Siapa bilang mahasiswa tidak bisa menabung untuk masa depan? ini caranya

Discussion in 'Education' started by Desak Riastutik, Oct 5, 2020.

  1. Desak Riastutik

    Desak Riastutik New Member

    Joined:
    Aug 27, 2020
    Messages:
    9
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Sering kali kita mendengar bahwa mahasiswa itu tidak bisa menabung karena kebutuhan kuliah yang begitu banyak sehingga sangat sulit untuk menyisihkan uang.

    Namun kenyataanya menabung memang tidak mudah, dari kecil kita sudah diajari oleh orang tua bagaimana caranya menyimpan uang dan berhemat, tetapi saat prakteknya belum terkumpul tapi sudah dibelanjakan. Apakah kalian seperti itu? Jika iya maka kita harus belajar lebih giat lagi untuk membatasi diri dalam mengeluarkan uang.

    Apalagi kita sudah menginjak dunia perkuliahan tandanya kita sudah harus bisa berfikir kedepan dan bisa membedakan mana yang harus kita dahulukan dan mana dinomorduakan.

    Menabung memang sulit, sulit bukan berarti tidak bisa bukan? Tapi semua kembali pada diri kita masing-masing, bagaimana caranya kita mengatur keuangan, sedikit banyaknya uang yang kita miliki akan tetap kurang jika kita tidak memajemen keuangan dengan baik.

    Baiklah kali ini kali ini kita akan membahas bagaimana tips dan trik mahasiswa agar memiliki tabungan masa depan. Tabungan tidak hanya istilah menyimpan uang dalam celengan, namun kita akan belajar bagaimana caranya menyimpan uang tersebut agar uang itu bisa bekerja untuk kita.

    Berikut ini adalah tips mahasiswa agar memiliki tabungan masa depan

    1. Fikirkan alasan kenapa kita harus menabung

    Hal utama yang harus kita lakukan adalah memiliki alasan kenapa kita harus menabung. Menabung tidak hanya sekedar menyimpan uang agar bertambah banyak, itu tidak akan berhasil jika kita tidak memiliki tujuan yang jelas.

    Karena tujuanlah yang akan membuat kita bertahan dan menguatkan diri kita untuk terus menabung. Percaya atau tidak percaya, ketika kita memiliki alasan yang kuat, secara tidak sadar kita bisa membatasi fikiran kita untuk membeli hal yang tidak terlalu kita butuhkan.

    Sebagai contoh salah satu teman saya ingin sekali membeli kamera karena hobinya dalam bidang photografi. Dia kuatkan niatnya dari semester pertama untuk memiliki kamera sebelum dia tamat kuliah. Sedikit demi sedikit dia kumpulkan uangnya, uang hasil beasiswanya dia tabung, terus seperti itu hingga semester 5 ia berhasil membeli kamera menggunakan tabungannya sendiri.

    Mungkin ini yang disebut the power of reason. Tidak ada yang tidak mungkin jika kita memiliki alasan dan berusaha untuk mewujudkannya.

    2. Memulai bisnis sampingan

    Pernah berfikir untuk mencoba bisnis sampingan sambil kuliah? Jika iya maka Anda termasuk orang yang melakukan perubahan kecil untuk hasil yang besar kedepannya. Banyak bisnis sampingan yang bisa Anda kerjakan seperti online shop, jualan pulsa, jualan buku, conten kraeator dan lain-lain sesuai minat dan bakat Anda.

    Jika kalian sudah menjalaninya, coba kalian flashback kembali sebelum memulai sebuah bisnis tersebut? Perubahan apa yang kalian rasakan dalam diri kalian? Secara tidak sadar, ketika kita melakukan sebuah usaha untuk menghasilkan uang sendiri kita akan lebih menghargai uang dan tau bagaimana susahnya mencari uang.

    Dengan begitu kita akan bisa mengontrol emosi kita untuk berfoya-foya menghabiskan uang dengan tidak jelas dan berfikir sebaiknya uangnya ditabung.

    Selain itu memulai bisnis sampingan tidak hanya akan membuat kita menjadi orang sibuk dan meliki penghasilan tambahan, namun dibaliknya banyak pengalaman yang bisa kita dapatkan, hal baru yang kita kerjakan akan menjadi bekal untuk hasil yang besar kedepannya.

