Profil Timnas Rusia di Piala Eropa 2020: Dibayangi Sukses Masa Lalu

Discussion in 'Bola' started by bimo dimas, May 10, 2021.

  1. bimo dimas

    bimo dimas Member

    Joined:
    Oct 26, 2020
    Messages:
    246
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    BolaSkor.com
    – Timnas Rusia bukan negara besar dengan tradisi kuat kala berbicara sepak bola Eropa khususnya di turnamen besar, tetapi ketika mengingat masa lalu kala masih menjadi Uni Soviet (US) mereka disegani di Eropa.

    Jika dikombinasikan dari era Uni Soviet hingga Rusia mereka sudah berpatisipasi di 11 turnamen Piala Eropa. Dari partisipasi itu mereka sekali memenanginya pada 1960 di kala diperkuat kiper legendaris Lev Yashin.

    Tidak mudah bagi Rusia mencapai fase grup Piala Eropa 2020. Negara berjuluk Our Guys itu lolos sebagai runner-up Kualifikasi Grup I di bawah Belgia. Selain keduanya ada juga Skotlandia, Siprus, Kazakhstan, dan San Marino di grup yang sama.

    Rusia memiliki 24 poin – terpaut enam poin dari Belgia – dan berada di atas Skotlandia (15 poin). Rusia memiliki catatan delapan kemenangan dan dua kekalahan tanpa raihan imbang. Di Piala Eropa 2020 Rusia tergabung di grup B sebagai tuan rumah bersama Denmark, Belgia, dan Finlandia.

    Ketika masih bernama Uni Soviet mereka menjadi runners-up tiga kali di Piala Eropa dan saat menjadi Rusia pencapain terbaik terjadi pada 2008. Kala itu Guus Hiddink memimpin skuad mencapai semifinal Piala Eropa 2008, menyingkirkan Belanda dengan skor 3-1 di perempat final.

    Momen ketika mengalahkan Belanda itu menjadi budaya sepak bola Rusia dengan gesture selebrasi Andrey Arshavin yang menyindir haters dan komentator televisi.

    Lalu pada Piala Eropa 2004 ketika Rusia menang 2-1 atas Yunani di fase grup Dmitri Kirichenko mencetak gol tercepat dalam kurun waktu 67 detik laga dimulai. Golnya itu bertahan sebagai salah satu gol tercepat di Piala Eropa.

    Pada 1960 Lev Yashin memimpin Uni Soviet juara Piala Eropa dengan mengalahkan Yugoslavia di final dengan skor 2-1. Gol dari Milan Galic dibalas oleh Slava Metreveli dan Viktor Ponedelnik. Terakhir pada 1988 US mencapai final terakhir mereka dan pada akhirnya kalah 0-2 melawan Belanda.

    Pemain Kunci

    Tiga nama patut dikedepankan sebagai pemain-pemain kunci dalam tim besutan Stanislav Cherchesov. Ketiga pemain itu adalah Mario Fernandes (30 tahun), Aleksandr Golovin (24 tahun), dan Artem Dzyuba (32 tahun).

    Selepas Igor Akinfeev pensiun Dzyuba menjadi kapten Rusia dengan catatan 50 caps dan 29 gol sejauh ini. Striker Zenit Saint Petersburg menjadi ujung tombak andalan dalam urusan mencetak gol, memberi assist, menahan bola, dan terlibat dalam permainan tim.

    Sementara Golovin yang saat ini membela AS Monaco sudah memiliki 36 caps dan lima gol di usia realatif muda. Perannya sebagai gelandang serang dan pengalaman bermain di luar Rusia bisa membantu Rusia.

    Sementara Mario Fernandes full-back yang kuat ketika bertahan dan cepat kala melakukan serangan (overlap). Penilik lima gol dan 28 caps sudah sembilan tahun membela CSKA Moscow sejak pergi dari Gremio.

    Pelatih

    Namanya melegenda di Rusia sebagai legenda kiper Spartak Moscow dan Tirol Innsbruck. Stanislav Cherchesov (57 tahun) juga pernah memperkuat timnas Uni Soviet, CIS, dan Rusia. Karier kepelatihannya dimulai dari 2004.

    Beberapa klub besar Rusia yang pernah dilatihnya adalah Terek Grozny, Amkar Perm, dan Dynamo Moscow. Cherchesov juga pernah setahun melatih klub Polandia Legia Warsawa (2015-2016). Cherchesov sudah ditunjuk melatih Rusia sejak 2016.

    Persentase kemenangannya bersama Rusia mencapai 42,31 persen dan pada Piala Dunia 2018 membawa Rusia mencapai perempat final.

    Prediksi Formasi

    Timnas Rusia (4-2-3-1): Anton Shunin; Vyacheslav Karavayev, Georgi Dzhikiya, Andrei Semyonov, Mario Fernandes; Daniil Fomin, Ilzat Akhmetov, Aleksei Ionov, Aleksandr Golovin, Daler Kuzyavev; Artem Dzyuba

    Jadwal Pertandingan

    Belgia vs Rusia (13/06 – 02.00 WIB – Stadion Krestovsky)
    Finlandia vs Rusia (16/06 – 20.00 WIB - Stadion Krestovsky)
    Rusia vs Denmark (22/06 – 02.00 WIB - Stadion Krestovsky)

    Sumber: Link
     
Loading...

Share This Page