Point-point Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Investasi Emas

Discussion in 'General Lifestyle' started by Roby Ramadhan, Jul 6, 2017.

  1. Roby Ramadhan

    Roby Ramadhan Member

    Joined:
    Feb 1, 2017
    Messages:
    124
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    Semakin tingginya kebutuhan hidup, manusia semakin cerdas dalam menentukan berbagai bentuk simpanan termasuk investasi. Banyak cara dilakukan seperti menabung, deposito, membeli berbagai properti hingga membeli emas batangan maupun perhiasan. Dari semua cara tersebut menabung dan memiliki investasi emas adalah yang paling banyak dilakukan. Menabung sendiri sebenarnya bukanlah cara berinvestasi yang menguntungkan jika nilai tabungan Anda kecil. Namun dengan sistem tabungan berjangka atau deposito maka ada kemungkinan nilai tabungan Anda akan menjadi lebih besar. Hal yang berbeda terjadi jika Anda memilih berinvestasi dengan cara membeli emas baik perhiasan maupun batangan.

    Harga emas seperti diketahui mengalami masa naik dan turun yang dipengaruhi oleh banyak hal. Naik turunnya emas terkadang terjadi dengan tiba-tiba bahkan dalam hitungan jam terutama pada jual beli emas batangan atau emas antam. Fenomena tersebut dapat Anda manfaatkan sebagai bentuk investasi seperti ketika Anda bermain saham. Bedanya proses pembelian emas lebih mudah dan murah sehingga lebih terbuka bagi banyak kalangan masyarakat. Masyarakat dapat melakukan investasi dengan cara yang paling mudah yaitu membeli emas berupa perhiasan di toko. Selain sebagai investasi, perhiasan emas juga dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang yang menyukai penggunaan perhiasan.

    Jika Anda ingin berinvestasi dengan cara membeli dan menyimpan emas, maka ada beberapa point yang harus Anda perhatikan sebelum membeli emas tertentu. Point-point tersebut antara lain:
    Jika Anda adalah seseorang yang menyukai memakai perhiasan emas, maka Anda dapat berinvestasi dengan cara membeli perhiasan emas karena dapat juga Anda pakai jika diperlukan. Namun apabila Anda lebih suka menyimpan emas tersebut maka membeli emas batangan akan lebih mudah dalam penyimpanannya.
    • Tempat pembelian.
    Jika Anda ingin investasi emas dalam bentuk perhiasan maka Anda dapat mengunjungi berbagai toko perhiasan yang menjual emas dengan memberikan kuitansi pembelian resmi. Sedangkan jika Anda ingin membeli emas dalam bentuk batangan, maka membeli langsung dari PT Antam atau di pegadaian sangat dianjurkan dari pada di tempat lainnya.
    • Ukuran emas
    Jika Anda memilih membeli emas batangan, ada baiknya Anda membeli dalam ukuran yang lebih kecil. Hal tersebut akan menyebabkan Anda lebih fleksibel ketika menjualnya. Sama seperti uang maka Anda dapat membelanjakannya sedikit demi sedikit, sedangkan pada emas ukuran kecil, Anda juga dapat menjualnya satu per satu. Sedangkan untuk emas dalam ukuran besar, Anda harus menjualnya satu keping penuh padahal mungkin kebutuhan Anda tidak sebanyak nominal penjualan emas tersebut.
    • Persiapkan tempat penyimpanan
    Emas adalah bentuk investasi yang sangat mudah untuk dibeli maupun dijual. Karenanya Anda perlu menjaga emas yang Anda miliki karena jika sudah berpindah tangan meskipun secara kriminal maka pemilik barunya dapat menjual emas tersebut dengan mudah. Persiapkan tempat khusus di rumah atau Anda dapat menyewa deposit box di bank tertentu.

    Itulah beberapa point penting yang harus Anda perhatikan sebelum memilih melakukan investasi emas. Uang yang akan Anda habiskan untuk membeli emas tidaklah sedikit dan bahkan dengan cara mencicil, untuk itu Anda harus juga bisa menjaga penyimpanannya untuk kemudian dapat memanfaatkannya dengan bijak di saat-saat yang tepat. Juallah perhiasan emas yang Anda miliki di tempat Anda membeli agar Anda mendapatkan harga yang lebih tinggi. Untuk emas batangan, Anda dapat menjualnya di berbagai tempat yang menerimanya karena sifatnya lebih fleksibel.

    Related Thread :
     
  2. Rip Neko

    Rip Neko Member

    Joined:
    Jun 22, 2017
    Messages:
    135
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Untuk penyimpanan kayanya harus di tempat khusus yang cuma diketahui pemiliknya aja ia?
     
  3. Andre

    Andre Member

    Joined:
    Apr 12, 2013
    Messages:
    483
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    untuk penyim*berkeringat*panan memang harus rahasia dan kalau bisa dibawah tanah
     
  4. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    487
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    emas batangan sebenarnya paling bermasalah dalam hal penyimpanan, tau sendiri kalau nyimpe emas di rumah takut kebobol maling
     
Loading...

Share This Page