Selamat Hari Batik Nasional | Mengenal Teknik Pembuatan Batik

Discussion in 'General Lifestyle' started by paxspot, Oct 2, 2021.

  1. paxspot

    paxspot Member

    Joined:
    Apr 7, 2014
    Messages:
    319
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    [​IMG]
    Tiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional di Indonesia. Alasan ditetapkannya tanggal tersebut sebagai Hari Batik Nasional adalah dikarenakan pada tanggal tersebut UNESCO menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and the Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009. Sejak itu batik batik diakui sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia.

    UNESCO mengakui batik sebagai warisan budaya dunia karena batik kaya akan simbol dan makna filosofi kehidupan rakyat Indonesia. Simbol-simbol tersebut tertuang dalam disain kain batik itu sendiri. Ilmu dalam membatik diturunkan dari generasi ke generasi, mulai dari disain, pemilihan canting, cara mencanting hingga tehnik pewarnaannya.


    Teknik membatik di Indonesia


    Setidaknya ada 3 macam teknik membatik di Indonesia, yaitu: batik tulis, batik cap dan batik printing atau sablon.


    Perbedaan batik tulis, batik sablon dan batik cap.


    [​IMG]
    • Batik tulis. Memiliki harga ya paling mahal, dikarenakan proses pembuatannya yang rumit dan memakan waktu lama hanya untuk membuat selembar kain batik. Melalui proses dan tahapan yang sangat panjang, semakin banyak warna, semakin rumit disain, membuat lama pembuatan semakin panjang. Ciri khas dari batik tulis adalah, motif batik yang berada di dua sisi kain. Batik tulis dibuat menggunakan canting.


    [​IMG]
    • Batik sablon/printing. Batik yang sebenarnya paling banyak dibuat, karena harganya yang sangat murah dan proses pembuatan yang relatif singkat. Secara umum, pembuatan batik printing, sama dengan teknik sablon biasa, seperti teknik sablon kaos pada umumnya, baik dari proses pewarnaan maupun proses cetak sablonnya dan peralatan sablonnya. Sebetulnya jika dilihat dari tatanan seni membatik, batik printing tidak bisa dikatakan sebagai batik, namun hanya sekedar kain dengan motif batik.


    [​IMG]
    • Batik cap. Batik ini tidak serumit batik tulis dalam proses pembuatannya, sehingga harganya lebih murah dibanding batik tulis. Proses pencetakannya seperti proses stempel yang menggunakan lempengan tembaga yang membentuk corak pada permukaannya. Untuk pewarnaan menggunakan wax/malam tidak seperti batik sablon yang menggunakan pasta.


    Kekurangan dan kelebihan batik sablon / batik printing dibanding batik tulis

    • Batik printing tidak menggunakan lilin / malam. Teknik pembuatan yang menggunakan screen dan tinta pasta sablon, membuat hasil cetak batik sablon terkesan lebih rapi dan lebih bersih dibanding batik tulis, seperti terlihat pada seragam-seragam batik pada umumnya.
    • Teknik pencetakan menggunakan alat sablon atau mesin sablon, sehingga batik sablon sangat cocok untuk produksi skala besar. Penggunaan alat dan mesin sablon, membuat tingkat kesalahan dalam pencetakan menjadi lebih minim dan disain batik dapat dicetak berulang kali.
    • Motif dan warna lebih mudah dibentuk. Batik sablon lebih mudah diperbanyak motif batik yang sudah dicetak dari kain satu ke kain yang lain.
    • Harga lebih murah. Karena kemudahan duplikasi pencetakannya, membuat batik printing dibuat untuk mencetak kain batik dalam skala besar, hal ini lantas membuat harga batik printing menjadi jauh lebih murah dibanding batik tulis.
    • Kurang eksklusif. Karena proses produksi dalam skala besar, membuat batik sablon menjadi kurang eksklusif, terkesan sebagai kain batik murah, minim nilai seni, historis maupun budaya.
    • Warna lekas pudar. Batik printing hanya tercetak pada satu sisi kain, sehingga kurang melekat pada serat kain. Hal ini membuat batik printing lekas pudar dalam pewarnaan.
     
  2. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,169
    Likes Received:
    2,704
    Trophy Points:
    413
    Sayangnya peringatan hari batik masih kurang "greget"... Setidaknya PNS, Guru/siswa pakai batik hari ini.. :)
     
  3. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,871
    Likes Received:
    131
    Trophy Points:
    63
    Jangan sampai batik yang menjadi warisan leluhur menjadi hilang di negri sendiri dan berpindah ke negara lain
    pengrajin batik mesti ada kelanjutan supaya akan selalu ada, demikian juga pengrajin kayu ukir jepara
     
  4. paxspot

    paxspot Member

    Joined:
    Apr 7, 2014
    Messages:
    319
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    kan dulu nyaris tuh diakui oleh tetangga serumpun Malaysia, untung aja gak lama kemudian batik diakui UNESCO sebagain warisan asli dunia dari Indonesia
     
  5. paxspot

    paxspot Member

    Joined:
    Apr 7, 2014
    Messages:
    319
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    iya kang... apalagi sejak pandemi, gk boleh ada perayaan-perayaan, ana sekolah yang harusnya pake batik juga gk boleh tatap muka... mudah-mudahan segera berlalu pandemin ini...
     
  6. Dodo Kancil

    Dodo Kancil Member

    Joined:
    Sep 13, 2015
    Messages:
    196
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Semoga saja kedepannya peringatan Hari Batik Nasional bisa lebih meriah, tentu saja kalo pandemi sudah lewat...semoga (Amin)
     
  7. Ulin

    Ulin Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    389
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Dulu sebelum jualan mebel ane pernah juga jual batik gan
     
  8. RudiGaol

    RudiGaol Member

    Joined:
    Sep 18, 2015
    Messages:
    80
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    8
    pernah berencana jualan batik, udah beli domain, tapi ga jadi.... karena tidak ketemu partner yang pas...........
     
Loading...

Share This Page