Dalam berbisnis apapun usaha atau industrinya, pasti ada yang namanya kompetitor. Persaingan bisnis merupakan hal yang sangat wajar. Apalagi saat ini orang bisa memulai bisnis lewat berbagai platform mulai dari toko fisik, marketplace, website, media sosial, dan sebagainya. Hal ini membuat jumlah kompetitor bertambah dan persaingan semakin ketat. Di satu sisi, persaingan adalah hal yang bagus karena mendorong kita untuk terus berinovasi dan berkembang. Namun, persaingan juga bisa begitu mengintimidasi. Apalagi jika pesaing Anda adalah bisnis yang lebih besar. Sebagai pebisnis, penting bagi Anda untuk bisa mempertahankan posisi dan jadi lebih unggul dari kompetitor. Berikut beberapa cara menyusun strategi bersaing supaya bisnis Anda bisa unggul dari kompetitor. Kenali Kompetitor Kalau Anda tidak tahu siapa kompetitor bisnis Anda, bagaimana Anda bisa bersaing dengan mereka? Maka itu, pertama Anda harus mencari tahu dulu siapa kompetitor bisnis Anda, baik dari industri, target pasar, maupun model bisnis. Cari tahu apa kelebihan dan kelemahan mereka. Analisis strategi yang mereka jalankan. Bagaimana mereka berkomunikasi dengan konsumen dan memasarkan produk mereka? Keunggulan apa yang mereka tawarkan? Dengan melakukan ini, Anda bisa mencari celah dan peluang untuk bersaing. Kenali Konsumen Yang juga tak kalah penting adalah untuk mengenal siapa target konsumen Anda secara mendetail. Apa masalah yang mereka hadapi? Bagaimana kebiasaan berbelanja mereka? Anda bisa melakukan riset sederhana seperti lewat survei untuk mengenal konsumen lebih lanjut. Apalagi setelah pandemi, perilaku konsumen kemungkinan besar ikut berubah. Cari tahu apa yang menjadi prioritas mereka. Apakah harga yang terjangkau atau mereka lebih berfokus pada kualitas yang premium? Dari sana, Anda jadi bisa menyusun strategi yang tepat mulai dari strategi pemasaran hingga strategi pengembangan produk. Tunjukkan Diferensiasi Salah satu strategi bersaing yang paling mudah adalah dengan menunjukkan keunggulan produk Anda. Alih-alih menyerang kelemahan kompetitor, sebaiknya Anda lebih menunjukkan keunggulan dan nilai jual dari bisnis Anda yang tidak dimiliki oleh pesaing. Cari tahu apa yang membuat bisnis Anda berbeda dari kompetitor. Misalnya, jika Anda menjual makanan Anda bisa bilang bahan yang digunakan merupakan bahan-bahan organik. Jika Anda menjual sepatu kulit, Anda bisa bilang bahwa kulit yang Anda gunakan merupakan kulit berkualitas premium. Tonjolkan keunggulan tersebut dalam strategi pemasaran sehingga target konsumen lebih memilih untuk membeli produk Anda dibanding produk kompetitor. Memperkuat Brand Memiliki brand yang solid dan konsisten juga penting supaya bisnis Anda dikenal dan diingat oleh konsumen. Anda bisa mulai dari elemen-elemen dasar seperti logo, warna, dan gaya komunikasi dari bisnis Anda. Citra dan seperti apa yang ingin Anda bangun? Misalnya jika Anda menjual produk kecantikan, Anda bisa menggunakan warna-warna yang lebih soft dan gaya bahasa yang lembut, dengan menekankan pesan akan pentingnya kesehatan kulit wajah. Jika Anda menjual tanaman, gunakan warna-warna natural seperti hijau dan coklat. Anda juga bisa mengkomunikasikan pesan bahwa brand Anda peduli terhadap lingkungan. Dengan mempunyai pesan yang jelas, konsumen jadi bisa lebih dekat dengan bisnis Anda. Memberikan Pelayanan Terbaik Terakhir, berikan pelayanan pelanggan yang terbaik. Jika Anda bisa membuat konsumen puas dengan pelayanan yang diberikan, mereka pun tidak akan ragu untuk kembali membeli produk yang dijual dan merekomendasikannya ke orang lain. Sebaliknya, jika pelayanan tidak memuaskan, pelanggan bisa kabur. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan bersaing dengan kompetitor adalah dengan memastikan pengiriman tepat waktu. Jika konsumen bisa menerima barang yang mereka pesan dengan lebih cepat, mereka pun akan lebih senang berbelanja dengan Anda. Namun di saat pengiriman sedang banyak dan Anda juga sedang sibuk, menjamin kualitas pengiriman bisa begitu merepotkan. Maka itu, pastikan Anda menggunakan jasa pengiriman barang yang berkualitas sehingga Anda dapat kirim barang dan paket dengan aman dan menjaga tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan. Sumber: 9 Strategi Bersaing Agar Bisnismu Unggul dari Kompetitor Triana A., Jul 20, 2020 #1 semutaspal Member Joined: May 3, 2020 Messages: 126 Likes Received: 11 Trophy Points: 18 Menciptakan kesan diferensiasi ini sangat sulit sepertinya... Perlu jam terbang yang lama dan pengetahuan yang dalam di suatu produk semutaspal, Jul 20, 2020 #2 (You must log in or sign up to reply here.) Show Ignored Content Loading... Similar Threads - Tips Bersaing Agar Tips Mencari Jasa SEO Medan creo, Jan 10, 2023, in forum: General Business Replies: 1 Views: 462 blackking Jan 12, 2023 Kelebihan dan Kekurangan Atap Onduline dan Tips Memasangnya buatwebsite, Dec 22, 2022, in forum: General Business Replies: 1 Views: 597 KangAndre Dec 23, 2022 Tips Memilih Sofa Berdasarkan Bentuk dan Komponennya buatwebsite, Nov 15, 2022, in forum: General Business Replies: 2 Views: 460 Om Toni Nov 17, 2022 5 Tips Memilih Jasa Ekspor Indonesia Terbaik dan Terpercaya creo, Nov 3, 2022, in forum: General Business Replies: 2 Views: 587 Om Toni Nov 6, 2022 Tips Menentukan Jasa Travel Yang Tepat Dan Terpercaya RyanNDI, Oct 10, 2022, in forum: General Business Replies: 2 Views: 863 Erwinsiperetas Oct 13, 2022 Share This Page Tweet Log in with Facebook Log in with Twitter Your name or email address: Do you already have an account? No, create an account now. Yes, my password is: Forgot your password? Stay logged in
Menciptakan kesan diferensiasi ini sangat sulit sepertinya... Perlu jam terbang yang lama dan pengetahuan yang dalam di suatu produk