Seberapa Pentingnya SEO Dalam Penjualan Kamu? Pelajari Sekarang dan Lihat Konversi Penjualannya

Discussion in 'Search Engine Optimization' started by Skanfrenk, Nov 24, 2020.

  1. Skanfrenk

    Skanfrenk New Member

    Joined:
    Nov 23, 2020
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Perkembangan teknologi dan informasi membuat penjualan produk melalui digital sudah menjadi keharusan yang cukup mutlak dilakukan oleh para produsen. Dengan melonjaknya penggunaan internet dan pencarian informasi melalui media digital membuat para pebisnis sampai penjual kaki lima mulai aware dengan adanya pemasaran melewati media digital, atau bahasa kerennya biasa dikenal “Digital Marketing”.


    Dalam melakukan penjualan online melalui media digital kamu dapat menyebarkan informasi produk hingga brand kamu dengan cepat, tanpa batasan waktu dan juga tanpa batasan volume konsumen sehingga harapan besar dapat mendapatkan pembelian yang besar pula.


    Nah, tau gitu mending dari dulu aja ya jualan melalui online? Eits, tar dulu.. Banyak banget loh jutaan website yang sudah ngantri berusaha jualan online untuk mendapatkan pengunjung, namun website atau page atau gerainya ga banyak diketahui orang. Padahal, traffic yang terbaca di google banyak banget para konsumen nyari produk yang mereka jual.


    Pengen Produk Kamu Dikenal? Nih Cara Pemasarannya.

    Kenapa banyak diantara penjual online sepi pengunjung? Simple banget. Disetiap penjualan konvensional pasti ada namanya sales yang berfungsi meningkat brand awareness dan mengkonversikan menjadi transaksi penjualan. Sales yang setiap saat teriak-teriak di depan toko agar para pengunjung yang lewat toko aware dengan keberadaan toko kamu fungsinya besar banget kan? Dari nawarin sampai mereka melakukan transaksi dilayani oleh sales.


    Nah, di digital marketing ada juga loh yang berfungsi sebagai sales, yaitu penjualan dengan teknik SEO. Bedanya, kali ini “sales SEO” menularkan virusnya tidak dengan teriak-teriak atau menawarkan barang & jasa secara langsung namun dengan teknik sempurna dan cara-cara halus agar para pembeli sadar keberadaan toko kamu dan juga bisa langsung melakukan pembelian.


    Ada Teknik penjualan digital marketing yang fungsinya agar website kamu dikenal oleh banyak pengunjung dunia maya, nah tehnik tersebut dinamakan SEO. Udah kebayang gak sampe sini? Oke, lanjut cara pemasaran dengan teknik SEO di bawah ini.


    Apa Itu SEO? Kenapa Harus Dengan SEO?

    Apa itu SEO? Kenapa sih harus pake SEO kan ada Sosial Media? Iya sih, emang traffic terbesar saat ini penggunaan media digital digunakan untuk akses aplikasi-aplikasi sosial media, namun coba pikirkan deh. Apa iya kalo kamu mau cari barang nyari di Instagram, Twitter, Facebook atau jangan-jangan Pinterest? Ok bisa sih, tapi pasti kebanyakan calon konsumen akan mulai mencari barang dengan cara mengetahui informasi seputar produk yang ia inginkan, hal itu tentu saja informasi yang terpercaya, dengan platform mesin pencari yang sudah dikenal, yaitu mbah Google.


    Gampangnya, fungsi dari SEO itu adalah mengoptimasi web atau halaman kamu menjadi peringkat teratas di google sehingga para user atau calon konsumen langsung mengklik link web kamu. Dengan kata lain SEO atau (Search Engine Optimize) bisa meningkatkan traffic website page kamu.


    Cara Kerja SEO dan Indikator yang Harus Kamu Ketahui

    Pasti kamu penasaran kan bagaimana cara kerja mesin pencari di google? Atau cara kerja SEO? Gampangnya, si Google mempunyai indikator sendiri untuk menentukan web mana yang pantas untuk mendapatkan rank di page pertamanya. Hal tersebut terbaca dari algoritma yang mereka miliki dan syarat ketentuan dari mesin pencari google. Cukup banyak indikator yang harus diketahui agar web kamu bisa masuk ke peringkat teratas.