    Karena dengan kita menjadi orang sibuk kita akan belajar namanya memanajemen dan menghargai waktu, itu adalah perubahan kecil yang berdampak besar untuk kita kedepannya.

    3. Bijak dalam belanja

    Di era yang sekarang ini rata-rata mahasiswa memiliki sifat komsumtif, ketika ada brand baru keluar jiwa sosialita kadang meronta untuk membeli barang-barang tersebut padahal kita tidak terlalu membutuhkannya, namun jika kita simpan uang tersebut, kedepannya bisa lebih bermanfaat dan bisa membeli barang yang lebih mahal dari apa yang kita inginkan sekarang.

    Oleh karena itu sebaiknya bijaklah dalam berbelanja, jangan hanya berikir tentang hari ini namun berfikir kedepannya juga, jangan membuat uang hasil kerja keras kalian menjadi satu hal yang biasa saja dan begitu saja tanpa ada manfaatnya.

    Belilah sesuai kebutuhan dan membatasi keinginan, dengan begitu kalian bisa merencakan masa depan lebih baik

    4. Berinvestasi

    Di sini inti dari menabung yang kita maksud, investasi dan menabung adalah dua hal yang berbeda. Menabung adalah menyimpan uang untuk digunakan sewaktu ada keperluan. Sedangkan investasi adalah menanam modal pada suatu perusahaan dan kita mendapatkan keuntungan jangka panjang dari perusaah tersebut.

    Jika kalian mahasiswa ingin belajar menabung untuk masa depan, maka investasi sangat cocok untuk kalian. Bukankah investasi memerlukan uang yang banyak? Itu dulu, sekarang investasi bisa dengan 100 ribu rupiah.

    Mahasiswa yang setiap bulan mendapat kiriman atau memiliki penghasilan tambahan, maka cobalah dengan melakukan investasi sebagai cara menabung, karena uang yang kita investasikan bisa bekerja untuk kita.

    Bagaimana caranya? Jika anda pemula maka instrument aman yang cocok untuk kalian adalah reksadana, mulailah mencari tahu tentang reksadana, karena jika dibahas di sini maka akan sangat panjang sekali.

    Investasilah secara rutin setiap bulan, maka kalian tidak hanya memiliki tabungan namun juga memiliki keuntungan.

    Inilah tips untuk mahasiswa yang ingin menabung untuk masa depan, selagi muda mulailah merencanakan masa depan sebaik mungkin, bekerja keraslah karena tidak ada kesuksesan dengan hanya bermimpi namun bekerja dan berusaha diiringi dengan do’a selebihnya serahkan pada Tuhan.

    Semoga apa yang kita rencanakan terwujud Amiin.
     
    Yundar likes this.
  2. Yundar

    Yundar Member

    Joined:
    Feb 18, 2016
    Messages:
    381
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    28
    Semoga bisa cepat monetize ya gan..
     
  3. Desak Riastutik

    Desak Riastutik New Member

    Joined:
    Aug 27, 2020
    Messages:
    9
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Amiin, lagi usaha, makasih gan
     
  4. Yundar

    Yundar Member

    Joined:
    Feb 18, 2016
    Messages:
    381
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    28
    Baclink buildingnya udah KEREN.. :v
     
  5. Agustian

    Agustian Member

    Joined:
    Aug 20, 2015
    Messages:
    168
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    18
    dulu waktu kuliah saya nyambi dagang martabak (pas akhir-akhir smester karena sudah nggak banyak jadwal tinggal skripsi), lumayan seminggu untung bersih 500-700 ribuan, lama jualannya sehari 4 - 5 jam.
     
    Desak Riastutik likes this.
  6. Desak Riastutik

    Desak Riastutik New Member

    Joined:
    Aug 27, 2020
    Messages:
    9
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Waah, bagus tuh mas, selain dapat uang punya pengalaman juga
     
  7. Desak Riastutik

    Desak Riastutik New Member

    Joined:
    Aug 27, 2020
    Messages:
    9
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Syukurlah kalau gitu mas,
     
Loading...

Share This Page