Tips Ampuh Ketika HP Jatuh ke Air

Discussion in 'Smartphone & Mobile Technologies' started by Meylisarahman, Nov 3, 2017.

  1. Meylisarahman

    Meylisarahman New Member

    Joined:
    Aug 10, 2017
    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    HP jatuh ke dalam air, ini tentu hal yang tidak diinginkan. Tips Ketika HP jatuh ke air ini tentunya tepat untuk Anda yang saat ini sedang bingung bagaimana cara mengatasi HP yang jatuh ke dalam air. Apabila kondisi seperti ini terjadi pada Anda, sebaiknya tidak perlu panik, hanya perlu mengikuti beberapa langkah tepat, agar ponsel kesayangan Anda ini selamat.

    [​IMG]

    Tips Ketika HP jatuh ke dalam air

    Ada sekitar 6 langkah yang dapat Anda lakukan sebagai cara mengatasi HP yang masuk ke dalam air, antara lain :

    1. Apabila ponsel Anda mati, maka jangan pernah menyalakan ponsel tersbeut, atau bahkan jangan digunakan sama sekali.

    2. Namun apabila ponsel Anda masih menyala, sebaiknya jangan menyentuh atau menekan tombol apapun.

    3. Ponsel Anda juga sebaiknya jangan digoyang, ditekan atau bahkan dibenturkan dalam rangka mengeluarkan air yang ada. Karena hal ini akan semakin memperparah kerusakan pada ponsel tersebut.

    4. Apabila ponsel Anda positif terkena air, jangan pernah membuka bagian dalam atau membongkar bagian dalam ponsel tersebut. Karena secara tidak langsung hal ini akan menghanguskan garansi dari ponsel tersebut, terutama jika garansinya masih ada. Ada baiknya jika Anda membongkar ponsel tersebut di customer service dari ponsel tersebut.

    5. Ketika ponsel dalam kondisi basah, sebaiknya jarang ditiup dengan mengguakan angin yang cukup besar, seperti hair dryer. Penggunaan alat ini bukan membuat ponsel menjadi kering, namun justru hal ini akan mendorong air masuk ke bagian yang lebih dalam ponsel tersebut.

    6. Selain menggunakan hair dryer, Anda sebaiknya juga tidak mengeringkannya dengan menggunakan microwave, atau bahkan memasukkanke dalam freezer, karena hal ini akan semakin merusak ponsel.

    Cara menyelamatkan ponsel yang terkena air

    Lalu bagaimana cara menyelamatkan ponsel yang jatuh ke dalam air tersebut. Sebenarnya tidak sulit, banyak baca-baca referensi smartphone. jika Anda menjalankan beberapa langkah berikut ini, antara lain :

    1. Apabila ponsel yang Anda miliki masih dalam kondisi menyala, sebaiknya segera nonaktifkan, dan simpan dalam posisi seperti biasa, misalnya dalam posisi berdiri.

    2. Langkah kedua adalah keluarkan 1 per satu perlengkapan ponsel, seperti kartu SIM, Micro SD, baterai dari dalam ponsel.

    3.. Anda juga sebaiknya melepas casing pelindung dari ponsel tersebut.

    4. Berikutnya ambil handuk kecil, atau juga lap kering, kemudian lap secara perlahan semua perlengkapn ponsel tersebut, hingga kering.

    5. Apabila ponsel Anda terjatuh atau terendam ke dalam air cukup lama, tidak ada salahnya jika menggunakan alat penyedot debu atau vacuum cleaner untuk menghisap air yang berada di bagian tidak terjangkau.

    6. Setelah selesai, ambil kantung atau mangkuk, isi dengan beras, masukkan ponsel ke dalamnya, lalu rendam, hingga seluruh permukaan ponsel tertutupi. Beras ternyata mampu menyerap berbagai macam cairan yang ada di dalam ponsel.

    7. Lama proses menyimpan ponsel di dalam mangkuk atau plasik berisi beras ini dapat dilakukan selama 1 atau bahkan 2 hari. Hal ini tergantung dari seberapa parah kondisi ponsel ketika terkena air. Setelah menunggu sekitar 1 atu 2 hari, berikutnya pasang seluruh perlengkapan ponsel, dan coba nyalakan. Cek berbagai fungsi dari ponsel tersebut, apakah semuanya berjalan dengan baik atau tidak.

    8. Apabila ponsel masih belum juga menyala, tidak ada salahnya jika mengecek baterai ponsel, siapa tahu, baterainya sudah habis, isi ulang, atau mungkin Anda dapat menggantinya dengan baterai yang baru. Apabila masih belum menyala, sebaiknya konsultasikan hal ini dengan teknisi dari penyedia ponsel tersebut.

    9. Tips Ketika HP jatuh ke air yang terakhir ketika ponsel tersebut sudah menyala kembali, cek secara mendetail, dan cek secara berkala tenang berbagai macam fitur, pastikan tidak ada yang mengalami kenehan tertentu.

    Saya tunggu tanggapannya ya :) Tulisan ini berdasarkan pengalaman saya sendiri.
     
  2. desi prameswari

    desi prameswari New Member

    Joined:
    Nov 4, 2017
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    wah keren nih tips ny patut di coba
     
  3. AyuRahmawati

    AyuRahmawati Member

    Joined:
    Nov 2, 2017
    Messages:
    44
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Intinya jangan panik dulu ya, langsung lepaskan element" nya agar jangan dihidupkan dulu, kalau tdk ada hairdrayer, sinar matahari juga udah cukup
     
  4. Meylisarahman

    Meylisarahman New Member

    Joined:
    Aug 10, 2017
    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Bookmark mas :D biar gak ilang *saya gak doa hpnya jatuh ke air ya hihih
     
  5. Meylisarahman

    Meylisarahman New Member

    Joined:
    Aug 10, 2017
    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Yapsss benar sekali ayuu, kabanyakan yang panik itu justru bikin hpnya rusak. Masih kena air malah di idupin
     
  6. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,587
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    Biasanya kalau beli sepatu dapat silica gel, jgn dibuang.
    Kalah hp tercebur setelah dikeringkan sebaiknya jangan dulu dipakai, masukan ke dalam plastik bersama dengan silica gel buat menyerap sisa2 air di dalam hp.
     
  7. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    487
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Wah, ini sih pengalaman ane banget, tapi bedanya, hape ane bukan kecebur di air, tapi ke guyur hujan pas pulang kuliah dan apesnya, bentar lagi mau sampe rumah.. Jadi, alhasil, ane copot baterai, sim, micro SD, dan tutup baterai hape guna menunggu semua bagian dalam hape benar-benar kering dan siap untuk digunakan kembali.
     
  8. Kurniawati

    Kurniawati Member

    Joined:
    Nov 10, 2017
    Messages:
    49
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Bener tuh, intinya jangan panik, langsung cabut baterai dan lap usahakan keringkan benar" kering jangan dulu coba" menyalakan bisa koslet
     
  9. Gibraners

    Gibraners Member

    Joined:
    Mar 28, 2017
    Messages:
    127
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    thanks gan buat informasinya yang bermanfaat buat atasi hp yang masuk ke air,,,,
     
Loading...

Share This Page