Susah Buang Air Kecil, Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

Discussion in 'Health & Medical' started by resi raphael, Nov 25, 2022 at 11:00 AM.

  1. resi raphael

    resi raphael Member

    Joined:
    May 16, 2019
    Messages:
    117
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Siapa pun dapat mengalami susah buang air kecil, tanpa memandang jenis kelamin atau usia. Ketika keinginan untuk buang air kecil sangat menyiksa tetapi urin membutuhkan waktu beberapa saat untuk keluar. Perlu dicurigai gejala tersebut, karena dikhawatirkan adanya suatu penyakit yang serius.

    Sangat penting untuk tidak meremehkan masalah susah buang air kecil. Pasalnya, penyakit ini berpotensi menginfeksi dan merusak organ tubuh lainnya, termasuk ginjal dan kandung kemih. terutama jika Anda telah mengalami masalah buang air kecil selama berhari-hari.

    Tidak hanya itu, keluhan masalah buang air kecil yang tidak diobati juga dapat mengakibatkan sakit perut atau punggung, urin berdarah atau keruh, buang air kecil tersendat, demam, dan muntah.

    Penyebab susah buang air kecil

    Kesulitan buang air kecil adalah masalah yang bisa dialami oleh pria maupun wanita. Namun, mungkin ada perbedaan penyebab buang air kecil bermasalah pada pria dan wanita.

    Penyakit atau kondisi berikut dapat menyebabkan keluhan sulit buang air kecil:

    Pembesaran prostat

    Saluran kemih bisa terjepit jika prostat membesar. Akibatnya, aliran urin berubah dan butuh waktu lebih lama untuk dikeluarkan.

    Pembengkakan prostat pada pria dapat disebabkan oleh sejumlah kondisi, seperti pembesaran prostat jinak (BPH), peradangan prostat (prostatitis), dan kanker prostat.

    Adanya suatu penyakit

    Salah satu alasan paling sering orang mengalami kesulitan buang air kecil adalah infeksi saluran kemih. Saat terinfeksi, kandung kemih atau saluran kemih akan membesar, sehingga sulit untuk buang air kecil.

    Meskipun pria juga dapat menderita infeksi saluran kemih, wanita tampaknya lebih sering mengalaminya. Penyakit menular seksual, selain infeksi saluran kemih, dapat mengganggu buang air kecil.

    Adanya batu dalam kandung kemih

    Buang air kecil bisa menjadi tantangan karena penyumbatan aliran urin yang disebabkan oleh pembentukan batu di kandung kemih atau saluran kemih.

    Selain itu, adanya batu di saluran kemih atau kandung kemih dapat mengakibatkan keluhan tambahan, seperti nyeri saat buang air kecil, munculnya batu atau endapan seperti pasir pada urin, urin berwarna kemerahan, serta nyeri pada punggung bagian bawah atau perut.

    Akibat operasi tertentu

    Jaringan parut kadang-kadang dapat terjadi di saluran kemih setelah operasi pada ginjal, kandung kemih, atau bagian lain dari sistem kemih. Hal ini dapat membuat sulit bagi mereka yang telah menjalani operasi untuk buang air kecil.

    Masalah yang sama juga dapat disebabkan oleh efek samping obat anestesi yang digunakan. Namun, setelah efek anestesi hilang, keluhan ini biasanya hilang.

    Cedera atau saraf terganggu

    Proses buang air kecil mungkin terhambat oleh gangguan sistem saraf atau cedera. Contohnya termasuk retensi urin, cedera tulang belakang, stroke, diabetes, dan infeksi otak.

    Masalah kesehatan mental

    Penyakit psikologis juga dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk buang air kecil, selain fisik.

    Paruresis adalah salah satu masalah psikologis yang terkait dengan kesulitan buang air kecil. Ini adalah kondisi ketika seseorang sulit buang air kecil karena merasa canggung melakukannya di depan orang lain.

    Reaksi obat tertentu

    Efek negatif dari beberapa obat juga dapat menyebabkan gangguan pada proses urin. Antidepresan, obat penenang, diuretik, obat penurun tekanan darah, pelemas otot, obat alergi atau antihistamin, dan bronkodilator adalah beberapa obat yang mungkin membuat sulit buang air kecil.

    Cara Mengatasi Masalah Buang Air Kecil

    Ada berbagai hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah buang air kecil, antara lain:
    1. Berikan sedikit pijatan pada kandung kemih di perut bagian bawah. Tindakan ini dapat mendorong urin untuk keluar dari tubuh dengan lebih mudah.
    2. Air hangat harus dikompres di perut bagian bawah. Otot-otot dalam sistem kemih dapat menjadi lebih rileks sebagai akibat dari teknik ini, sehingga lebih mudah untuk buang air kecil.
    3. Atasi kecemasan dan ketegangan. Carilah toilet yang tenang jika Anda merasa canggung untuk buang air kecil di tempat umum.
    4. Minum air yang cukup, dan berhentilah menahan kandung kemih Anda sesering mungkin. Untuk menghindari perkembangan batu di kandung kemih atau sistem kemih, ini sangat penting.
    Jika masalah buang air kecil tetap ada meskipun telah melakukan langkah-langkah yang disebutkan di atas, Anda harus segera mengunjungi dokter untuk pemeriksaan. Dengan cara ini, dokter dapat mengobati kesulitan buang air kecil Anda sesuai dengan penyebab yang mendasarinya, yang sangat berguna jika masalahnya parah atau terus-menerus.

