Bisnis online ecommerce di Indonesia tahun - tahun mendatang akan semakan ramai dan persaingan pun akan semakin ketat. Ada yang mengalami peningkatan dan penurunan penjualan/order. Riset dan analisis perlu diimplementasikan secara mendalam dan terpadu. Masalah - masalah utama yang secara rutin hadir dalam operasional bisnis online seharusnya dapat diantisipasi sedini mungkin dari awal, jika dibiarkan berlanjut akan berdampak negatif. Solusi yang jitu diharapkan mampu menggerakkan roda bisnis eCommerce di Indonesia dan mampu memberikan kontribusi positif bagi perkembangan ekonomi Indonesia dengan harapan bahwasanya bisnis ecommerce di Indonesia tetap menjadi bintang idola dan primadona di Asia - dan harapan terbesar juga dunia tentunya. Berikut ini beberapa solusi yang bisa diterapkan bagi penjual/pebisnis Toko Belanja Online Indonesia agar produk - produk yang dijual bisa mengalami peningkatan penjualan yang menghasilkan profit/keuntungan yang juga diharapkan operasional bisnis eCommerce tetap bisa berjalan lancar. Solusi Operasional Bisnis Ecommerce: 1. Proaktif Update Harga Terbaru 2. Tawarkan Promo dan Diskon 3. Pilihan Produk + Informasi Produk, Ketersediaan Stok 4. Fitur dan Perfoma Website Ecommerce Berfungsi Dengan Baik 5. Evaluasi dan Analisa Laporan Bulanan Bagaimana detil mengenai kelima poin tersebut? Simak di sumber: http://upakarti.com/blog/solusi-indonesia-ecommerce-mengatasi-penjualan-website-yang-menurun/ upakarti, Jun 11, 2014 #1 Like Chopin Member Joined: Jun 10, 2014 Messages: 30 Likes Received: 3 Trophy Points: 8 hmm.. cukup jelas pak. Saya bukan dari bidang IT sih, jadi perlu banyak belajar nih.. Pertanyaan : Kalau E-commerce sendiri, efektif berapa orang sdm nya? Like Chopin, Jun 11, 2014 #2 upakarti Member Joined: May 16, 2014 Messages: 92 Likes Received: 3 Trophy Points: 8 Google+: Author Kalau untuk startup skala kecil 5-10 merupakan jumlah yang ideal untuk mengoperasional sebuah tim kerja. upakarti, Jun 11, 2014 #3 linagustina Member Joined: May 8, 2014 Messages: 35 Likes Received: 1 Trophy Points: 8 Belum mencoba bisnis online ini karena sama sekali tidak mudah menurut saya. Sebagai konsumen, saya pasti kecewa kalau sudah ketemu barang yang dicari, tapi stoknya habis. linagustina, Jun 11, 2014 #4 upakarti Member Joined: May 16, 2014 Messages: 92 Likes Received: 3 Trophy Points: 8 Google+: Author @linaagustina: benar memang tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan, penuh tantangan dan kerja keras untuk memajukan usaha. Bisa dipahami memang sebagai konsumen jika mengalami hal seperti itu. Bisa dipastikan kalau stok habis dan masih dijual di webpage - 90% pasti model bisnis online adalah dropshipping dan ada kelemahan dalam proses update stok barang. Jika punya stok barang sendiri tapi masih mengalami kejadian seperti ini berarti ada kelemahan dan sistem inventori sendiri sehingga kurang aware barang yg tidak ada stok - ini yang harus diantisipasi dan diperbaiki segera. upakarti, Jun 11, 2014 #5 Like Chopin Member Joined: Jun 10, 2014 Messages: 30 Likes Received: 3 Trophy Points: 8 Wew.. banyak juga ya. untuk apa aja itu? ini last question deh.. Nangguunng.. Like Chopin, Jun 11, 2014 #6 upakarti Member Joined: May 16, 2014 Messages: 92 Likes Received: 3 Trophy Points: 8 Google+: Author Gambarannya seperti ini: 1. Merchandising 2. CS 3. Data Entry 4. Purchasing 5. Shipping 6. Internet Marketing 7. IT & Web Dev ... selebihnya disesuaikan saja Yang tentunya disesuaikan dengan skala bisnis, kemampuan dan seberapa