Perlukah Memasang CCTV di Tempat Kerja?

Discussion in 'General Business' started by masmul, Sep 25, 2017.

  1. masmul

    masmul New Member

    Joined:
    Aug 16, 2017
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]
    Untuk sebagian perusahaan, memasang CCTV di tempat kerja adalah hal yang harus dilakukan. Biasanya pemasangan CCTV dilakukan dengan alasan untuk memantau produktivitas para karyawan. Atau dengan kata lain ingin memastikan agar karyawan bekerja dengan maksimal.

    Namun, hal ini bisa jadi malah akan menyebabkan karyawan merasa tidak dipercaya dan tidak nyaman karena ruang privasinya terganggu.

    Lalu, apa yang seharusnya dilakukan? Perlukah memasang CCTV di tempat kerja? Atau memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada karyawan?

    1. Keterlibatan Hukum

    Untuk sebagian besar daerah, memasang CCTV guna memantau karyawan merupakan hal yang legal untuk dilakukan. Namun ada pula daerah yang tak melegalkan pemasangan CCTV dengan berbagai alasan dan kebijakan masing-masing.

    Memantau kondisi kantor sebenarnya dapat membantu mencegah kemungkinan masalah hukum lainnya. Pemantauan dengan CCTV dapat membuat karyawan enggan mengakses misalnya website yang berbau pornografi, menerima atau mengirim email tertentu dan bahkan menjaga sikap sopan santun antara karyawan.

    2. Pengawasan Tindak Berbahaya

    Pada beberapa perusahaan, peningkatan produktivitas karyawan dapat dicapai tanpa harus adanya pemantauan dari CCTV. Namun, pemasangan CCTV dapat "mendeteksi" adanya aktivitas berbahaya yang kemudian rekaman CCTV tersebut bisa digunakan sebagai bahan penyelidikan oleh pihak berwenang.

    Hal ini menunjukkan bahwa CCTV digunakan tidak hanya untuk mengawasi produktivitas karyawan saja, namun mengantisipasi tindak berbahaya.

    3. Dampak pada Budaya Perusahaan

    Ada banyak perusahaan yang memiliki budaya untuk memberikan kepercayaan dan kebebasan bagi para karyawannya. Oleh karena itiu, penggunaan CCTV dirasa akan mematahkan kepercayaan tersebut dan merusak budaya perusahaan.

    Dalam beberapa kasus, hal ini bisa menambah atau malah mengurangi potensial dan kemampuan karyawan. Pastikan keputusan Anda mengenai pemasangan CCTV diambil tanpa berakibat melemahkan perusahaan.

    4. Hasil Produktivitas

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu alasan utama perusahaan memasang CCTV di ruangan kantor adalah mengawasi karyawan yang bekerja tak maksimal.

    Karyawan yang sadar dirinya sedang diawasi melalui CCTV secara otomatis akan meningkatkan produktivitas mereka.

    Jika kondisi kantor Anda memang membutuhkan pemasangan CCTV dengan alasan ini, maka tidak ada salahnya untuk dilakukan demi mencapai tujuan perusahan dan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif.

    5. Komunikasikan Informasi Mengenai CCTV ke Karyawan

    Jika Anda ingin memasang CCTV, sebaiknya komunikasikan hal ini kepada karyawan terlebih dahulu beserta dengan alasan yang mendorong keputusan Anda.

    Dalam beberapa kasus, hal ini sering kali akan "menakutkan" karyawan sehingga mereka akan mengubah kebiasaan buruknya. Jika ini terjadi, maka Anda bisa menunda pemasangan CCTV.

    Namun demikian, jika memang Anda benar-benar ingin memasang CCTV, maka beritahu karyawan mengenai hal-hal apa saja yang akan dipantau dan apa yang Anda harapkan dapat berubah dari karyawan.
     
  2. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,584
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    Kalau di perusahaan yang menjual produk lebih penting mengawasi karyawannya apa mengawasi produknya?
     
  3. Iya sangat perlu banget apabila ada terjadi hal hal apa saja, bisa terekam cctv
     
  4. ruslan58

    ruslan58 New Member

    Joined:
    Jul 15, 2014
    Messages:
    20
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Sebenernya kalau masang CCTV, sebenernya untuk karyawan juga bisa diinformasikan...
    Supaya seenggaknya karyawannya tahu kalau ada CCTV di kantor sehingga ia bisa segan atau nggak bisa main-main kalau berada di kantor tersebut.
    Kalau kantor saya sih mantau karyawan bukan dari CCTV, dari hasil (report) karena maklum lah perusahaan digital agency memang yang penting hasil kerja kerasnya keliaan banget dari reportkan :D
     
  5. IrfanCahayaPasundan

    IrfanCahayaPasundan Member

    Joined:
    Oct 3, 2017
    Messages:
    46
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    kayanya dua" nya deh, yg keren sekarang cctv online, jadi pemilik perusahaan bisa dirumah sambil tiduran ngawasin kerja karyawannya, mantap kan
     
  6. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,045
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Nah itu sekarang ini penggunaan cctv juga sudah dibarengi dengan suara yang bisa didengar di sekitar lokasi kamera terpasang, seperti yang dikembangkan untuk memantau lalulintas di kota besar sudah ada yang memberikan peringatan lewat cctv
     
  7. davidrahman

    davidrahman Member

    Joined:
    Jun 4, 2014
    Messages:
    899
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    keduanya sangat perlu untuk diawasi
     
Loading...

Share This Page