    Minum apa biar lancar buang air kecil?

    Pernahkah Anda mengalami kesulitan buang air kecil karena kurang minum air putih? Ini sangat tidak nyaman dan memberikan sensasi terbakar, bukan begitu? Anda tidak perlu buru-buru minum obat untuk mengatasi hal ini. Beberapa makanan dapat membantu Anda buang air kecil dengan mudah.

    Obat herbal

    Beberapa herbal yang sering digunakan untuk meredakan panas dalam dan sariawan juga efektif untuk memulai buang air kecil. Anggap saja itu salah satu akar alang-alang. sering dimasukkan dalam campuran herbal yang memiliki efek pendinginan pada saluran kemih, membantu pemulihan infeksi dan mempercepat penyembuhan luka.

    Kafein

    Kafein dalam cokelat, soda, dan kopi juga dapat mempermudah buang air kecil dan besar. Tak perlu khawatir kafein akan menumpuk di dalam tubuh karena bisa juga dikeluarkan melalui buang air kecil. Persyaratan masih ada; anda harus mengkonsumsi air yang cukup.

    Konsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air

    Buah-buahan yang tinggi kandungan airnya, seperti jambu air, semangka, nanas, anggur, dan lain sebagainya, akan mempermudah buang air kecil. Untuk membuat rasa sakit hilang lebih cepat, air harus dikonsumsi di samping itu.

    Susah buang air kecil apa obatnya?

    Obat susah buang air kecil tidak bisa diberikan sembarangan karena itu harus selalu didasarkan pada apa yang menyebabkan kondisi tersebut. Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kelamin terdekat agar obat yang diminum tepat dan tidak menimbulkan gejala lain.

    Misalnya, antibiotik akan diresepkan jika infeksi menjadi penyebab kesulitan buang air kecil. Sementara itu, obat tersebut digunakan untuk mengobati pembesaran prostat jika kondisi tersebut disebabkan oleh salah satunya.

    Berikut adalah beberapa obat resep untuk mengatasi susah buang air kecil yaitu:

    5-alpha reductase inhibitor

    Jenis obat ini digunakan untuk mengobati masalah kencing yang disebabkan oleh pembesaran prostat. Ini berfungsi dengan membuat buang air kecil lebih mudah dan mengecilkan ukuran prostat.

    Alpha blockers

    Digunakan untuk mengobati susah buang air kecil yang disebabkan oleh pembesaran prostat adalah alpha blocker. Ia bekerja dengan mengendurkan otot prostat sehingga aliran urin dapat dengan mudah mengalir ke saluran kemih.

    Estrogen

    Pria biasanya diberikan estrogen dalam upaya memperlambat pertumbuhan jaringan prostat. Penyebabnya adalah pertumbuhan jaringan prostat pada pria membuat mereka sulit buang air kecil, terutama seiring bertambahnya usia. Dengan pemberian estrogen, ukuran prostat dapat diperkecil, sehingga lebih mudah untuk buang air kecil.

    Kenapa rasa kebelet pipis tapi pipis sedikit?

    Ada beberapa kondisi lain yang harus diwaspadai selain karena infeksi saluran kemih sebagai salah satu penyebab sering buang air kecil tapi sedikit. Ini dapat mempengaruhi pria karena pembengkakan kelenjar prostat. Sedangkan masalah kehamilan dapat menyebabkan wanita mengalaminya.

    Sedang hamil

    Sering buang air kecil selama kehamilan adalah mungkin, tetapi jarang terjadi. Ibu hamil akan lebih sering buang air kecil selama trimester pertama. Menurut Health Line, hormon manusia progesteron, gonadotropin, dan choronics adalah efek samping utamanya.

    Rahim yang tumbuh dapat memberi tekanan pada kandung kemih, yang merupakan alasan lain mengapa wanita sering buang air kecil tapi sedikit. Disarankan agar Anda sering melakukan latihan Kegel untuk mengatasi ini.

    Interstitial Cystitis

    Cystitis, dalam bentuk yang paling sederhana, adalah suatu kondisi di mana "kabel" di tubuh kita bersilangan dan mengingatkan otak bahwa kita harus buang air kecil saat kandung kemih penuh. Sebenarnya, saraf panggul dimaksudkan untuk menjalankan fungsi ini.

    Terganggunya organ prostat

    Salah satu penyebab sering buang air kecil tapi sedikit pada pria adalah pembesaran prostat (BPH). Dinding kandung kemih dapat menjadi lebih sensitif karena kondisi ini berpotensi memberikan tekanan pada uretra atau saluran kemih.

    Infeksi saluran kemih

    Sering buang air kecil dapat disebabkan oleh infeksi saluran kemih (ISK), tetapi sedikit yang paling khas. Infeksi bakteri E. coli ke dalam saluran kemih menyebabkan kondisi ini. Menurut Health Line, alasan sering buang air kecil tetapi jarang mempengaruhi wanita sekitar empat kali lebih sering daripada pria.

    Pelvis lemah

    Perut bagian bawah terletak di sekitar panggul. Otot-otot mungkin lemah dan meregang selama kehamilan dan persalinan, yang dapat menyebabkan kandung kemih bergeser. Uretra dapat meregang dan membesar sebagai hasilnya. Keduanya bisa membuat Anda lebih sering buang air kecil tapi sedikit.
     
Loading...

Share This Page