Dalam dunia usaha, penggunaan teamwork seringkali merupakan solusi terbaik untuk mencapai suatu kesuksesan. Teamwork yang solid akan memudahkan manajemen dalam mendelegasikan tugas – tugas organisasi. Namun demikian untuk membentuk sebuah team yang solid dibutuhkan komitment tinggi dari manajemen. Hal terpenting adalah bahwa teamwork harus dilihat sebagai suatu sumber daya yang harus dikembangkan dan dibina sama seperti sumber daya lain yang ada dalam perusahaan. Proses pembentukan, pemeliharaan dan pembinaan teamwork harus dilakukan atas dasar kesadaran penuh dari team tersebut sehingga segala sesuatu berjalan secara normal sebagai suatu aktivitas sebuah teamwork, meskipun pada kondisi tertentu manajemen dapat melakukan intervensi. Definisi Teamwork? Secara umum teamwork dapat didefinisikan sebagai kumpulan individu yang bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan. Kumpulan individu-individu tersebut memiliki aturan dan mekanisme kerja yang jelas serta saling tergantung antara satu dengan yang lain. Oleh karena itu sekumpulan orang yang bekerja dalam satu ruangan, bahkan didalam satu proyek, belum tentu merupakan sebuah teamwork. Terlebih lagi jika kelompok tersebut dikelola secara otoriter, timbul faksi-faksi di dalamnya, dan minimnya interaksi antar anggota kelompok. Ketika seseorang bekerja didalam kelompok (team), akan ada dua isu yang muncul. Pertama adalah adanya tugas-tugas (task) dan masalah-masalah yang berhubungan dengan pelaksanaan pekerjaan. Hal ini seringkali merupakan topik utama yang menjadi perhatian team. Kedua adalah proses yang terjadi di dalam teamwork itu sendiri, misalnya bagaimana mekanisme kerja atau aturan main sebuah team sebagai suatu unit kerja dari perusahaan, proses interaksi di dalam team, dan lain-lain. Dengan kata lain proses menunjuk pada semangat kerjasama, koordinasi, prosedur yang harus dilakukan dan disepakati seluruh anggota, dan hal – hal lain yang berguna untuk menjaga keharmonisan hubungan antar individu dalam kelompok itu. Tanpa memperhatikan proses maka sebuah teamwork tidak akan memiliki nilai apa-apa bagi perusahaan dan hanya akan menjadi sumber masalah bagi perusahaan dalam pembentukan sebuah teamwork. Sebaliknya jika proses tersebut ada dalam sekumpulan orang yang bekerjasama, maka performance mereka akan meningkat karena akan mendapat dukungan secara teknis maupun moral. Mengapa Teamwork Diperlukan? Teamwork merupakan sarana yang sangat baik dalam menggabungkan berbagai talenta dan dapat memberikan solusi inovatif suatu pendekatan yang mapan. selain itu ketrampilan dan pengetahuan yang beranekaragam yang dimiliki oleh anggota kelompok juga merupakan nilai tambah yang membuat teamwork lebih menguntungkan jika dibandingkan seorang individu yang brilian sekalipun. Sebuah team dapat dilihat sebagai suatu unit yang mengatur dirinya sendiri. Rentangan ketrampilan dan pengetahuan yang dimiliki anggota dan self monitoring” yang ditunjukkan oleh masing-masing team memungkinkannya untuk diberikan suatu tugas dan tanggung jawab. Bahkan ketika suatu masalah tersebut dapat diputuskan oleh satu orang saja, melibatkan teamwork akan memberikan beberapa keuntungan. Keuntungan tersebut adalah: pertama keputusan yang dibuat secara bersama-sama akan meningkatkan motivasi team dalam pelaksanaanya. Kedua, keputusan bersama akan lebih mudah dipahami oleh team dibandingkan jika hanya mengandalkan keputusan dari satu orang saja. Bila dilihat dari perspektif individu, dengan masuknya ia kedalam suatu kelompok (team) maka hal tersebut akan menambah semangat juang/motivasi untuk mencapai suatu prestasi yang mungkin tidak akan pernah dapat dicapai seorang diri oleh individu tersebut. Hal ini dapat terjadi karena team mendorong setiap anggotanya untuk memiliki wewenang dan tanggungjawab sehingga meningkatkan harga diri setiap orang. Siklus Hidup Sebuah Teamwork Secara umum perkembangan suatu team dapat dibagi dalam 4 tahap: 1. Forming, Adalah tahapan dimana para anggota setuju untuk bergabung dalam suatu team. Karena kelompok baru dibentuk maka setiap orang membawa nilai-nilai, pendapat dan cara kerja sendiri-sendiri. Konflik sangat jarang terjadi, setiap orang masih sungkan, malu-malu, bahkan seringkali ada anggota yang merasa gugup. Kelompok cenderung belum dapat memilih pemimpin (kecuali team yang sudah dipilih ketua kelompoknya terlebih dahulu). 2. Storming adalah tahapan dimana kekacauan mulai timbul di dalam team. Pemimpin yang telah dipilih seringkali dipertanyakan kemampuannya dan anggota kelompok tidak ragu-ragu untuk mengganti pemimpin yang dinilai tidak mampu. Faksi-faksi mulai terbentuk, terjadi pertentangan karena masalah-masalah pribadi, semua ngotot dengan pendapat masing-masing. Komunikasi yang terjadi sangat sedikit karena masing-masing orang tidak mau lagi menjadi pendengar dan sebagian lagi tidak mau berbicara secara terbuka. 