Suzuki Karimun Kotak Generasi Pertama Kini Harganya Cuma 40 Jutaan

Discussion in 'Otomotif' started by andikasa, Dec 19, 2021.

  1. andikasa

    andikasa Member

    Joined:
    Nov 27, 2020
    Messages:
    168
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Suzuki Karimun Kotak merupakan mobil perkotaan (city car) berpenampilan boxy yang masuk dalam daftar incaran para anak muda saat ini. Berbeda dengan generasi yang lebih baru, Karimun Kotak dengan kode SL410R. Di Jepang dan Eropa, mobil Suzuki Karimun ini dinamai juga sebagai Suzuki Wagon R.

    [​IMG]

    Nama Karimun diambil dari Karimun Agung (Karimun Besar) yaitu sebuah gugusan pulau di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau. Namun, pihak Suzuki Indonesia juga mengatakan bahwa nama Karimun diciptakan dari kata “carry to the moon” yang artinya membawa sampai ke bulan.

    Menurut sejarahnya, Karimun Kotak memulai perjalanan di Indonesia pada September 1999 oleh Suzuki Indomobil Motor, sebagai anak perusahaannya Suzuki Jepang di Indonesia. Pada saat itu status mobil Karimun Kotak ini didatangkan secara utuh dari Jepang, atau CBU (Completely Build Up). Selanjutnya pada 2003-2006, Suzuki Indonesia merubah status Karimun Kotak yang semula CBU menjadi CKD (Completely Knocked Down) yang artinya dirakit di pabrik Suzuki di Tambun, Bekasi, Jawa Barat.

    Pada awal kemunculannya dulu Suzuki Karimun Kotak generasi awal hanya ada satu tipe saja, barulah pada tahun 2002 hadir dua tipe yaitu GX dan DX. Karimun Kotak tipe GX adalah varian yang tertinggi, pada sisi exterior tipe GX telah dilengkapi roofrail di atas atapnya, handle pintu bagasi belakang yang lebar, foglamp, grill depan dengan garis krom sehingga terlihat lebih mewah, velg berbentuk palang 5, dan wiper belakang sehingga tampak tidak terlalu polos.

    [​IMG]

    Mesin 1.000 cc 4 silinder dengan kode F10A yang digunakan oleh Suzuki Karimun kotak generasi pertama ini sudah teruji daya tahannya. Mesin yang sama juga digunakan oleh mobil Suzuki yang lain seperrti Suzuki Carry, Suzuki Katana, dan Suzuki Jimny. Suzuki Karimun kotak generasi awal memiliki body yang memang lebih besar dibandingkan Karimun Estilo atau Wagon R, namun karena mesinnya masih konvensional sehingga berdampak pada tenaganya jadi tidak terlalu besar yaitu hanya 55 Ps. Bandingkan dengan mesin Suzuki Karimun Estilo yang bertenaga 68 Ps, memiliki selisih lebih rendah 13 Ps dalam kondisi standard. Selain itu karena masih menggunakan karburator maka konsumsi bahan bakarnya pun sedikit lebih boros jika dibandingkan dengan mesin mobil lain yang menggunakan teknologi injeksi.

    Harga bekas dari Suzuki Karimun Kotak Tahun 1999-2006 atau Karimun Gen Satu pada daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi kini sudah sangat terjangkau yaitu berada pada rentang harga Rp 40 juta hingga Rp 60 juta. Harga yang sangat menggoda mengingat kualitas dari mobil Suzuki Karimun Kotak ini.

    Tertarik memiliki Karimun Kotak sebagai mobil hoby atau untuk mobilitas sehari-hari? Sebelum membelinya, kita harus mengetahui kelebihan dan kekurangan Suzuki Karimun Kotak berikut ini.

    Kelebihan Suzuki Karimun Kotak Generasi Pertama Tahun 1999-2006
    -Bentuk kotak membuat mobil ini lumayan lega
    -Konsumsi BBM yang cukup irit
    -Sperpart yang murah dan juga layanan service yang banyak
    -Harga jual bekas bertahan
    -Perawatan mudah

    Kekurangan Suzuki Karimun Kotak Generasi Pertama Tahun 1999-2006
    -Bentuk kotaknya bukan selera semua orang
    -Body roll cukup berasa pada saat belok
    -Tenaga Mesin yang kecil
    -Mesin masih menggunakan sistem karburator
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,051
    Likes Received:
    143
    Trophy Points:
    63
    Dari artikel ini saya menjadi tahu apa itu CBU dan CKD, seringkali istilah ini digunakan
    tapi baru tahu kalau CBU itu artinya mobil sudah jadi, kalau CKD dirakit di dalam negri.
     
Loading...

Share This Page