulan sekali. Gunakan pula pelumas yang sesuai dengan mesin motor atau mobil Anda.

    Perawatan Khusus untuk Mobil dan Motor Matic
    Untuk perawatan mobil dan motor matic dalam kesehariannya memang sedikit berbeda dengan jenis kendaraan lainnya. Merawat motor dan mobil matic harus setiap hari karena jenis kendaraan ini paling sulit untuk dirawat apalagi jika sudah rusak akan menjalar dan cukup sulit untuk diperbaiki. Berikut beberapa cara untuk melakukan perawatan pada motor dan mobil matic:

    1. Panasi mesin sebelum digunakan

    Merawat motor matic injeksi dan mobil matic yang harus sangat diperhatikan adalah melakukan pemanasan pada mesin sebelum digunakan. Mesin pada jenis kendaraan matic harus dipanaskan sebelum digunakan hal ini akan membuat kerja mesin stabil dan tidak mudah rusak. Memanaskan mesin ini bisa kurang lebih 5 menit sebelum digunakan, apalagi jika kendaraan jarang digunakan sebaiknya memanaskannya lebih lama dari 5 menit.

    2. Hindari mengubah laju secara mendadak

    Mengubah laju kendaraan secara mendadak bukan hal yang baik karena bisa membuat mesin cepat rusak. Yang lebih menakutkan lagi adalah penggunaan bahan bakar juga akan lebih boros karena sering mengubah kecepatan kendaraan secara mendadak.

    3. Jangan biarkan tangki bensin sampai kosong

    Ini dia hal yang paling penting dalam merawat motor dan mobil jenis matic yaitu jangan biarkan tangki bahan bakar kosong. Kekosongan pada tangki bahan bakar akan membuat motor menjadi cepat rusak dan mempengaruhi kinerja mesin. Usahakan selalu mengisi bahan bakar sebelum penunjuk pada speedometer menunjukkan ke huruf E. Selain itu, selalu gunakan bensin yang mempunyai kualitas bagus agar mesin menjadi awet.

    4. Periksa aki

    Cara merawat motor dan mobil matic yang terakhir adalah selalu cek aki. Aki adalah komponen paling penting dalam kendaraan matic. Pengecekan aki ini bisa dilakukan minimal satu bulan sekali, hal ini untuk memastikan apakah akinya masih berfungsi dengan baik dan daya listrik pada aki masih kuat. Aki yang sudah tidak mempunyai daya harus segera di cas ulang agar tidak mempengaruhi kinerja dari kendaraan dan semua sistem kelistrikan pada motor bisa berfungsi dengan baik.

    Sumber : Berita Otomotif
     
  2. dimengertiaja

    dimengertiaja Member

    Joined:
    May 21, 2015
    Messages:
    854
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    ohh thanks infonya ...
    mulai musim ujan ... motor di cuci ehhh kotor lagii ...
    ampe capek
     
  3. kenzie25

    kenzie25 Member

    Joined:
    Jun 1, 2015
    Messages:
    44
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    kayaknya yang paling ribet itu rawat mobil motor matic dah pas hujanw kwwkkw
    apakah benar?
     
  4. Unmetered

    Unmetered Member

    Joined:
    Nov 12, 2015
    Messages:
    485
    Likes Received:
    69
    Trophy Points:
    28
    Wow.. sebentar lagi musim penghujan, siap siap deh dan terima kasih atas tipsnya
     
  5. Muh. Wira Wijaya

    Muh. Wira Wijaya Member

    Joined:
    Oct 6, 2015
    Messages:
    677
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
    Hujan telah tiba, hore.
     
  6. yanuarfikri

    yanuarfikri Member

    Joined:
    Nov 22, 2015
    Messages:
    23
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    8
    kalau ini mah udah gue lakuin tiap hari
     
  7. Prab

    Prab New Member

    Joined:
    Nov 23, 2015
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    oya buat yang motornya suka mogok, saya ada tips lumayan buat atasinya: LINK NGAWUR
     
    Last edited by a moderator: Nov 23, 2015
  8. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,131
    Likes Received:
    2,694
    Trophy Points:
    413
    @Prab banyak tebar link ngawur yah.....
    Lebih baik jangan, Den ada RULES
     
Loading...

Share This Page