3. Norming. adalah tahapan dimana individu-individu dan sub-group yang ada dalam team mulai merasakan keuntungan bekerja bersama dan berjuang untuk menghindari team tersebut dari kehancuran (bubar). Karena semangat kerjasama sudah mulai timbul, setiap anggota mulai merasa bebas untuk mengungkapkan perasaan dan pendapatnya kepada seluruh anggota team. Selain itu semua orang mulai mau menjadi pendengar yang baik. Mekanisme kerja dan aturan-aturan main ditetapkan dan ditaati seluruh anggota. 4. Performing. Tahapan ini merupakan titik kulminasi dimana team sudah berhasil membangun system yang memungkinkannya untuk dapat bekerja secara produktif dan efisien. Pada tahap ini keberhasilan team akan terlihat dari prestasi yang ditunjukkan. Ketrampilan yang Diperlukan, Ada dua ketrampilan utama yang seharusnya dimiliki oleh anggota sebuah teamwork, yaitu: 1. Ketrampilan managerial (Managerial Skills), termasuk kemampuan dalam membuat rencana kerja, menentukan tujuan, memantau kinerja, memonitor perkembangan dan memastikan pekerjaan telah dilakukan secara benar, dan lain-lain. 2. Ketrampilan interpersonal (Interpersonal Skills), termasuk kemampuan berkomunikasi, saling menghargai pendapat orang lain dan kemampuan menjalin hubungan interpersonal dengan orang lain. Dengan menjadi anggota suatu organisasi atau perusahaan maka secara tidak langsung Anda sudah menempatkan diri menjadi anggota sebuah teamwork. Nah, sudahkah Anda mempersiapkan diri dengan memiliki ketrampilan-ketrampilan seperti yang disebutkan diatas? (jp) Teamwork Oleh: Johanes Papu Team e-psikologi Sumber sewamobilmalang.net tigadara, Mar 25, 2014 #1 ncang Super Level Joined: Feb 7, 2013 Messages: 4,650 Likes Received: 759 Trophy Points: 113 Google+: Author kok sumber nya beda ? katanya kok sumber nya beda ? katanya Artikel ini pertama kali ditayangkan di www.e-psikologi.com pada tanggal 28 Oktober 2003 ncang, Mar 25, 2014 #2 noer98 Member Joined: Feb 4, 2014 Messages: 606 Likes Received: 54 Trophy Points: 28 Google+: Author bikin teamwork mang g mudah . bikin teamwork mang g mudah .... biar kompak perlu waktu noer98, Mar 25, 2014 #3 jualabon New Member Joined: Feb 19, 2014 Messages: 81 Likes Received: 0 Trophy Points: 6 Google+: Author Teamwork dua orang aja kadang Teamwork dua orang aja kadang pecah. Memang butuh pengetahuan yang lebih. jualabon, Mar 26, 2014 #4 Samehadaku Guest ncang wrote: berarti copas tanpa beri link sumber yang benar Samehadaku, Mar 26, 2014 #5 zouero Member Joined: Jan 25, 2014 Messages: 363 Likes Received: 9 Trophy Points: 18 Google+: Author Tidak hanya dalam berbisnis Tidak hanya dalam berbisnis, team work memang sangat diperlukan dalam segala hal..Apalagi pada saat kuliah seperti saya zouero, Mar 26, 2014 #6 pram Well-Known Member Joined: Sep 23, 2013 Messages: 3,099 Likes Received: 161 Trophy Points: 63 Google+: Author yang penting saling yang penting saling pengertian aja pram, Mar 26, 2014 #7 (You must log in or sign up to reply here.) Show Ignored Content Loading... Similar Threads - Teamwork dalam Berbisnis Mengenal Pertamini Digital Lebih Dalam Untuk Usaha Dimasa Pendemi Covid-19 bagus ananda, Sep 29, 2021, in forum: Usaha Kecil Menengah Replies: 1 Views: 4,190 blackking Sep 30, 2021 Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Agribisnis rizalsuryap, Jun 17, 2021, in forum: Usaha Kecil Menengah Replies: 0 Views: 4,007 rizalsuryap Jun 17, 2021 Keuntungan Penggunaan Plastik Kemasan Praktis dalam Kehidupan Harian lalakana, Jan 27, 2021, in forum: Usaha Kecil Menengah Replies: 0 Views: 3,846 lalakana Jan 27, 2021 Peran Penting Goods Receipt Dalam Proses Penerimaan Barang NDNU, Nov 13, 2020, in forum: Usaha Kecil Menengah Replies: 2 Views: 4,531 NDNU Nov 20, 2020 Cara Implementasi SWOT Dalam Bisnis Kuliner NDNU, Oct 9, 2020, in forum: Usaha Kecil Menengah Replies: 5 Views: 8,768 Arif Rachman Hakim Nov 6, 2020 Share This Page Tweet Log in with Facebook Log in with Twitter Your name or email address: Do you already have an account? No, create an account now. Yes, my password is: Forgot your password? Stay logged in
kok sumber nya beda ? katanya kok sumber nya beda ? katanya Artikel ini pertama kali ditayangkan di www.e-psikologi.com pada tanggal 28 Oktober 2003
Teamwork dua orang aja kadang Teamwork dua orang aja kadang pecah. Memang butuh pengetahuan yang lebih.
Tidak hanya dalam berbisnis Tidak hanya dalam berbisnis, team work memang sangat diperlukan dalam segala hal..Apalagi pada saat kuliah seperti saya