Resiko duduk terlalu lama di kursi kantor

Discussion in 'General Lifestyle' started by AndiSw, Aug 8, 2018.

  1. AndiSw

    AndiSw New Member

    Joined:
    Jun 9, 2017
    Messages:
    16
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Ketika Anda berkeja sambil duduk di kursi kantor, Anda akan menggunakan lebih sedikit energi daripada saat Anda berdiri atau bergerak. Penelitian telah melihat adanya hubungan antara aktivitas duduk untuk jangka waktu yang lama dengan sejumlah masalah kesehatan. Masalah kesehatan yg muncul termasuk obesitas dan kelompok kondisi - peningkatan tekanan darah, gula darah tinggi, kelebihan lemak tubuh di sekitar pinggang dan kadar kolesterol abnormal - yang membentuk sindrom metabolik. Terlalu banyak duduk di tempat kerja secara keseluruhan dan periode duduk yang berkepanjangan juga tampaknya akan meningkatkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular dan kanker.

    Setiap aktivitas duduk yg diperpanjang - seperti di meja, di belakang kemudi atau di depan layar - bisa berbahaya. Analisis dari 13 studi tentang waktu duduk dan tingkat aktivitas kerja di kantor, menemukan bahwa mereka yang duduk selama lebih dari delapan jam sehari tanpa aktivitas fisik memiliki risiko kematian yang mirip dengan risiko kematian akibat obesitas dan merokok. Namun, tidak seperti beberapa penelitian lain, analisis data ini dari lebih dari 1 juta orang menemukan bahwa 60 hingga 75 menit aktivitas fisik yang cukup intens sehari membantah efek dari terlalu banyak duduk. Studi lain menemukan bahwa waktu duduk hanya berkontribusi sedikit untuk kematian bagi orang yang paling aktif.


    Lebih banyak studi diperlukan pada efek duduk dan aktivitas fisik pada kesehatan. Namun, tampaknya jelas bahwa mengurangi duduk di sebuah kursi kerja dan lebih banyak bergerak memberi berkontribusi pada kesehatan yang lebih baik. Anda mungkin mulai dengan hanya berdiri daripada duduk ketika Anda memiliki kesempatan atau menemukan cara untuk berjalan saat Anda bekerja.

    [​IMG]
    Sebagai contoh:

    · Beristirahatlah dari duduk setiap 30 menit.

    · Berdiri sambil berbicara di telepon atau menonton televisi.

    · Jika Anda bekerja di sebuah meja kantor, cobalah bekerja sambil berdiri - atau berimprovisasi dengan meja kerja yang lebih tinggi.

    · Berjalanlah bersama kolega Anda untuk rapat daripada duduk di ruang konferensi.

    · Posisikan permukaan kerja Anda di atas treadmill - dengan layar komputer dan keyboard pada dudukan atau meja vertikal khusus treadmill - sehingga Anda dapat bergerak sepanjang hari.


    Dampak dari aktivitas – aktivitas gerakan yang biasa saja tersebut bisa sangat mendalam. Sebagai permulaan, Anda akan membakar lebih banyak kalori. Ini dapat menyebabkan penurunan berat badan dan peningkatan energi. Juga, aktivitas fisik akan membantu menjaga kekuatan otot, kemampuan Anda untuk bergerak dan kesehatan mental Anda, terutama saat Anda sudah tidak bekerja di kantor / pensiun dan bertambah usia .

    So... jangan terlalu tenggelam dalam keasyikan bekerja di atas kursi kantor yang nyaman , ber “gerak” lah untuk hidup yang lebih sehat.


    Sumber : www.mayoclinic.org
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,720
    Likes Received:
    124
    Trophy Points:
    63
    Kalau sopir bus juga bisa lama duduk di atas kurisi bus ini apa juga kurang baik untuk kesehatan gak ya
    kebanyakan yang suka duduk lama perutnya pada buncit kenapa ya
     
  3. Rimanur

    Rimanur Member

    Joined:
    Aug 31, 2017
    Messages:
    638
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    aku termasuk orang yang kerjanya duduk nongkrongin komputer, ksl juga si. Rasanya pengen joged gitu tapi di awasi cctv :( mau ke wc jauuuu akutu. Emang gak bagus sih buat kesehatan, kuncinya hrs banyakin minum biar gak kena saraf
     
Loading...

Share This Page