Tips Berwisata Ke Negara Musim Dingin

Discussion in 'Tourism' started by anne.thio, Oct 9, 2014.

  1. anne.thio

    anne.thio New Member

    Joined:
    Oct 9, 2014
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]

    Tidak seperti Indonesia yang pada akhir tahun memasuki musim hujan, negara-negara di belahan utara seperti China, Amerika, Eropa menyambut akhir tahun dengan musim dingin dan bersalju. Seiring majunya perkembangan dunia pariwisata sekarang ini, semakin banyak orang yang menghabiskan liburan natal dan tahun baru di luar negeri termasuk di negara-negara musim dingin. Jika Anda berencana pergi ke negara musim dingin akhir tahun ini, berikut beberapa tips pakaian yang dapat Anda gunakan untuk menjaga kehangatan suhu tubuh Anda saat berhadapan dengan hawa dingin.

    1. Stocking merupakan pelapis dasar untuk kaki dari serangkaian pakaian yang digunakan ketika musim dingin. Guna menahan dingin, gunakan stocking yang agak tebal dan jangan yang tipis. Stocking ini digunakan sebelum menggunakan thermal. Jika stocking kurang nyaman digunakan, Anda dapat menggunakan legging sebagai alternatif pengganti. Selain stocking dan legging, ada baiknya jika Anda menggunakan kaus kaki berbahan wol agar dapat menghangatkan kaki dan terhindar dari kram kaki karena kaki biasanya yang paling rentan dingin.

    2. Long Underwear atau Long John atau Thermal Underwear merupakan pakaian dalam berbahan katun murni yang wajib digunakan sebagai dasar lapisan berpakaian. Penggunaan thermal disesuaikan dengan suhu di negara tujuan seperti thermal berbahan katun biasanya digunakan jika suhu masih di atas 3 derajat celcius, thermal berbahan wol hangat biasanya digunakan jika suhu sudah mencapai minus derajat, dan ada juga thermal berbahan khusus yang dapat menahan dingin hingga minus puluhan derajat.

    3. Coat merupakan baju hangat yang digunakan di luar setelah pakaian biasa. Coat berfungsi untuk menghangatkan tubuh selama musim dingin. Sebutan untuk coat yang panjangnya hingga dibawah lutut adalah overcoat sedangkan coat yang hanya sebatas lutut atau diatasnya disebut topcoat. Baju hangat ini juga perlu disesuaikan sesuai cuaca seperti untuk melawan udara dingin saja cukup menggunakan yang berbahan wol tetapi jika ingin bermain salju maka dibutuhkan coat yang waterproof.

    4. Windbreaker merupakan jaket yang terbuat dari bahan fiber sintetis, polyester, atau nilon. Biasanya jaket ini digunakan sebagai lapisan paling luar setelah lapisan coat. Anda dapat menggunakannya jika hendak keluar rumah dengan kondisi cuaca yang dingin dan berangin karena mampu menangkal embusan angin dingin.

    5. Leher merupakan bagian yang cukup sensitif jika terkena udara dingin yang cukup ekstrem. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan syal khususnya yang terbuat dari bahan wol agar tetap dapat menghangatkan tubuh.

    6. Tak hanya ujung-ujung kaki yang rentan terhadap dingin tetapi tangan juga cukup rentan. Untuk menghindari kram akibat kedinginan, sebaiknya Anda menggunakan 2 lapis sarung tangan yaitu sarung tahan berbahan wol dilapisan pertama yang kemudian dilapisi lagi dengan sarung tangan yang waterproof.

    7. Earmuffs atau penutup telinga biasanya selalu digunakan selama musim dingin mengingat telinga cukup sensitif dengan udara dingin. Penutup telinga kini hadir dalam berbagai macam bentuk meski bahan dasarnya adalah wol sehingga Anda dapat tetap tampil trendy.

    8. Topi saat musim dingin agak sedikit berbeda dengan topi saat musim panas. Biasanya topi musim dingin terbuat dari bahan wol yang dapat menghangatkan kepala dari serangan angin dingin.

    9. Saat musim dingin, padanan yang paling tepat untuk menghangatkan kaki setelah kaus kaki adalah sepatu boots yang panjangnya kira-kira hingga setengah betis. Tak harus boots dengan sentuhan wol, boots berbahan kulit juga cukup untuk menjaga kehangatan kaki. Jangan lupa, jika Anda membeli sepatu boots sebaiknya ukurannya lebih besar kurang lebih satu nomor sebagai antisipasi kaus kaki yang tebal.

    Semoga bermanfaat.. :)
     
    Last edited: Oct 10, 2014
  2. berhotel

    berhotel Member

    Joined:
    Sep 17, 2014
    Messages:
    130
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Sungguh tips yang cukup lengkap nih.. just info, sekarang lagi banyak ditawarkan long john yang terbuat dari karet sintetis yang lebih hangat..
     
  3. anne.thio

    anne.thio New Member

    Joined:
    Oct 9, 2014
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    wah tambahan info yang bagus ni, long john dari karet sintetis bisa tahan suhu sampai minus berapa kira"?
     
  4. AhmadWafa

    AhmadWafa Member

    Joined:
    Oct 2, 2013
    Messages:
    848
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Tipsnya bagus, kok gak ada saran buat bawa Oven aja gitu ya kalau kedinginan masuk Oven *jail*
     
  5. Grant Verleend

    Grant Verleend Active Member

    Joined:
    Sep 10, 2014
    Messages:
    1,234
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Wah mantip tipsnya bisa di manfaatkan nie
     
  6. Silmi Alimatul

    Silmi Alimatul Member

    Joined:
    Apr 14, 2018
    Messages:
    409
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Wah bagus nih informasinya mana tahu nanti bisa liburan ke luar negeri pas musim dingin
     
  7. Andi Saputra

    Andi Saputra New Member

    Joined:
    Aug 29, 2018
    Messages:
    19
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Haha, colok kabel ovennya lewat idung gitu ya?
     
  8. Dewifarhanah

    Dewifarhanah Member

    Joined:
    Oct 2, 2018
    Messages:
    293
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    Terimakasih ini informasi yang sangat bagus, mana tahu nanti saya liburan ke luar negri pas musim dingin hehe
     
Loading...

Share This Page