Perilaku Orang Ngeyel

Discussion in 'Infotainment' started by mimi.do, Jun 13, 2014.

  1. mimi.do

    mimi.do Member

    Joined:
    May 27, 2014
    Messages:
    176
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Pe-NGEYEL-an Ala Orang Bodoh

    ** Ada sebuah Kisah menarik :

    Dua orang berdebat tentang berapakah hasil dari 7 dikali 4. Yang satu dengan yakin dan tak mau kalah mengatakan hasilnya adalah 28. Tapi, lawannya ngeyel bilang hasilnya 27 Karena perdebatan tidak berujung dan gak ada yang mau kalah. Dibawalah kehadapan hakim agar diputuskan siapa yang benar dan siapa yang salah.

    Maka Sang Hakim memutuskan bersalah dan memberi hukuman pada orang yang berkata 28.

    Orang itu pun marah dan protes, "Wahai hakim Saya yang benar, Mengapa saya yang justru diputuskan bersalah dan dihukum...??!"

    Jawab Hakim : "Aku tau kamulah yang benar dan aku pun akan menjawab hasilnya 28 jika ditanya pertanyaan 7 dikali 4, bahkan seisi orang di dalam sini mengakui engkau lah yang benar. Tapi, Orang yang menghabiskan waktu mendebat orang jahil dan ngeyel adalah yang salah !!"

    ===============
    Ketahuilah, Orang yang ngeyel, entah ia bener atau salah, tetap saja ia akan mempertahankan pendapatnya. Jadi Percuma menghabiskan waktu meladeni mereka..

    Imam Syafi'i rahimahullah pun pernah berkata :
    "Aku sanggup berdebat dengan 10 (sepuluh) orang Alim, namun aku tak sanggup berdebat dengan 1 (satu) orang jahil, karena orang jahil tak tahu jalannya ilmu."
    Maka (sekali lagi), sikap terbijak dalam menanggapi orang-orang JAHIL nan NGEYEL, adalah MENGABAIKANNYA. Lihatlah Singa, singa tetap ditakuti meski SEDANG DIAM. Namun lihatlah anjing, anjing akan ditimpuk jika TERLALU BANYAK MENGGONGGONG

    Jadi begini aja menyikapinya.
    Jika ada perbedaan pendapat, ga usah adu mulut, apalagi sampe emosi. Sampaikan argumentasi kita dengan sopan, dengan cara yg lebih baik (liat QS. An Nahl: 125) dengan disertai hujjah.

    Berikut terjemahannya:
    “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. An Nahl: 125)

    Hujjah itu rujukan, yang mendasari argumen kita. Dalam hal ini tentu aja Al Qur’an dan sunnah Rasulullah lah rujukan kita, dengan pemahaman salafus sholeh, generasi terbaik yg pernah ada di muka bumi ini. Berpeganglah pada keduanya (Al Qur’an dan sunnah Rasulullah), niscaya kita tidak akan tersesat.

    Hindarilah debat dgn orang2 yg pandai bersilat lidah, yg hanya mengandalkan hawa nafsu tanpa didasari ilmu agama. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Orang yg paling dibenci Alloh adalah orang yg paling keras penentangannya lagi lihai bersilat lidah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

    Jadi cukuplah kasih satu dua kali argumen, sertakan dalil pendukung argumen kita.
    Cukup.
    Doa kan kebaikan bagi saudara kita itu. Lalu tinggalkan lah debat.
    Inna robbaka (Sesungguhnya Tuhanmu) huwa a’lamu bimandhola ansabiilih (Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya), wa huwa a’lamu bilmuhtadiin (dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk).

