Persiapan Memulai Bisnis Jasa Catering Aqiqah Terbaik

Discussion in 'General Business' started by angkatandelapan, Dec 7, 2020.

  1. angkatandelapan

    angkatandelapan Member

    Joined:
    Dec 12, 2018
    Messages:
    42
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Bagi umat Islam, kelahiran seorang anak dirayakan dengan penyembelihan seekor kambing. Proses yang disebut aqiqah diartikan sebagai rasa syukur atas kelahiran anak, sekaligus untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama.

    Daging aqiqah biasanya dimasak dalam bentuk sate kambing dan kari, kemudian dibagikan kepada tetangga atau kerabat. Adapun hukum aqeeqahnya adalah satu kambing untuk bayi dan dua kambing untuk anak laki-laki.


    Dulu, kebanyakan orang akan menyembelih dan mengolah sendiri daging kambingnya. Untung saja menggelar aqiqah tidak sesulit sebelumnya.
    [​IMG]

    Dalam pengertian ini sebenarnya ada layanan aqiqah yang bisa langsung membantu semua prosesi aqiqah. Dimulai dengan penyembelihan kambing, mengolah daging hingga pembuatan souvenir.

    Tentunya cara ini praktis dan tidak lepas dari hukum Islam yang dianjurkan. Meski bukan merupakan ibadah wajib, namun kesadaran umat Islam untuk melaksanakan aqiqah bagi anak-anaknya semakin meningkat.

    Namun, di sisi lain, mereka menginginkan layanan yang diterima juga. Jika Anda mencari bisnis sampingan yang potensial sampai taraf tertentu, tidak ada salahnya mencoba peruntungan baru dengan membuka perusahaan katering aqiqah.

    Ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan agar bisnis ini terus berkembang, berikut tipsnya:

    1. Mempersiapkan modal komersial

    Bukan hanya niat, tapi yang terpenting dalam memulai bisnis adalah ketersediaan modal. Modal awal untuk mempersiapkan kambing sangat besar.

    Harga kambing saat ini berada pada kisaran Rp3 juta hingga Rp3 juta. Jika 10 pesanan diterima, uang yang harus disiapkan setidaknya sekitar Rs. 40 juta lebih.

    2. Bekerja sama dengan peternak kambing

    Kambing bisa dibeli dari pemelihara kambing atau di pasar hewan. Anda hanya perlu menyediakan tempat berteduh untuk ternak.

    Tidak harus terlalu besar, dengan luas 20 m., Anda benar-benar bisa membuat tempat berteduh. Persyaratan kambing yang digunakan untuk menikah:

    • Sehat dan tidak terhalang
    • Memasuki usia tulang dada minimal enam bulan
    • Beratnya tidak kurang dari 16 kg

    Namun, jika Anda tidak memiliki lahan untuk beternak kambing, beberapa usaha sampingan di Al Aqiqah mungkin memilih bekerja dengan peternakan tertentu.

    Oleh karena itu, semua kebutuhan kambing akan terpenuhi dari pihak mereka.

    3. Daftar Masakan harus bervariasi

    Sebagai jasa aqiqah bekasi (baca jasa aqiqah), Anda juga harus kreatif dalam menentukan daftar daging olahan. Dengan berpegang pada prinsip bahwa apapun pesanan konsumen, harus dipenuhi sebaik mungkin.

    Biasanya pelanggan akan tertarik dengan menu yang lebih variatif. Tidak hanya sate atau gulai saja, tetapi juga menyediakan berbagai jenis olahan kambing lainnya, seperti goat roll, sup, tongseng dan steak.

    Olahan kambing tersebut akan Anda kemas dalam nampan nasi bersama nasi dan snack lainnya.

    4. Pemberian harga paket yang bervariasi

    Kemudian tentukan harga tiap paket. Tandai saja ukuran kambing yang dibutuhkan.

    Misalnya paket Rp. 1 juta bentuk kambing menghasilkan 300 tusuk sate dan 50 porsi kari setelah perawatan. Sementara itu, paket tersebut menghasilkan Rp 2,5 juta 700 tusuk sate dan 100 porsi kari.

    Agar pelanggan lebih perhatian, tawarkan jasa pengiriman gratis untuk mereka yang tinggal tidak jauh dari tempat tinggal Anda. Sedangkan untuk beras kaleng, harganya tentu di luar paket kambing.

    Harga beras olahan sudah termasuk beras olahan, kerupuk, buah-buahan dan daging, dan Anda bisa menandainya dengan harga Rp 13.000 per bungkus.

    5. Identifikasi media promosi yang tepat

    Promosi adalah bagian terpenting dari bisnis. Jika hal ini tidak dilakukan secara maksimal maka Restoran Al Aqiqah tidak akan dikenal oleh siapapun nantinya.

    Pilih media promosi yang saat ini banyak diminati, seperti media sosial. Melalui akun ini Anda bisa mengetahui jenis dan harga kambing yang dijual.

    Termasuk layanan yang komprehensif. Jika perlu, terkadang posting hal berbeda tentang pernikahan yang bisa mendidik bagi calon klien.

    Selain beriklan di media, mereka juga melakukan pemasaran dengan membagikan buku doa dalam kotak nasi. Pada dasarnya Anda tidak perlu memiliki keahlian khusus untuk mengelola bisnis sampingan ini.

    Asalkan alat pemotong dan pengolah domba yang Anda pilih juga ahli di bidangnya. Jika memungkinkan, coba buka kerjasama dengan beberapa rumah sakit bersalin.

    Kontribusi yang mereka berikan dikatakan sangat besar, dan bisa mencapai 30% untuk meningkatkan penjualan Anda.
     
  2. Gifterindo

    Gifterindo Member

    Joined:
    Nov 20, 2020
    Messages:
    43
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Media promosi yang tepat emang penting banget sih buat bisnis apa aja
     
Loading...

Share This Page