Review Spesifikasi dan Harga Mobil Toyota Soluna Bekas

Discussion in 'Otomotif' started by andikasa, Jan 12, 2022.

  1. andikasa

    andikasa Member

    Joined:
    Nov 27, 2020
    Messages:
    168
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Toyota Soluna adalah mobil sedan kecil yang diproduksi oleh Toyota Motor Thailand dari Tahun 1996 hingga 2002. Toyota Soluna diproduksi untuk pasar ASEAN yang terdiri dari Thailand, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Filipina. Di Indonesia, Toyota Soluna mulai dipasarkan pada tahun 1997 hingga tahun 2003 dijual di bawah posisi Toyota Corolla All New dan digantikan dengan Toyota Vios pada bulan Mei 2003. Sebelum digantikan oleh Toyota Vios, Toyota melakukan perubahan minor atau facelift pada Soluna pada tahun 2000.

    [​IMG]

    Pada tahun 2000, Toyota meluncurkan Toyota Soluna Facelift dengan beberapa ubahan pada eksterior dan interior. Toyota melakukan langkah facelift terhadap Soluna guna menghadang Suzuki Baleno Facelift sebagai pemain baru dalam segmen ini dan juga Honda City Type-Z yang merupakan hasil facelift dari Honda City EXi.

    [​IMG]

    Pada masanya, mobil besutan Toyota satu ini banyak diimpikan banyak orang terutama untuk kalangan anak muda. Hal tersebut bukan tanpa alasan, namun kehadiran mobil ini membawa desain kompak dengan tampilan yang lebih modern. Bahkan jika dilihat, tampilannya berbeda dengan mobil sedan di jamannya. Walaupun untuk produksinya tergolong tidak lama, namun pada saat itu Toyota Soluna mempunyai 2 varian yaitu XLI dan GLI.

    Fitur

    Untuk fitur Toyota Soluna di jamannya terbilang cukup mumpuni. Bahkan ada fitur modern yang dapat memberikan nilai plus pada mobil sedan Toyota satu ini. Adapun fiturnya meliputi elektrik mirror, remote alarm, central lock dan juga takometer. Namun perlu diketahui bahwa beberapa fitur yang disebutkan bisa saja belum dimiliki, tergantung varian dari Toyota Soluna.

    Eksterior

    Pada bagian depan Toyota Soluna mempunyai headlamp yang ukurannya terbilang kecil dengan berpadu dengan penutup lampu sein warna kuning. Di bagian grill memiliki garis yang jaraknya agak renggang berpadu dengan logo Toyota di bagian tengah. Desain yang diberikan terbilang cukup banyak diminati di masanya, apalagi kesan mobil sedan yang mudah dimodifikasi membuatnya sangat menarik.

    [​IMG]

    Pada bagian belakang Toyota Soluna, desainnya tampak besar dengan lampu belakang terlihat unik. Hal tersebut dikarenakan perpaduan warna antara merah dan kristal. Tidak begitu banyak lekukan di bagian ini, hanya saja seperti ada pembatas antara bumper dengan bagian pintu bagasi dan lampu belakang.

    Interior

    Di bagian interiornya terlihat sederhana layaknya mobil tahun 90-an akhir menjelang tahun 2000. Namun perlu diketahui, untuk bahan material yang digunakan terbilang standar. Desain dashboardnya dibuat mencekung pada bagian tengahnya bisa untuk menempatkan beberapa barang kecil. Di bagian tengah terdapat kisi-kisi AC dan beberapa fitur lainnya yang terkemas dalam head unit.

    [​IMG]

    Toyota Soluna memiliki kapasitas kabin yang cukup luas layaknya mobil sedan pada umumnya. Sedan Soluna ini memiliki 2 baris kursi yang dapat menampung 5 orang dewasa. Bahan material jok pada sedan Soluna ini memiliki material jok busa yang boleh dibilang cukup bagus pada masa itu, tentu kalau dibandingkan dengan kualitas jok mobil masa kini ya akan terasa jelek. Pada bagian bagasi mobil ini juga memiliki kapasitas bagasi yang cukup luas sehingga dapat memuat cukup banyak barang pada mobil ini.

    Mesin

    Berlanjut ke bagian mesin, yang mana Toyota Soluna menggunakan tipe 5A-FE 1.5 liter dengan kapasitas 1.500 cc. Mesin tersebut berpadu dengan 4 silinder segaris dengan 16 katup DOHC. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 124 Nm pada putaran 4.800 Rpm. Sedangkan untuk torsi puncaknya mencapai 93 Hp pada putaran 5.600 Rpm.

    Harga Bekas

    Harga bekas dari mobil Toyota Soluna pada daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi kini sudah sangat terjangkau yaitu berada pada rentang harga Rp 30 juta hingga Rp 50 juta. Harga yang sangat menggoda mengingat kualitas dari mobil Toyota Soluna ini.

    Kesimpulan

    Sebagai sebuah mobil sedan, Toyota Soluna menjadi salah satu kendaraan yang digemari oleh anak muda. Memang dari segi keluasan kabin tidak terlalu besar, namun setidaknya dapat memenuhi kebutuhan berkendara sebuah keluarga dalam skala kecil. Selain itu mesin yang dimiliki cukup bertenaga dan siap untuk menerjang jalanan perkotaan dengan mudah. Ditambah lagi mobil segmen sedan mudah sekali dilakukan modifikasi. Sehingga saat ingin merubahnya sesuai keinginan dapat dilakukan dengan mudah.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,041
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Menarik juga tuh harga bekasnya setara dengan peugeot 206, tapi tergantung tahun dan kondisi mobilnya juga
    membeli mobil bekas harus teliti supaya tidak terlalu banyak keluar biaya.
     
Loading...

Share This Page