    Abu Umamah meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Aku menjamin sebuah rumah di pinggiran syurga bagi orang yang meninggalkan perdebatan sekalipun ia benar, dan sebuah rumah di tengah syurga bagi orang yang meninggalkan dusta, dan sebuah rumah di puncak syurga bagi orang yang memperelokkan akhlaknya.” (H.R. Abu Dawud, hasan)
    [​IMG]
     
    ncang likes this.
  2. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,655
    Likes Received:
    758
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    bener yah, kadang tidak sadar atau terlalu memaksakan ego berbusa dan berbuih gara2 sebuah pepesan kosong :D ,
     
  3. mimi.do

    mimi.do Member

    Joined:
    May 27, 2014
    Messages:
    176
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    semoga kita terhindar dari perbuatan seperti itu .. Aamiin :)
     
  4. rattan

    rattan Active Member

    Joined:
    Apr 29, 2014
    Messages:
    985
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    apalagi debat yang tak ada manfaatnya sedikitpun kepada kita
    hanya menambah rasa tak nyaman dan kebencian
     
  5. mimi.do

    mimi.do Member

    Joined:
    May 27, 2014
    Messages:
    176
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    yaps betull, cukup kasih sanggahan dan bukti tapi kalo masih ngotot tinggalin.........
     
  6. rattan

    rattan Active Member

    Joined:
    Apr 29, 2014
    Messages:
    985
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    ya.. klo kita masih meladeni... sebetulnya kita adalah sama dengan mereka yang ngeyel
    tak ada beda

    cheers
     
  7. Jumbulen

    Jumbulen Member

    Joined:
    Dec 22, 2012
    Messages:
    73
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Kalau begitu berarti harusnya tidak ada namanya peradilan karena semua pasti ngeyel :D misal si A diperkosa oleh si B lalu si B bilang tidak lalu si B mencari saksi-saksi palsu padahal jelas banget rekayasanya dan pengacara si A ngeyel memberi fakta-fakta kalau itu tidak bener lalu hakim memutuskan kalau B tidak bersalah karena pengacara si A ngeyel? keren :D

    Berbahaya kalau hanya setengah-setengah dalam memahami sesuatu atau bahkan hanya mengambil satu dua ayat karena kadang pemahamannya beda jauh :D
     
    maxmanroe likes this.
  8. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,245
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Iya lebih baik berbicara dengan orang yang dewasa daripada dengan orang yang lebih tua tapi belum dewasa.
     
  9. mimi.do

    mimi.do Member

    Joined:
    May 27, 2014
    Messages:
    176
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    setuju mas.... *bagus*
     
  10. dellmensen

    dellmensen Member

    Joined:
    May 12, 2014
    Messages:
    131
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    debat sekarang kebanyakan cuma debat kusir *peace*
     
  11. billatransport

    billatransport Member

    Joined:
    Apr 8, 2014
    Messages:
    145
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    nah setuju banget..mending diam dari daripada ngladenin orang kaya gitu...gak akan ada habisnya..selalu mencari pembenaran atas perkataannya walaupun itu salah...
     
  12. Mondebutter

    Mondebutter Member

    Joined:
    Apr 1, 2013
    Messages:
    338
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Mau Komentar jadi Malu, Takutnya Saya Termasuk Orang yang suka Ngeyel, Hehe:D:D
     
  13. rifkey

    rifkey New Member

    Joined:
    Jun 12, 2014
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    setuju banged, soalnya kadang2 ngadepin orang ngeyel bikin emosi
     
  14. Didit Aditia

    Didit Aditia Member

    Joined:
    May 21, 2014
    Messages:
    149
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    sebetulnya saya juga suka ngeyel tapi , gak suka depat , misalnya ngeyel kalau cewek yang di suk nolak terus *akhirnya**interupsi*
     
  15. mimi.do

    mimi.do Member

    Joined:
    May 27, 2014
    Messages:
    176
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    itu mah lebih ke usaha kali yahh :D
     
  16. iskandar22

    iskandar22 Member

    Joined:
    Sep 26, 2013
    Messages:
    802
    Likes Received:
    40
    Trophy Points:
    28
  17. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,245
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Saya tau ini arah tujuan komentarnya kemana? :D
     
  18. Lucas Adie

    Lucas Adie Member

    Joined:
    Mar 23, 2014
    Messages:
    248
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Memang kira2 kemana mas?? :)
     
  19. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,245
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
  20. iskandar22

    iskandar22 Member

    Joined:
    Sep 26, 2013
    Messages:
    802
    Likes Received:
    40
    Trophy Points:
    28
    emang kemana den? *ketawa4*
     
Loading...

Share This Page