Teknologi Baru yang Disematkan pada Motor Balap MotoGP

Discussion in 'Otomotif' started by bimo dimas, Mar 10, 2021.

  1. bimo dimas

    bimo dimas Member

    Joined:
    Oct 26, 2020
    Messages:
    227
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Merahputih.com - Menghadapi musim balap MotoGP 2021, tim-tim yang ada sudah menjajal sepeda motor barunya. Motor-motor ini sudah digarap sejak musim balap tahun lalu dengan data-data selama balapan.

    Pada musim balap tahun ini produsen sepeda motor yang ikut balapan berlomba-lomba memperbaiki performa tunggangan pada pebalapnya. Semua sangat optimis dapat melibas rivalnya. Laman MototGP mengungkap, pada uji coba di Qatar menjelang balapan terungkap teknologi-teknologi baru pada sepeda motor yang akan berlaga.

    Ducati

    Dalam beberapa tahun ini Ducati dikenal selalu menghadirkan inovasi pada motor-motor balap mereka. Pada motor yang dipakai untuk musim balapan tahun ini, mereka mengubah sama sekali bagian depan. Tampaknya seperti winglet dengan tampilan yang berbeda. Pengamat dan penggila balapan motor ini hanya dapat menduga-duga fungsi alat itu. Bisa jadi untuk lebih mengatur aliran angin agar lebih maksimal mencapai kecepatan maksimal dan menjaga kestabilan ketika masuk ke tikungan. Agaknya Ducati ingin memperlihatkan kekuatan mereka pada MotoGP 2021 ini. Agaknya yang dibuat Ducati juga dipikirkan beberapa produsen lainnya, seperti Aprilia, KTM, Honda dan Suzuki.

    Aprilia

    Aprilia yang turun dengan RS-GP yang sama sekali baru. Sepeda motor asal Italia ini hadir dengan mesin, sasis, design aero, knalpot dan ‘salad box’ yang memiliki teknologi baru, berbeda dengan musim balap tahun lalu. Aprilia juga memakai swingarm berbahan karbon. Sekedar info saja, hanya motor Suzuki saja yang tidak memakai bahan karbon pada swingarmnya.

    KTM

    Dani Pedrosa yang menjadi penguji sepeda motor asal Austria ini mengungkapkan kepuasaannya pada desain tempat duduk yang anyar. Sementara rider yang lainnya menguji fairing baru yang terkesan lebih langsing di bagian atas dan beberapa tonjolan seperti gigi ikan hiu.

    Honda

    Mungkin hanya Honda yang terkesan memiliki lebih banyak uang ketimbang pabrikan lainnya. Mereka menguji tiga sasis yang berbeda di Qatar. Satu motor yang sama dengan musim balap 2020, kemudian motor dengan fairing karbon yang melekat pada frame, dan satu motor yang baru. Motor dengan teknologi baru terlihat dites oleh Stefan Bradl di Jerez, kemudian motor dengan desain aero baru terlihat tahun lalu di Misano tengah diujicoba oleh Bradl dan Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu). Kemudian dicoba juga oleh Pol Espargaro (Repsol Honda Team) dan Alex Marquez (LCR Honda Castrol).

    Suzuki

    Pabrikan asal Jepang ini selalu berhasil memberikan kejutan pada MotoGP. Dari uji coba yang dilakukan oleh Sylvain Guintoli, Joan Mir dan Alex Rins, mesin yang dipakai untuk balapan diyakini akan lebih menunjukan performa Suzuki. Mir dan Guintoli menyebut bahwa mesin yang digunakan kali ini sangat mengesankan. Suzuki juga menggunakan sasis dan swingarm baru, juga beberapa suku cadang baru lainnya yang Frankie Carchedi, kepala kru Mir, sebutkan sebagai bagian yang sangat menyenangkan.

    Yamaha

    Pabrikan yamaha masih memiliki pebalap-pebalap yang mampu berbicara lebih banyak di sirkuit. Seperti Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT), Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT), dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP). Morbidelli menyebutkan bahwa bagian-bagian kecil yang mengalami perubahan membuat motornya lebih mudah digeber. Kemudian Rossi dan Quartararo yang menguji sasis baru, memberikan masukan pada manajer tim Massimo Meregalli yang menghasilkan aero baru.

    Sumber: Link
     
  2. andikasa

    andikasa Member

    Joined:
    Nov 27, 2020
    Messages:
    112
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    MotoGP masih pakai motor mesin bakar ya
    kira2 kapan akan beralih ke motor listrik :cool:
     
Loading...

Share This Page