Tempat Wisata Alam Sanghyang Heuleut – Tempatnya Para Bidadari Mandi!

Discussion in 'Tourism' started by Tiani Salam, Oct 29, 2015.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Tiani Salam

    Tiani Salam Member

    Joined:
    Sep 22, 2015
    Messages:
    86
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Tempat Wisata Alam | Foto : cisitu9(dot)wordpress(dot)com
    Sudah bukan rahasia lagi jika Bandung menyimpan berbagai tempat wisata alam yang sangat mengagumkan. Di tanah Bandung, berbagai keindahan alam tersebar di berbagai tempat. Tidak hanya di kawasan dataran tinggi, keindahan alam di Bandung juga terlihat di kawasan-kawasan yang dapat dikatakan tersembunyi.

    Setelah heboh dengan kehadiran Stone Garden dan Tebing Keraton yang berhasil menarik seluruh perhatian wisatawan di Indonesia bahkan luar negeri, Bandung kini dihebohkan dengan adanya tempat wisata yang tidak kalah menghebohkan juga. Masih berlokasi di kawasan Stone Garden, yaitu Padalarang, tempat wisata ini menghadirkan nuansa alam menarik dan sayang untuk dilewatkan. Ya, tempat wisata bernama Sanghyang Heuleut ini merupakan tempat wisata di Bandung yang menghadirkan nuansa alam berbeda dan masih sangat alami.

    Lokasinya yang tersembunyi membuat tempat wisata yang satu ini masih terjaga keasrian alamnya. Bahkan, untuk bisa mendatangi kawasan tersebut pengunjung diharuskan menempuh jarak yang tidak dekat dan perjalanan yang tidak mulus.

    Sanghyang Heuleut
    [​IMG]
    Sanghyang Heuleut | Foto : ink361(dot)com
    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Sanghyang Heuleut merupakan tempat wisata alam yang saat ini banyak diincar oleh kalangan wisatawan. Sanghyang Heuleut sendiri merupakan sebuah danau kecil yang dikelilingi oleh kawasan berbatuan yang berbukit. Inilah yang menyebabkan kawasan wisata alam ini seakan tersembunyi dari masyarakat luar.

    Menurut mitos, danau kecil di kawasan Bandung Barat ini merupakan tempat mandinya bidadari yang turun dari Kahyangan. Ya, seperti yang umumnya terjadi di berbagai tempat indah nan eksotis seringkali dihubungkan dengan mitos-mitos zaman dahulu, termasuk juga Sanghyang Heuleut ini.

    [​IMG]
    Danau Sanghyang Heuleut | Foto : rjsyahrulloh(dot)blogspot(dot)com
    Sama seperti arti nama Sanghyang Heuleut itu sendiri, masih belum jelas apa makna dibalik nama danau kecil tersebut. Namun, jika diartikan per kata, Sanghyang ini memiliki arti sebagai tempat yang suci, sedangkan Heuleut berarti selang antara dua waktu. Jika dikaitkan dengan mitos yang beredar, Sanghyang Heuleut ini merupakan tempat suci yang dikunjungi oleh para bidadari dari Kahyangan yang memiliki perbedaan waktu antara dunia magis dan dunia nyata, yaitu dunia manusia.

    Terlepas dari itu, kebenaran hal tersebut tentunya masih belum bisa dipastikan. Terlebih lagi, tempat wisata alam yang berada di kawasan Bendungan Saguling tersebut saat ini menjadi tujuan wisata baru yang menyenangkan bagi kalangan wisatawan.

    [​IMG]
    Alam Di Sekitar Sanghyang Heuleut | Foto : www(dot)infobdg(dot)com
    Pada awalnya, tidak banyak orang yang tahu danau Sanghyang Heuleut. Lokasinya yang tersembunyi dan berada di ujung sungai yang menjadi aliran air di Bendungan Saguling, seakan menjadi penghalang untuk mengenalkannya kepada orang-orang banyak. Tempatnya yang juga dianggap keramat oleh warga sekitar membuat Sanghyang Heuleut ini tidak terjamah oleh banyak orang. Hal inilah yang membuat siapa saja enggan melihat bagaimana kondisi dari danau kecil di tengah hutan dan perbukitan bebatuan tersebut.