perlu akan SDM tsb. Jika belum mampu untuk rekrut menjadi inhouse staff bisa outsourcing ke freelancer. Jika menemukan resource yang mampu untuk multitasking akan lebih bermanfaat, jadi satu orang mampu mengerjakan tugas pos2 lainnya - lebih menghemat juga. Ada beberapa teman yang menjalankan bisnis online cukup dengan 2 - 3 orang saja tapi tentunya ada kekurangan dan kelebihannya masing2 - tinggal disesuaikan saja terbaik sesuai kebutuhan akan lebih bermanfaat. upakarti, Jun 11, 2014 #7 maxmanroe Member Joined: Feb 18, 2013 Messages: 353 Likes Received: 29 Trophy Points: 28 Google+: Author Pelayanan dari customer service juga penting banget lho... kalau terlambat atau mengabaikan keluhan pelanggan akibatnya bisa fatal. maxmanroe, Jun 12, 2014 #8 Birthday Fantasy New Member Joined: Jun 12, 2014 Messages: 10 Likes Received: 0 Trophy Points: 1 pelu belajar lebih banyak lagi nih Birthday Fantasy, Jun 12, 2014 #9 upakarti Member Joined: May 16, 2014 Messages: 92 Likes Received: 3 Trophy Points: 8 Google+: Author Iya setuju Mas Bro, kalau itu syarat mutlak yang harus dilaksanakan menjadi SOP. upakarti, Jun 12, 2014 #10 Barracuda Hosting New Member Joined: Jun 20, 2014 Messages: 28 Likes Received: 0 Trophy Points: 6 capek...tapi jangan menyerah kalau mau sukses Banyak aral melintang dan suka dukanya mesti di jalani dengan lapang dada dan tekad yang mengakar dalam... Barracuda Hosting, Jun 20, 2014 #11 avirss Member Joined: May 1, 2014 Messages: 220 Likes Received: 12 Trophy Points: 18 saya juga lagi merintis nih avirss, Jul 6, 2014 #12 davidrahman Member Joined: Jun 4, 2014 Messages: 899 Likes Received: 32 Trophy Points: 28 fitur yang harus ada di toko online apa aja gan, selain keranjang belanja davidrahman, Jul 16, 2014 #13 aku sukses Member Joined: Jul 21, 2014 Messages: 197 Likes Received: 11 Trophy Points: 18 Google+: Author buat sistem affiliasi reseller juga, kenapa? karena dengan adanya sistem affiliasi reseller kita akan terbantu dalam hal marketing, komisi untuk mereka jangan dianggap mengurangi pendapatan kita, tapi agak saja sedekah, dengan sedekah rezeki kita akan tambah banyak aku sukses, Jul 21, 2014 #14 exabytes-id Member Joined: Oct 3, 2013 Messages: 866 Likes Received: 35 Trophy Points: 28 tambahan gan. promosikan produck anda di social media dan tempat lainya. exabytes-id, Jul 30, 2014 #15 Batik Trusmi Online Member Joined: Aug 12, 2014 Messages: 88 Likes Received: 4 Trophy Points: 18 yang penting respon cepat, customer akan tetap datang. www.ebatikcirebon.com Batik Trusmi Online, Aug 17, 2014 #16 debays Active Member Joined: Jul 18, 2014 Messages: 1,409 Likes Received: 58 Trophy Points: 48 kurang ngefek karen banyak saingan, hehe. debays, Aug 18, 2014 #17 devstart New Member Joined: Mar 26, 2014 Messages: 12 Likes Received: 0 Trophy Points: 1 Yupz, update lewat social media juga, embed sekalian diskon2 nya. Pasti diserbuuu. devstart, Sep 1, 2014 #18 iswandi Member Joined: Aug 23, 2014 Messages: 91 Likes Received: 10 Trophy Points: 8 keren ya sudah bisa dianalisa , kalau aku sendiri kok masih berkutat pada masalah visitor sama meyakinkan pembeli untuk transfer terlebih dahulu (kirim ekspedisi) , pada minta cod , gak saya gubris soalnya PHP doank iswandi, Sep 3, 2014 #19 sofyan New Member Joined: Sep 8, 2014 Messages: 24 Likes Received: 0 Trophy Points: 6 Google+: Author keren-keren,,, saya sampai sekarang visitor aja belum bisa bagaimana cara datanginnya, apalagi kalau sudah menyangkup hal-hal yang teknis seperti ini... sofyan, Sep 