Tingkatkan Penjualan Online Lewat Bahasa Marketing

Discussion in 'Online Business' started by bintaroweb, Feb 8, 2016.

  1. bintaroweb

    bintaroweb Member

    Joined:
    Jan 31, 2016
    Messages:
    148
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    bahasa marketing.jpg

    Memasarkan produk di dunia maya dapat dibilang gampang-gampang sulit. Dikatakan gampang sebab melalui internet kita dapat memasarkan produk alias jasa sampai beberapa belahan dunia hanya dari suatu layar komputer ataupun produk gadget. Tetapi, yang menjadikannya sulit sebab sebagai penjual kita hanya dapat menggunakan tulisan, gambar, ataupun video untuk meyakinkan calon konsumen.

    Disitulah peran kita sebagai pebisnis online sangat diperlukan. Sebab, tanpa kata-kata ajaib yang ditampilkan pebisnis online pada setiap iklannya di dunia maya, mustahil bila calon konsumen dapat terbujuk untuk membeli tanpa melihat langsung produk alias jasa yang ditawarkan melewati dunia maya. Diperlukan skill khusus dan pemilihan bahasa marketing yang cocok untuk dapat meyakinkan calon pelanggan di bisnis toko online. Simak beberapa kata ajaib yang harus dipakai pebisnis online dalam memilih bahasa marketing di pasar digital.

    1. Di urutan nomor satu ada kata Kamu (You) yang menjadi salah satu kata ajaib untuk hebat calon konsumen di bisnis toko online. Dengan memakai kata Kamu alias You, dengan cara tidak langsung para pebisnis online mengundang calon konsumen untuk berinteraksi dengan cara personal jadi psikologi calon konsumen mulai terpengaruh untuk membangun hubungan baik dengan Anda. Tidaklah heran bila kata Kamu alias You tidak jarang dipakai para pebisnis toko online untuk menyapa konsumennya baik melewati email ataupun di konten situs toko online yang dimiliki.

    2. Merupakan kata New (baru). Tidak dapat dipungkiri bila kata New semacam pada new arrival, new technology, new design,ataupun new flavors lumayan ampuh untuk memperngaruhi calon konsumen untuk melakukan pembelian. Bahkan tidak jarang sesuatu yang baru dapat mendorong rasa penasaran calon konsumen. Walau kenyataannya produk baru tersebut tidak sedikit mempunyai perbedaan dengan produk sebelumnya, tetapi bahasa marketing yang satu ini lumayan berhasil mempengaruhi psikologi konsumen jadi penjualan online Kamu pun ikut meningkat setiap bulannya.

    3. Yaitu kata Gratis (Free). Hampir semua orang pasti menyukai sesuatu yang gratisan. Kata ajaib yang satu ini bahkan sanggup mempengaruhi emosional calon konsumen, jadi mereka tidak berpikir panjang untuk melakukan pembelian meskipun produk gratis tersebut baru dapat didapatkan dengan memenuhi persyaratan tertentu. Contohnya saja semacam gratis ongkos kirim bagi konsumen yang melalukan pembelian di atas angka Rp 100.000,00 dalam sekali transaksi.

    4. Merupakan kata Aman (Safe). Untuk beberapa produk semacam makanan, minuman, ataupun produk obat herbal, pasti setiap konsumen mengharapkan produk-produk yang aman bagi kesehatan mereka. Tetapi supaya tidak membodohi calon konsumen Anda, pastikan bahwa produk-produk yang Kamu pasarkan sangatlah terjamin 100% aman. Bila butuh Kamu melakukan riset khusus untuk mengenal seberapa jauh keamanan produk Kamu bagi calon konsumen. Bila ada catatan khusus dari hasil riset yang Kamu lakukan, maka cantumkan hasil riset tersebut pada konten iklan yang Kamu buat. Contohnya saja bila Kamu membuka bisnis toko online herbal maka dapat memakai bahasa iklan semacam "Sari Kurma merek X aman bagi bunda hamil dan menyusui". Dengan begitu calon konsumen terutama bunda hamil dan menyusui tidak ragu lagi untuk membeli produk tersebut.

    5. Gunakan kata Garansi (Guarantee). Bagi sebagian konsumen yang belum begitu yakin untuk melakukan transaksi pembelian online, kata garansi alias guarantee menjadi salah satu janji yang dapat menghapus keraguan tersebut. Biasanya keraguan konsumen timbul sebab adanya ketakutan-ketakutan bakal suatu resiko, umpama saja semacam takut rusak, takut produk yang dibeli tidak sesuai dengan gambarnya di dunia maya, takut barang yang dipesan tidak dikirimkan, dan lain sebagainya. Sebab itu dengan menjamin resiko-resiko yang mereka takuti, tidak menutup kemungkinan bila keyakinan konsumen mulai tersadar jadi turut menambah penjualan online di toko Anda. (bisnisukm)

    Seperti yang diungkapkan oleh Yoris Sebastian di dalam bukunya 5W1H, "Kita berada di era dimana yang kita jual adalah cerita bukan sekedar produk"
     
    Last edited: Feb 8, 2016
  2. pemburukuis

    pemburukuis New Member

    Joined:
    Feb 7, 2016
    Messages:
    9
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Jadi tahu nih bahasa marketing yang maknyuussss
     
  3. aa online

    aa online Member

    Joined:
    Oct 10, 2015
    Messages:
    606
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    Google+:
  4. wrep17

    wrep17 Well-Known Member

    Joined:
    Sep 26, 2015
    Messages:
    1,326
    Likes Received:
    246
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Sayang untuk jualan pulsa dan paket internet secara online masih agak susah karena rata2 belum pada punya peypal :D
     
  5. Yovi

    Yovi Member

    Joined:
    Feb 28, 2015
    Messages:
    79
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
  6. bintaroweb

    bintaroweb Member

    Joined:
    Jan 31, 2016
    Messages:
    148
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    Iya salam kenal semua, semoga semakin semangat bisnis dan usahanya demi mengentaskan pengangguran yang semakin merajalela :)
     
  7. Wawan Tamaram

    Wawan Tamaram Member

    Joined:
    May 28, 2015
    Messages:
    47
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    8
    Untuk yang nomor satu saya lebih suka menggunakan kata Bapak/Ibu + namanya.. *bagus*
     
  8. yungga19

    yungga19 Active Member

    Joined:
    Nov 28, 2015
    Messages:
    1,461
    Likes Received:
    86
    Trophy Points:
    48
    Wah banyak istilah yang baru ane dengar nih
     
  9. aloy

    aloy Member

    Joined:
    May 1, 2015
    Messages:
    41
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    gak kepikiran selama ini sama kata-kata itu..... apalagi kata "KAMU" mantap gan inspiratif......
     
  10. slamet

    slamet New Member

    Joined:
    Oct 23, 2016
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
  11. slamet

    slamet New Member

    Joined:
    Oct 23, 2016
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
  12. Putri Kumala

    Putri Kumala New Member

    Joined:
    Oct 26, 2016
    Messages:
    4
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Ada banyak cara untuk meningkatkan penjualan kita, salah satunya adalah pakai teknik yang membuat pembaca akan tergiur dan tertarik dengan tulisan atau tawaran kita. Dan kata2 diatas sudah cukup mewakilinya.
    Sekarang saatnya praktekin ilmunya.
     
Loading...

Share This Page