    Jika melihat kondisi alam sekitarnya, Sanghyang Heuleut ini layaknya sebuah mangkuk berisi air yang sekelilingnya ditutupi oleh bebatuan yang tinggi menjulang. Selain kondisi air yang jernih berwarna kehijauan, di lokasi Sanghyang Heuleut ini juga terdapat sebuah air terjun berukuran kecil sebagai sumber air yang mengaliri danau indah tersebut.

    [​IMG]
    Bebatuan Di Sekeliling Sanghyang Heuleut | Foto : rjsyahrulloh(dot)blogspot(dot)com
    Keindahan Sanghyang Heuleut ini tidak hanya sebatas pada danau yang dikelilingi oleh tebing bebatuan yang seakan melindungi danau tersebut dari dunia luar. Keindahan Sanghyang Heuleut juga dilengkapi dengan adanya tatanan pepohonan rimbun yang memberi keteduhan sekaligus melukiskan keindahan danau. Bahkan, air terjun yang menjadi sumber pengairan danau tersebut juga mempercantik lukisan Tuhan di kawasan alam Bandung tersebut.

    Sanghyang Heuleut dan Danau Purba
    [​IMG]
    Aliran Sungai Citarum | Foto : info10000(dot)blogspot(dot)com
    Jika sebelumnya sudah dijelaskan mengenai keindahan dan kecantikan Sanghyang Heuleut. Saat ini penulis akan mengantarkan untuk mengetahui seperti apa Sanghyang Heueluet ini dulunya berasal. Seperti yang sudah diketahui, Sanghyang Heuleut merupakan sebuah danau yang mengalirkan arus Sungai Citarum Purba. Dalam tatanan danau purba di Bandung, Sanghyang Heuleut ini masih dalam satu kawasan dengan tempat yang bernama Sanghyang Tikoro dan Sanghyang Poek.

    Melihat dari karakteristik kawasan danau tersebut, dapat disimpulkan bahwa Sanghyang Heuleut merupakan sebuah danau purba. Hal ini terbukti dengan adanya perbukitan yang membentuk perbatuan khas dari hasil letusan Gunung Api Purba, yang dikenal dengan sebutan Gunung Sunda. Mengapa danau ini masih terjaga dan terlindungi hingga saat ini? Hal tersebut diakibatkan oleh adanya Bendungan Saguling yang kini menjadi sumber air di Danau Sanghyang Heuleut.

    Lokasi Sanghyang Heuleut
    [​IMG]
    Lokasi Sanghyang Heuleut | Foto : photo(dot)navi-pon(dot)com
    Mengetahui keindahan dan juga kecantikan dari Danau Sanghyang Heuleut, tentu siapa saja tertarik untuk mengunjungi “Surga Tersembunyi Di Bandung” tersebut. Meskipun “tersembunyi” nyatanya Sanghyang Heuleut ini bisa diakses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Patokan yang bisa memudahkan pengunjung untuk bisa menemukan lokasi tersebut adalah PLTA Saguling. Dari gapura utama PLTA Saguling menuju danau cantik tersebut berjarak sekitar 5 kilometer.

    [​IMG]
    Aliran Air dari Sungai Sanghyang Poek | Foto : www(dot)infobdg(dot)com
    Jika pengunjung menggunakan kendaraan, dari lokasi PLTA Saguling yang terdapat pipa raksasa pengunjung bisa melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Dari lokasi tersebut, pengunjung akan melewati aliran sungai dan berjalan ke arah hutan. Sekitar 1 kilometer dari perjalanan, pengunjung akan menemukan sebuah gunung kecil yang didalamnya terdapat Gua Sanghyang Poek. Dari Sanghyang Poek, perjalanan menuju danau cantik Sanghyang Heuleut masih harus dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 2 kilometer melawan arus sungai. Tepatnya, lokasi Sanghyang Heuleut ini berada di ujung Sungai Sanghyang Poek.

    [​IMG]
    Danau Cantik Sanghyang Heuleut Bandung | Foto : www(dot)bandungrockcity(dot)blogspot(dot)co(dot)id
    Jika berangkat dari Kota Bandung, lokasi Sanghyang Heuleut ini bisa ditempuh melalui rute Kota Cimahi – Padalarang (hingga melewati pusat oleh-oleh Roti Unyil dan pusat oleh-oleh khas Priangan di pinggir Jalan) – Raja Mandala – Pintu Gerbang PLTA Saguling.