    Page Web kamu Mau Naik ke Atas? Lihat Indikator Ini

    Indikator di bawah ini berfungsi agar google dapat membaca web kamu dan menaikan web kamu ke page utama google, oleh karena itu indikator ini harus ada. Nah, mau mengoptimasi website kamu? Cek sekarang cara kerja SEO dan indikator yang harus kamu perhatikan.


    1. Artikel Informatif Yang Berstruktur

    Apasih cara halus agar pengunjung datang ke website kamu? Caranya dengan membuat konten tulisan yang berhubungan dengan produk web kamu. Artikel yang kamu buat juga harus menarik dan dapat dihubungkan ke web utama kamu dengan cara melakukan backlink, fungsinya agar para pembaca dapat terbawa alunan virus yang kamu sebarkan dan melakukan konversi transaksi pembelian langsung ke web utama/ gerai produk kamu.


    Untuk penulisan konten tulisan juga masih banyak beberapa yang harus kamu ketahui, seperti keywords yang tepat, penggunaan permalink yang sederhana, serta Meta title dan Meta desc yang menarik dan juga sesuai dengan keywords yang kamu pasang. Selain itu juga ga lupa dengan adanya Heading dan Subheading agar memudahkan para pembaca fokus dengan apa yang ia inginkan dari informasi itu.


    2. Web Yang Aman

    Google juga mengutamakan website-website yang aman dan terpercaya, pasalnya google tidak ingin mengecewakan calon pembaca dengan hoax dan informasi yang bakal merugikan calon pembaca.


    Keamanan data lebih aman dengan menggunakan SSL/TLS. Nah, dengan mengaktifkan SSL/TLS kamu akan terbaca lebih aman oleh google dan mendapatkan ranking oleh google, contoh web yang aman alamat websitenya diawali dengan https//.


    3. Backlink

    Backlink yang dilakukan website lain ke website kamu juga penting loh untuk menentukan google bahwa website kamu mempunyai kredibilitas yang tinggi, apalagi jika blog yang melakukan backlink ke web kamu berasal dari blog yang baik dan berkualitas tinggi. Oleh karena itu, biasanya setiap website mempunyai blog yang berbeda untuk mengoptimasi web utama. Pentingnya penulisan artikel ditandai juga dengan adanya internal link dan external link agar kedua web pendukung (Blog web) dan web utama kamu (Web domain) sama-sama berkualitas


    4. Mengoptimasi Meta Tag

    Meta Tag merupakan gambaran dari page website kamu yang muncul di halaman google. Meta tag sendiri terbagi menjadi 3 bagian yaitu Meta Keywords, Meta Title, dan meta Description. Gampangnya Meta Title adalah Judul, Meta Description adalah deskripsi singkat dari konten yang kamu buat, dan Meta Keywords merupakan kata kunci yang biasanya akan dicari oleh user. 3 indikator dari Meta Tag tersebut harus dioptimasi agar lebih menarik dan cocok dicari oleh user yang sedang mencari informasi yang ia inginkan.


    5. Kecepatan Website

    Bete ga sih kalo kamu masuk ke sebuah web tapi loadingnya lama banget? Nah logikanya seperti itu. Semakin lama loading web tersebut, para calon konsumen kamu juga bakal cabut dan pindah ke web yang memiliki kecepatan. Oleh karena itu kamu juga harus melakukan uji kecepatan terhadap web yang kamu buat sehingga calon pembeli tidak terganggu dengan adanya lola yang membuat mood pembeli hilang.


    Gimana? Bayangkan hasil penjualan kamu jika kamu mendapatkan pelanggan tak terbatas dengan penjualan yang besar. Hal itu tidak bisa kamu dapatkan tanpa adanya teknik SEO yang merupakan “Sales Digital Marketing”. Tunggu apalagi naikan penjualan bisnis kamu dengan mempelajari teknik SEO dan lihat apa yang akan terjadi dengan penjualanmu.
     
  2. Yandiahmadgandasaputra

    Yandiahmadgandasaputra Member

    Joined:
    Aug 4, 2020
    Messages:
    113
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat...Lalu bagaimana cara memastikan kalau SEO itu sudah terpasang dengan benar dan memang berfungsi?
     
  3. Alvi Iqbal Budiarsya

    Alvi Iqbal Budiarsya Member

    Joined:
    Dec 2, 2019
    Messages:
    250
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Mungkin agan bisa jelaskan detailnya satu-satu.

