Teknik Pendakian Yang Belum Banyak Di Ketahui

Discussion in 'Tourism' started by sani sii rimba, Dec 2, 2015.

  1. sani sii rimba

    sani sii rimba Member

    Joined:
    Nov 26, 2015
    Messages:
    49
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Teknik pendakian yang belum banyak di ketahui di sini adalah penjelasan mengenai 2 teknik pendakian yang sudah umum yaitu Himalayan Tactic dan alpine tactic.
    mungkin setelah anda mendaki beberapa gunung anda bisa merasakan dengan jelas perbedaan setiap gunung baik dari segi keterjalan trak,suhu udara,cuaca dll dan sudah pasti anda sudah faham betul antara mendaki gunung everest dan gunung rinjani sangat berbeda sekali walau pun sama-sama berjalan di dalam pendakian nya oleh karna itu maka di buat lah beberapa teknik-teknik mendaki supaya bisa mengimbangi dengan gunung yang akan anda daki, jadi secara simpel nya seperti ini: "lain gunung lain juga teknik pendakian nya"
    oke langsung saja anda menuju pembahasan nya:

    1.Teknik himalaya/Himalayan tactic
    Himalayan tactik adalah teknik mendaki yang di gunakan untuk pendakian yang waktu nya lama dan jarak nya jauh.teknik ini biasa di terapkan dalam mendaki gunung yang tinggi seperti pegunungan himalaya seperti kalo di indonesia pendakian puncak jaya wijaya.
    teknik ini di lakukan dengan cara tim pendakian akan di bagi menjadi beberapa kelompok yang akan saling mendukung di dalam pendakian apakah satu kelompok berada di base camp atau berada di flying camp dan satu kelompok yang misi nya memang mendaki puncak, maka setelah kelompok itu berhasil mencapai puncak tim ini telah sukses, begitu pun setiap orang yang berada dalam tim walau pun orang tersebut hanya sampai di basecamp saja.

    2.Teknik alpen/Alpine tactic.
    Teknik alpen adalah teknik mendaki yang di terapkan pada pada gunung yang relatif singkat perjalan nya dan tidak memakan waktu yang lama.
    cara menggunakan teknik ini adalah satu tim pendakian akan berjalan melakukan pendakian secara berbarengan ,pendakian akan di lakukan secara bersamaan dengan terus naik sampai puncak.

    kedua teknik tesebut bisa di terapkan pada gunung-gunung yang ada di indonesia tetapi teknik yang paling banyak di gunakan di gunung-gunung indonesia adalah teknik alpen walaupun ada beberapa gunung yang menggunakan teknik himalaya seperti pegunungan jaya wijaya.

    Tingkat kesulita pendakian.
    1.Walking: yaitu pendakian yang bisa di lakukan dengan badan tegak.
    2.scrambling: yaitu pendakian yang lumayan susah sehingga di butuh kan beberapa alat dan pekerjaan tangan supaya bisa menyeimbangkan tubuh.
    3.climbing: yaitu pendakian pada trek yang amat sulit sehingga di butuh kan beberapa teknik pendakian khusus.
    4.exposed climbing: yaitu pendakian yang di lakukan pada trek yang lebih susah sehingga di butuhkan tali pengaman untuk penambat.
    5.difficult free climbing: yaitu pendakian yang sangat sulit tapi pada trek ini masih bisa di lakukan dengan bantuan teknik mendaki khusus dan peralatan lengkap mendaki.
    6.aid climbing: yaitu pendakian yang dilakukan pada trek yang sngat sulit sehingga untuk dapat melalui nya sangat bergantung kepada alat-alat pendakian.

    Oke sahabat rimba setelah lumayan cape menulis rimba mau pamit dulu tapi jangan lupa untuk menjalin silahturahmi rimba sangat berharap sahabat untuk menulis sesuatu di kolom komentar..
    salam lestari..
     
    Last edited by a moderator: Dec 2, 2015
  2. Erlin Herlina

    Erlin Herlina Member

    Joined:
    Aug 28, 2015
    Messages:
    566
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    28
    Cuman dua aja nih teknik mendaki yang dibagikannya? Jika masih ada boleh di share lagi... Pengen daki nih soalnya.
     
  3. sani sii rimba

    sani sii rimba Member

    Joined:
    Nov 26, 2015
    Messages:
    49
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Kalo yang paling umum di gunakan emang dua tetapi kalo paham banget yang dua i.allah memadai ko untuk melakukan sebuah pendakian apalagi kalo ngedaki nya masih di indonesia..
     
  4. track

    track New Member

    Joined:
    Dec 6, 2015
    Messages:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
  5. monster123

    monster123 Member

    Joined:
    Dec 11, 2015
    Messages:
    310
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    ohh jadi mendaki itu ada tekniknya..biar gak jatuh pas mendaki... trims infonya gan ;)
     
  6. Fatahillah

    Fatahillah Member

    Joined:
    Jun 27, 2014
    Messages:
    463
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Saya baru tau kalo mendaki itu ada tehniknya, tau nya cuma bawa ransel doang :D
     
  7. sani sii rimba

    sani sii rimba Member

    Joined:
    Nov 26, 2015
    Messages:
    49
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Dalam dunia pendakian sebenarnya dua teknik ini sudah tidak asing lagi, tapi mau gimana lagi, pada jaman sekarang mendaki sudah menjadi salah satu hobi yang populer. Tapi banyak penghobi yang malas belajar dan langsung terjun ke lapangan bebas, yaitu mendaki gunung.
    semoga bermanfaat.
     
  8. Jang Unoi

    Jang Unoi New Member

    Joined:
    Jun 30, 2015
    Messages:
    48
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    saya baru tau tekniknya, berarti bener bener bisa ngehemat tenaga juga ya
     
  9. rakiwen

    rakiwen Member

    Joined:
    Feb 11, 2016
    Messages:
    581
    Likes Received:
    47
    Trophy Points:
    28
    Mksh bgt gan, jadi pgn coba naik gunung... gmn c rasanyaaa
     
  10. yungga19

    yungga19 Active Member

    Joined:
    Nov 28, 2015
    Messages:
    1,461
    Likes Received:
    86
    Trophy Points:
    48
    kALO udah jago mendaki , bisa kali ikut ninja warior
     
Loading...

Share This Page