    Hingga saat ini, pengunjung bisa secara bebas menikmati keindahan alam di sekitar tempat wisata alam di Bandung tersebut tanpa dipungut biaya. Hanya diperlukan biaya parkir jika pengunjung membawa kendaraan pribadi yang bisa diparkir di pusat informasi PLTA Saguling.

    Tunggu apalagi? Ayo segera kunjungi tempat wisata alam di Bandung yang fenomenal ini.

    [embedyt]

    Sumber
     
  2. LASTU FLORA

    LASTU FLORA Super Level

    Joined:
    May 29, 2014
    Messages:
    2,088
    Likes Received:
    255
    Trophy Points:
    83
    Baru denger ada objek wisata ini padahal pernah ke waduk saguling menyusuri cililin , cijenuk dan batu jajar...
     
  3. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,773
    Likes Received:
    123
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    ngeliat judulnya, mungkin kalau ane mandi disana tiba tiba ditemenin bidadari deh :D
     
  4. LASTU FLORA

    LASTU FLORA Super Level

    Joined:
    May 29, 2014
    Messages:
    2,088
    Likes Received:
    255
    Trophy Points:
    83
    Gak mungkin*peringatan*....mimpiiii kali...hahahah*head*
     
  5. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,773
    Likes Received:
    123
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    iklan axe aja bisa, masa gabisa :D
     
  6. ziuma

    ziuma Well-Known Member

    Joined:
    May 23, 2014
    Messages:
    1,511
    Likes Received:
    227
    Trophy Points:
    63
    indah sekali pemandangannya
    ini sungai atau danau?

    dari gambarnya lebih mendekati sungai
    *bagus*
     
    Last edited: Oct 29, 2015
  7. Tiani Salam

    Tiani Salam Member

    Joined:
    Sep 22, 2015
    Messages:
    86
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Nahiya Kang, emang tersembunyi tempatnya
     
  8. Tiani Salam

    Tiani Salam Member

    Joined:
    Sep 22, 2015
    Messages:
    86
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    haha, masih mending ditemenin bidadari. Lah kalo dikira bidadari terus selendangnya diumpetin gimana coba? :p
     
  9. Tiani Salam

    Tiani Salam Member

    Joined:
    Sep 22, 2015
    Messages:
    86
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8

    Ini danau kecil sih yang ngalirinnya sungai gtu [HASHTAG]#egimanasih[/HASHTAG] hehehhe pokonya gtu deh Kang
     
  10. Tiani Salam

    Tiani Salam Member

    Joined:
    Sep 22, 2015
    Messages:
    86
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8

    Ini danau kecil sih yang ngalirinnya sungai gtu [HASHTAG]#egimanasih[/HASHTAG] hehehhe pokonya gtu deh Kang
     
  11. Kalo cowok yg mandi, bukan bidadari dong :D
     
  12. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,132
    Likes Received:
    2,694
    Trophy Points:
    413
    kalau cowok bidadara :D
     
  13. nelson sitompul

    nelson sitompul Super Level

    Joined:
    May 3, 2014
    Messages:
    2,292
    Likes Received:
    398
    Trophy Points:
    83
    Hmmm.. wisata yang seperti ini yang saya suka.. tapi sayangnya belum kesampaian.. pengen banget ke danau Sanghyang, tapi gak ada guide euy..
     
  14. fidatidung

    fidatidung New Member

    Joined:
    Apr 3, 2013
    Messages:
    20
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Baru denger nama danau sanghyang, maklum dilaut aja :)
     
  15. insigne

    insigne New Member

    Joined:
    Jan 19, 2016
    Messages:
    15
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Bidadari ternyata mandi juga ya? :p kirain tanpa mandi mereka udah cantik aja
     
  16. Fatahillah

    Fatahillah Member

    Joined:
    Jun 27, 2014
    Messages:
    463
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Arah nya beda den... posisi nya searah dengan turbin PLTA saguling...
     
  17. zahraalina

    zahraalina New Member

    Joined:
    Sep 26, 2015
    Messages:
    38
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    kapan ya bisa berwisata alam?
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page