    Kalau bisa kasih minimal 10 referensi. *benci*

    Karena sebagian orang tahu bahwa informasi kisi-kisi saja*berdarah*

    Membuat newbie jadi bingung seperti saya *kerja*
     
  4. Rafting Elo Magelang

    Rafting Elo Magelang New Member

    Joined:
    Nov 18, 2020
    Messages:
    7
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    kalau menurut saya, backlink itu kunci. setelah meta tag. keren, terima kasih.
     
  5. arissaputro

    arissaputro Member

    Joined:
    Sep 27, 2020
    Messages:
    41
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    jualan menggunakan dengan pemasaran melalui optimasi SEO dan Website sendiri,Apa itu tidak kelamaan,bukannya Optimasi SEO itu butuh waktu lama untuk di halaman pertama google apalagi yang no 1,bukannya lebih enak jualan dengan pemasaran melalui iklan seperti beriklan di blog orang lain yang nichenya terkait produk,online store atau google adword.mohon sarannya mas
     
  6. Skanfrenk

    Skanfrenk New Member

    Joined:
    Nov 23, 2020
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Siap suhu @
    Jika semuanya sudah dilakukan tentunya kita bisa terus pantau artikel atau page kita dengan menggunakan tools seperti Search google Console ataupun Ahrefs mas :)
     
  7. Skanfrenk

    Skanfrenk New Member

    Joined:
    Nov 23, 2020
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Terimakasih atas sarannya mas mungkin nanti saya akan membuat lebih terperinci lagi
     
  8. samarindacit

    samarindacit New Member

    Joined:
    Nov 26, 2020
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kalau jualan kita udah page one, dinaikkin harganya kira-kira masih pada beli kaga ya.
     
  9. noer98

    noer98 Member

    Joined:
    Feb 4, 2014
    Messages:
    588
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    hehehe sangat penting, tapi sekarang halaman 1 dikuasai marketplace sama tribunn
     
  10. keepburger

    keepburger Member

    Joined:
    Nov 2, 2018
    Messages:
    86
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    8
    Konten masih nomor 1 untuk bisa nangkring di page one.
    Setuju???
     
    Skanfrenk likes this.
  11. SUBMITClimb

    SUBMITClimb Member

    Joined:
    Jun 6, 2016
    Messages:
    34
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
  12. Chandra Devi

    Chandra Devi New Member

    Joined:
    Feb 22, 2020
    Messages:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Penting banget, tapi persaingan sekarang benar-benar luar binasa :D... lawannya marketplace dan situs berita...
     
  13. Alvi Iqbal Budiarsya

    Alvi Iqbal Budiarsya Member

    Joined:
    Dec 2, 2019
    Messages:
    250
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Konten seperti apa dulu nih? *benci*

    Apakah artikel, PDF, video (youtube), UGC?
     
  14. seowebhosting

    seowebhosting New Member

    Joined:
    Oct 2, 2020
    Messages:
    31
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    mantap artikelnya nih..
    kalo mau berkecimpung di dunia SEO harus punya website kan?
    kita lagi ada promo domain .xyz gratis hosting 3 bulan nih. cocok buat yang mau belajar website sekaligus SEO nya *kagum*
     
  15. Arif Rachman Hakim

    Arif Rachman Hakim Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    386
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    ada satu yang kurang yang cukup penting yaitu data terstruktur bisa dengan json-ld, microdata, atau rdfa. fungsinya agar mesin pencari seperti google bisa memahami isi sebuah halaman.
     
  16. Indra Rizky

    Indra Rizky New Member

    Joined:
    Dec 20, 2017
    Messages:
    40
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Nyimak dulu, pemula masih belajar seo..
     
  17. AmriMF

    AmriMF Member

    Joined:
    Jan 31, 2015
    Messages:
    428
    Likes Received:
    49
    Trophy Points:
    28
    Google+:
  18. Pika

    Pika New Member

    Joined:
    Nov 30, 2020
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    GG ini artikel, SEO itu soalnya sulit dan bikin frustasi, tapi kalo udah ketemu flownya asik banget.
     
  19. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,773
    Likes Received:
    126
    Trophy Points:
    63
    Toolnya ini kayaknya berbayar ya om Ahrefs
    kalau yang gratisan ada gak om
     
  20. Ayoni Sulthon

    Ayoni Sulthon New Member

    Joined:
    Oct 30, 2018
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kalau menurut saya, yang utama itu SEO in page, lalu baru SEO off page.
    on page mencakup
    H1. H2 sampai H4
    sedangkan Seo off page mencakup bagaimana pembuatan backlink.
     
Loading...

Share This Page