Teknik Fotografi Kekinian untuk Hasil yang Instagramable Banget!

Discussion in 'Photography' started by andiharamain, Oct 15, 2021.

  1. andiharamain

    andiharamain Member

    Joined:
    Nov 25, 2019
    Messages:
    42
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Seni fotografi bukan hanya soal memotret dan menghasilkan gambar, melainkan merekam momen terbaik, dan menjadikannya abadi. Karena itu, jika kamu ingin mendalami dunia fotografi, ada beberapa teknik fotografi yang perlu dipelajari untuk menghasilkan momen terbaik dalam jepretanmu.

    Selain teknik fotografi dasar, kamu juga perlu mengetahui teknik dan seni fotografi kekinian yang akan membuat hasil jepretanmu lebih berkarakter. Yuk, simak teknik fotografi yang dijamin bikin hasil jepretanmu keren banget!

    Candid Portraits
    [​IMG]
    Menangkap momen yang natural saat ini merupakan poin keunggulan sebuah foto. Salah satunya adalah dengan menggunakan teknik candid portraits yang menangkap ekspresi berkarakter dari objek foto kamu. Ekspresi yang jujur dan terus terang ini bisa kamu dapatkan saat mereka melihat ke kamera maupun saat sedang melakukan hal lain.

    Yang terpenting dalam seni fotografi, kamu menangkap momen yang natural, misalnya saat sedang membeli nasi goreng di pinggir jalan, lalu menangkap kesibukan orang-orang yang ada di sana. Biasanya, teknik ini sangat cocok digunakan untuk street photography atau saat acara penting, seperti saat pernikahan.
    Ekspresi atau identitas manusia memang sedang menjadi tren pada 2021 ini. Khususnya untuk kata kunci candid portraits, pencariannya di situs Shutterstock meningkat hingga 350% pada tahun ini. Karena itu, kamu dapat mencoba bereksplorasi dengan teknik candid portraits ini untuk mendapatkan hasil foto yang kekinian dan keren.

    Motion Blur
    [​IMG]
    Teknik ini memungkinkan kamu menangkap gerakan cepat suatu objek dalam satu gambar dan biasanya digunakan untuk menunjukkan rasa kecepatan atau sense of speed dalam gambar yang tidak bergerak.
    Teknik motion blur ini bisa dilakukan dengan menggunakan long exposure dengan menggunakan Shutter-Speed yang lambat untuk mendapatkan efek pergerakan (atau jejak) dari benda yang bergerak hingga dapat terekam oleh sensor kamera. Kamu dapat menggunakan teknik ini untuk menangkap cahaya lampu kendaraan yang bergerak di jalan raya saat malam, kesibukan kota, hingga pergerakan bintang.

    Macro Photography
    [​IMG]
    Salah satu tren fotografi yang juga sedang populer saat ini adalah macro photography. Teknik ini menangkap gambar objek dengan sangat dekat sehingga mendapatkan detail yang tajam dan sudut pandang yang berbeda terhadap suatu objek. Misalnya saja kamu ingin mendapatkan ekspresi yang terekam pada pupil mata manusia atau ingin menyoroti tekstur kayu yang unik, kamu dapat menggunakan teknik ini.

    Untuk mendapatkan hasil foto macro, kini beberapa smartphone sudah dilengkapi dengan lensa yang mumpuni sehingga mampu menangkap detail macro photography dengan baik. Namun, kamu perlu terus mencoba untuk mendapatkan hasil foto yang detail dan berkarakter. Dengan sentuhan filter, kamu mungkin dapat menciptakan efek yang dramatis dalam foto tersebut.

    Silhouette
    [​IMG]
    Sejak lama teknik fotografi ini telah digunakan dan tak pernah lekang oleh waktu. Hal ini karena memotret siluet adalah menampilkan momen magis pada foto yang sederhana. Ketajaman siluet akan bergantung kepada intensitas cahaya yang mengelilingi subjek dan menjadi latar belakangnya.

    Biasanya, foto siluet menangkap panorama matahari terbit atau terbenam, namun dapat juga dilakukan di dalam ruangan untuk menghadirkan efek dramatis objek. Kalau sudah menggunakan teknik ini, dijamin hasil jepretanmu tidak akan salah!

    Staged Still Life Photography
    [​IMG]
    Jika senang bermain-main dengan unsur dramatis di objek sehari-hari, kamu dapat mencoba teknik ini. Kepopuleran Instagram sebagai media sosial untuk berbagi foto juga membuat teknik ini menjadi tren hingga kini.

    Memotret hidangan makan siang dengan staging yang menarik hingga terlihat cantik adalah salah satu ciri teknik ini. Ya, karena staged still life photography adalah teknik yang membuat objek benda mati menjadi terlihat indah hingga tampak hidup dengan sudut pandang, pencahayaan, hingga penataan objek.

    Kamu dapat bermain-main dengan teknik ini di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Membuat tembok gedung bertingkat memiliki kisahnya sendiri, menceritakan kisah di balik kendaraan tua yang terparkir di hutan dan sudah dipenuhi tumbuhan, hingga vas bunga di jendela dengan bunga layu di dalamnya, semua itu dapat menjadi indah dengan teknik staged still life photography.

    Tentu masih ada banyak lagi teknik fotografi lainnya yang dapat membuat hasil jepretanmu keren dengan foto yang Instagramable. Terlebih lagi untuk menghasilkan foto yang sempurna, kamu dapat menggunakan Acer Swift 3X saat proses editing karena sudah ditenagai prosesor Intel generasi ke-11 dan dibekali dengan grafis diskrit terbaru IntelĀ® IrisĀ® Xe MAX Graphics.

    Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan performa hingga 50% lebih baik untuk mengedit foto dan menciptakan hasil editing yang sempurna. Ditambah dengan layar Full HD dengan bezel yang tipis, kamu dapat melihat hasil foto yang lebih nyata di layar yang terasa lebih luas. Tak hanya itu, laptop Swift 3X juga sudah dilengkapi dengan dual slot SSD untuk memberikan ruang penyimpanan dan performa lebih besar. Kamu dapat mengedit hasil jepretanmu tanpa ada batasan.

    Kamu bisa mendapatkan Swift 3X di Acer eStore, e-commerce, maupun jaringan penjualan Acer terdekat di kotamu. Yuk, mulai coba teknik fotografi agar hasil foto lebih Instagramable dan bikin kamu lebih pro!
     
  2. paxspot

    paxspot Member

    Joined:
    Apr 7, 2014
    Messages:
    319
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    website bakal lebih menarik kalau foto fotonya pakai teknik fotografi yang mantep...
     
  3. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,863
    Likes Received:
    131
    Trophy Points:
    63
    Tehnik potographi banyak macam istilahnya,
    menghasilkan gambar dengan hasil yang mengagumkan
     
Loading...

Share This Page