9, 2014 #20 (You must log in or sign up to reply here.) Show Ignored Content Page 1 of 4 1 2 3 4 Next > Loading... Similar Threads - Solusi Meningkatkan Penjualan Paket Gagal Dikirim Shopee Standard Express, Penyebab dan Solusinya! Anang Dwi Cahyono, Feb 5, 2024, in forum: E-Commerce Replies: 1 Views: 631 DwiKhasbullah Feb 5, 2024 Startup Fintech Hadir dengan Solusi Pembayaran Online di Indonesia mustikasari, Feb 22, 2018, in forum: E-Commerce Replies: 3 Views: 2,483 HanyaSatu Mar 1, 2018 Ingin menikah tapi gak punya biaya? Startup Wedlite, berikan solusinya Gadiskardus, Sep 3, 2015, in forum: E-Commerce Replies: 15 Views: 4,103 Andre Jul 14, 2017 Share This Page Tweet Log in with Facebook Log in with Twitter Your name or email address: Do you already have an account? No, create an account now. Yes, my password is: Forgot your password? Stay logged in
hmm.. cukup jelas pak. Saya bukan dari bidang IT sih, jadi perlu banyak belajar nih.. Pertanyaan : Kalau E-commerce sendiri, efektif berapa orang sdm nya?
Kalau untuk startup skala kecil 5-10 merupakan jumlah yang ideal untuk mengoperasional sebuah tim kerja.
Belum mencoba bisnis online ini karena sama sekali tidak mudah menurut saya. Sebagai konsumen, saya pasti kecewa kalau sudah ketemu barang yang dicari, tapi stoknya habis.
@linaagustina: benar memang tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan, penuh tantangan dan kerja keras untuk memajukan usaha. Bisa dipahami memang sebagai konsumen jika mengalami hal seperti itu. Bisa dipastikan kalau stok habis dan masih dijual di webpage - 90% pasti model bisnis online adalah dropshipping dan ada kelemahan dalam proses update stok barang. Jika punya stok barang sendiri tapi masih mengalami kejadian seperti ini berarti ada kelemahan dan sistem inventori sendiri sehingga kurang aware barang yg tidak ada stok - ini yang harus diantisipasi dan diperbaiki segera.
Gambarannya seperti ini: 1. Merchandising 2. CS 3. Data Entry 4. Purchasing 5. Shipping 6. Internet Marketing 7. IT & Web Dev ... selebihnya disesuaikan saja Yang tentunya disesuaikan dengan skala bisnis, kemampuan dan seberapa perlu akan SDM tsb. Jika belum mampu untuk rekrut menjadi inhouse staff bisa outsourcing ke freelancer. Jika menemukan resource yang mampu untuk multitasking akan lebih bermanfaat, jadi satu orang mampu mengerjakan tugas pos2 lainnya - lebih menghemat juga. Ada beberapa teman yang menjalankan bisnis online cukup dengan 2 - 3 orang saja tapi tentunya ada kekurangan dan kelebihannya masing2 - tinggal disesuaikan saja terbaik sesuai kebutuhan akan lebih bermanfaat.
Pelayanan dari customer service juga penting banget lho... kalau terlambat atau mengabaikan keluhan pelanggan akibatnya bisa fatal.
capek...tapi jangan menyerah kalau mau sukses Banyak aral melintang dan suka dukanya mesti di jalani dengan lapang dada dan tekad yang mengakar dalam...
buat sistem affiliasi reseller juga, kenapa? karena dengan adanya sistem affiliasi reseller kita akan terbantu dalam hal marketing, komisi untuk mereka jangan dianggap mengurangi pendapatan kita, tapi agak saja sedekah, dengan sedekah rezeki kita akan tambah banyak
keren ya sudah bisa dianalisa , kalau aku sendiri kok masih berkutat pada masalah visitor sama meyakinkan pembeli untuk transfer terlebih dahulu (kirim ekspedisi) , pada minta cod , gak saya gubris soalnya PHP doank
keren-keren,,, saya sampai sekarang visitor aja belum bisa bagaimana cara datanginnya, apalagi kalau sudah menyangkup hal-hal yang teknis seperti ini...