Perbedaan Scala dan Java

Discussion in 'Programming' started by dwi herawati, Oct 28, 2018.

  1. dwi herawati

    dwi herawati New Member

    Joined:
    Jan 15, 2017
    Messages:
    7
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Scala dan Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek berbasis JVM yang digunakan untuk membuat berbagai macam aplikasi. Java adalah bahasa pemrograman umum yang ada dimana-mana, dari komputer desktop ke ponsel, situs web ke aplikasi, dan sebagainya. Selama bertahun-tahun, Java telah menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling kuat dan canggih dan masih menjadi pilihan paling disukai di antara komunitas pengembang dan programmer di seluruh dunia. Namun, menjauh dari bahasa yang kuat dan matang seperti Java memang membutuhkan beberapa alasan yang cukup kuat. Scala adalah bahasa pemrograman modern yang menyediakan yang terbaik untuk dunia pengembang. Ini menjembatani banyak perbedaan dalam bahasa pemrograman. Alasan utama untuk popularitas Scala adalah mudah dibaca. Mari kita lihat beberapa perbedaan nyata antara Scala dan Java.

    Apa itu Java?
    Java adalah bahasa pemrograman yang paling populer dan banyak digunakan oleh jutaan pengembang di seluruh dunia pada hampir semua jenis komputer yang bisa dibayangkan. Dikembangkan di Sun Microsystems, Java dirancang untuk menjadi bahasa pemrograman mesin-independen untuk bekerja pada lingkungan yang berbeda yang cukup aman untuk melintasi jaringan dan cukup kuat untuk menggantikan kode asli. Butuh waktu hampir 18 bulan untuk mengembangkan versi pertamanya. Bahasa awalnya disebut "Oak" tetapi berganti nama menjadi "Java" pada tahun 1995. Seiring waktu, Java telah menjadi platform utama untuk aplikasi berbasis web dan layanan web. Aplikasi ini menggunakan teknologi seperti layanan web Java, Java Servlet API, dan banyak server aplikasi dan kerangka kerja Java dan open source dan komersial lainnya. Evolusi Internet lebih lanjut membantu melontarkan Jawa ke garis depan pemrograman.

    Apa itu Scala?
    Scala adalah generasi baru bahasa pemrograman berorientasi objek berbasis JVM yang telah mendapatkan momentum yang signifikan selama bertahun-tahun sebagai alternatif potensial ke Java. Meskipun tidak sepopuler Java, setidaknya belum, tapi itu pasti tidak ketinggalan juga. Istilah Scala adalah singkatan dari "bahasa skalabel" dan dinamakan demikian karena dirancang untuk tumbuh dengan meningkatnya tuntutan para penggunanya. Ini memberikan yang terbaik dari semua pengalaman dunia untuk pengembang yang dapat diterapkan untuk berbagai tugas pemrograman, dari menulis skrip kecil hingga membangun sistem besar. Bagian yang terbaik, berjalan pada platform Java standar dan interoperates mulus dengan semua library Java. Ini bisa memanggil kode Java, subclass kelas Java apa saja dan mengimplementasikan semua antarmuka Java.

    Perbedaan antara Scala dan Jawa
    Dasar-dasar Scala dan Java
    Java adalah bahasa berorientasi objek tujuan umum yang dikembangkan di Sun Microsystems oleh James Gosling dan beberapa rekannya pada awal 1990-an. Ini dimulai sebagai proyek bernama "Oak" pada tahun 1991 yang kemudian berganti nama menjadi Java. Bahasa meminjam banyak sintaks dari C dan C ++ tetapi dengan lebih sedikit fasilitas tingkat rendah. Scala juga merupakan bahasa berorientasi objek tujuan umum tetapi lebih berorientasi objek daripada Java. Scala adalah gagasan seorang ilmuwan komputer Jerman dan profesor metode pemrograman di EPFL, Martin Odersky.

    Orientasi Scala dan Java
    Baik Scala dan Java adalah bahasa berorientasi objek yang berjalan di JVM (Java Virtual Machine), bagaimanapun, Scala menggabungkan pemrograman berorientasi objek dan fungsional ke dalam bahasa yang cukup ringkas dan luar biasa. Pengembang perlu menulis beberapa baris kode untuk tugas-tugas rutin saat menggunakan Java, sedangkan Scala sangat mengurangi beberapa baris kode menjadi kode ringkas dan ringkas sehingga lebih mudah untuk mengidentifikasi dan memperbaiki bug. Namun, ia memiliki struktur yang lebih kompleks daripada Java.

    Kelas dan Instances
    Scala lebih berorientasi objek daripada Java karena Scala tidak memiliki anggota statis; sebaliknya, ia memiliki objek tunggal - kelas dengan hanya satu contoh. Segala sesuatu di Scala adalah sebuah instance dari kelas, sedangkan di Java, ada primitif dan statika yang berada di luar model OO. Selain itu, semua operasi pada entitas adalah melalui pemanggilan metode di Scala sementara operator diperlakukan berbeda di Java dan bukan pemanggilan metode.

    Obyek dan Statis
    Di Java, kelas dapat memiliki metode dan data statis. Dengan cara ini, ada satu titik akses ke metode dan kelas tidak perlu dipakai untuk mengakses metode statis. Variabel statis menyediakan akses global ke data di JVM. Scala, di sisi lain, menyediakan mekanisme yang serupa tetapi dalam bentuk objek, yang merupakan implementasi dari pola tunggal. Ada satu contoh per loader kelas dan cara ini adalah mungkin untuk memiliki status bersama secara global. Namun, objek adalah contoh kelas yang memungkinkan objek dilewatkan sebagai parameter.

    Interoperabilitas Scala dan Java
    Scala berjalan pada platform Java standar dan interoperasi tanpa hambatan dengan semua pustaka Java. Ini diintegrasikan dengan Java berarti Scala dapat memanggil kode Java, subclass kelas Java, dan mengimplementasikan antarmuka Java. Ini benar-benar kompatibel dengan Java. Namun, ada fitur Scala yang tidak dapat diakses dari Java, termasuk ciri-ciri dengan metode, kelas, dan metode yang ditetapkan dengan nama ilegal di Java dan tipe lanjutan Scala. Perbedaan utama terletak pada apa yang dilihat programmer dan tipe lanjutan memeriksa saat mengkompilasi kode.
     
    Last edited by a moderator: Oct 28, 2018
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,010
    Likes Received:
    141
    Trophy Points:
    63
    Ilmu baru inih yang terutama yang berkutat dala dunia komputer,
    ane sendiri sering membaca tulisan java, tapi tidak paham betul kenapa harus memasang java kalau mau menggunakan satu fitur tertentu , ini sejenis software atau apa yah
     
  3. Lyulph Ydwallo

    Lyulph Ydwallo Member

    Joined:
    Aug 22, 2018
    Messages:
    69
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    8
    yang bisa bahasa java enak pas kerja, tapi bahasa java itu lumayan sulit.
     
  4. kiranaraska

    kiranaraska New Member

    Joined:
    Oct 31, 2018
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Oooh jadi itu perbedaan java dab scala
     
  5. Dudu

    Dudu Guest

    Informasi yang bermanfaat sekali, jadi nambah wawasan di dunia IT :D
     
Loading...

Share This Page