Perawatan yang tepat atasi cacar air agar tidak berbekas

Discussion in 'Health & Medical' started by nadia6, Apr 29, 2017.

  1. nadia6

    nadia6 Member

    Joined:
    Feb 28, 2017
    Messages:
    203
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Siapa sih yang tidak merasa jengkel dengan adanya noda hitam bekas cacar pada bagian tubuh apalagi diwajah, jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus ini akan menyebabkan timbulnya benjolan yang berisi air pada seluruh tubuh, gatal dan kulit yang kemerahan. Penyakit ini akan mudah menular kepada orang yang belum terkena cacar air dan sudah mendapatkan vaksin, cacar air adalah salah satu jenis penyakit menular yang sangat cepat, terutama pada anak. Biasanya penyakit ini akan muncul pada anak-anak hingga remaja dan jarang ditemukan pada orang tua.

    Perawatan Cacar Air

    Perawatan cacar air biasanya bisa dilakukan dengan rawat jalan. Obat-obatan untuk meringankan demam, sakit kepala dan gejala lain biasanya akan diberikan oleh dokter. Namun perawatan di rumah tetap harus dilakukan untuk menghindari resiko yang lebih parah. Berikut ini adalah beberapa langkah perawatan yang bisa dilakukan.

    -Jangan menggaruk daerah kulit yang merah dan ruam. Menggaruk kulit hanya akan membuat kulit menjadi panas sehingga lebih baik jika diberikan salep untuk meringankan rasa gatal dan panas.
    -Jangan memencet atau menggaruk benjolan kecil yang sudah menjadi cacar. Hal ini untuk mengurangi resiko infeksi, penyebaran cacar ke orang lain dan bekas cacar yang tidak bisa hilang.
    -Sebaiknya potong kuku agar tidak menyebabkan luka atau infeksi pada cacar air saat tidak sengaja menggaruk bekas luka.
    -Gunakan sarung tangan dan pakaian yang tertutup agar cacar air segera bisa keluar.
    -Penderita juga bisa mandi air soda untuk mengurangi rasa gatal. Campur sedikit baking soda dalam air mandi dan gunakan untuk mandi.
    -Dilarang untuk memberikan obat sakit kepala karena bisa menyebabkan demam dan sakit yang lebih serius.
    -Gunakan pelembab pada kulit agar kulit yang terkena cacar tidak terlalu kering. Biasanya dokter akan memberikan pelembab berupa salep.
    -Gunakan pakaian yang ringan dan tidak membuat kulit menjadi lebih gatal atau panas.
    -Berikan makanan yang lembut dan hangat agar penderita cacar air tetap nyaman dan tubuh tidak terlalu lemah.

    Pencegahan Cacar Air

    Upaya pencegahan agar tidak tertular cacar air memang bisa dilakukan untuk mengurangi resiko. Meskipun orang yang belum pernah menerima vaksin cacar memiliki resiko yang cukup tinggi. berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan cacar air.

    -Cacar air pada anak sangat rentan dan cepat menular. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya anak yang terkena cacar air harus berada di rumah dan tidak sekolah untuk sementara waktu.
    -Bila salah satu anggota keluarga terkena cacar air maka buatlah wilayah khusus untuk mereka. Hal ini untuk mencegah penularan agar tidak terjadi. Anda tetap bisa membiarkan anak-anak bermain di dalam rumah dan tidak terkena udara luar.
    -Anak-anak yang belum pernah menerima vaksin sebaiknya harus segera mendapatkan vaksin. Langkah ini menjadi langkah yang paling tepat karena cacar air hanya bisa dicegah dengan vaksin.
    -Ibu hamil yang terkena cacar air tidak bisa mendapatkan vaksin karena berbahaya untuk janin.

    Tidak ada makanan yang bisa menyembuhkan cacar air, tapi anak-anak atau orang yang terkena cacar air harus mengkonsumsi makanan yang penuh dengan nutrisi agar tubuh tetap kuat dan bisa pulih dari infeksi dalam waktu yang cepat

    Nah, maka dari itu pilihlah pengobatan yang aman di konsumsi siapapun dari mulai balita, dewasa, ibu hamil dan menyusui hingga lansia sekalipun.

    Semoga bermanfaat
     
  2. Promp3

    Promp3 Member

    Joined:
    Oct 16, 2016
    Messages:
    415
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    Penyakit 1 kali seumur hidup
     
  3. Silmi Alimatul

    Silmi Alimatul Member

    Joined:
    Apr 14, 2018
    Messages:
    409
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
Loading...

Share This Page