Perawatan Dan Pengecekan Mudah Komponen Mobil Paling Umum

Discussion in 'Otomotif' started by bimo dimas, May 18, 2021.

Tags:
  1. bimo dimas

    bimo dimas Member

    Joined:
    Oct 26, 2020
    Messages:
    246
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    KabarOto.com - Bagi Sobat KabarOto yang masih membatasi aktivitas di luar rumah, mobil pun akan jarang dipakai. Meskipun demikian, kondisi mobil juga harus tetap terjaga agar performa kendaraan tetap prima.

    Berikut adalah komponen-komponen yang harus diperhatikan saat melakukan perawatan dan bisa dilakukan berulang-ulang dalam waktu dekat karena komponen ini paling umum digunakan.

    1. Radiator

    Radiator menjadi hal utama yang harus diperhatikan saat melakukan pemeriksaan kendaraan. Air radiator pada mobil harus dipastikan selalu dalam kondisi penuh sampai batas level.

    Air radiator berfungsi untuk menjaga suhu mesin agar tetap optimal dan mencegah terjadinya overheat. "Selain itu, periksa bagian slang radiator dan slang penghubung ke reservoir, pastikan slang dalam kondisi tidak ada retak dan menggelembung," ujar Heri Iswanto selaku Service Advisor Honda Prospect Motor (HPM).

    2. Oli Mesin

    Oli mesin juga menjadi salah satu komponen yang harus secara rutin dilakukan penggantian karena berfungsi untuk meringankan kinerja mesin mobil, dengan memberi pelumasan yang cukup untuk mengurangi gaya gesek antar komponen.

    "Untuk mengecek kondisi oli, keluarkan stik oli (dipstick) dari wadahnya dan periksa level ketinggian oli di ujung stik. Pastikan oli mesin berada diantara batas low dan high, dan juga perhatikan warnanya," ujarnya.

    Ia bilang, oli mesin yang masih bagus memiliki warna kecoklatan, sedangkan oli yang sudah lama digunakan cenderung berwarna agak hitam pekat. Penggantian oli mesin harus dipastikan untuk secara rutin dilakukan sesuai dengan jadwal perawatan berkala yang terdapat pada buku petunjuk kendaraan.

    3. Ban Mobil

    Keempat ban mobil juga harus dipastikan kondisinya, pastikan bahwa permukaannya tidak gundul dan tidak ada tekstur yang retak atau pun benjol.

    Tread Wear Indicator (TWI) berupa garis pembatas yang ada di sela-sela ulir ban pun juga harus diperhatikan. Apabila permukaan ban sudah sejajar ketebalannya dengan garis TWI, berarti ban sudah menipis dan harus dilakukan penggantian.

    "Selain itu, tekanan angin juga harus sering untuk diperiksa agar sesuai dengan standar tekanan angin ban, yang dapat dicek pada sisi bagian dalam pintu pengemudi," jelasnya.

    4. Wiper

    Selanjutnya adalah pemeriksaan kondisi wiper mobil. Pemilik mobil dapat memastikan permukaan karet wiper dalam kondisi tidak retak, sobek dan masih mampu membersihkan kaca mobil secara optimal.

    Tabung air wiper di dalam kap mesin juga dapat diisi dengan cairan khusus pembersih wiper. "Kondisi wiper yang baik dapat membuat pengendara semakin merasa nyaman dan aman untuk berkendara dalam cuaca apapun," tutup Heri.

    Sumber: Link
     
Loading...

Share This Page