Penyebab Naiknya Kadar Gula Darah

Discussion in 'Health & Medical' started by Linamayasari123, Dec 30, 2016.

  1. Linamayasari123

    Linamayasari123 Member

    Joined:
    Sep 15, 2016
    Messages:
    25
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Penyebab Naiknya Kadar Gula Darah


    Selalu menjaga kadar gula dalam darah untuk selalu normal merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Kenapa begitu ? Pasalnya, kadar gula darah tinggi dapat menjadi penyebab datangnya berbagai masalah penyakit. Seperti salah satunya yang sangat sering dikaitkan dengan tingginya kadar gula darah adalah penyakit diabetes. Diabetes sendiri merupakan penyakit yang tidak mengenal usia, sehingga di masa muda juga kita punya resiko terkena diabetes jika pola hidup yang tidak sehat diterapkan. Nah, lalu apa saja yang menyebabkan kadar gula dalam darah mengalami kenaikan di atas normal ? Barikut ini beberapa penyebabnya :

    1.Sering tidak sarapan. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 membuktikan bahwa wanita yang gemuk dan sering tidak sarapan punya tingkat insulin serta kadar gula darah yang lebih tinggi setelah makan siang beberapa jam setelahnya, ketimbang saat mereka makan pagi alias sarapan. Kemudian juga studi pada American Journal of Clinical Nutrion menemukan bahwa laki-laki yang punya kebiasaan tidak sarapan, memiliki potensi 21 persen lebih besar terkena diabetes.

    2.Sering mengkonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung gula. Gula pasir merupakan salah satu makanan dengan Indeks Glikemik yang cukup tinggi sehingga memicu gula darah tinggi jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih. Untuk mencegah gula darah yang tinggi karena rasa manis ini, ubah penggunaan gula pasir dengan Tropicana Slim Sweetener Classic yang bebas gula dan dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah.

    3.Banyak mengkonsumsi makanan berlemak. Kebiasaan mengkonsumsi makanan berlemak jahat yang tinggi dapat memicu penumpukan gula dalam darah. Beberapa makanan seperti gorengan, makanan cepat saji, ini bisa mengurangi tingkat sensitivitas insulin dan berdampak buruk lantaran bisa membuat tumpukan gula dalam darah. Akan tetapi ada lemak baik yang sehat untuk dikonsumsi, yakni lemak tak jenuh seperti omega 3 dan omega 6.

    4.Merokok. Kebiasaan merokok jelas sangat beresiko memberikan dampak yang buruk pada kesehatan. Salah satunya juga adalah pemicu gula darah tinggi, apalagi penderita diabetes yang masih juga meneruskan kebiasaan merokok, ini dapat berakibat semakin buruk untuk kesehatannya. Sebuah studi di tahun 2011 mengungkapkan bahwa semakin banyak tubuh terpapar oleh nikotin, maka semakin tinggi tingkat ukuran kontrol gula darahnya. Tingginya gula darah ini bahkan juga menambah resiko komplikasi diabetes yang serius, seperti menderita serangan jantung bahkan gagal ginjal maupun stroke.

    5.Keadaan tekanan mental yang berat dan menimbulkan stress juga bisa menjadi pemicu naiknya kadar gula dalam darah

    6.Terdapat gangguan penyakit yang menyerang pankreas atau radang pankreas
     
  2. Baihaqi

    Baihaqi Member

    Joined:
    Dec 26, 2016
    Messages:
    67
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    8
    bagus mbak postingannya........... lanjutkan!
     
  3. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,218
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Betul, kadar gula darah harus stabil, dan jangan lupa olahraga dan banyak minum air mineral.
     
  4. Fitria Nursalis

    Fitria Nursalis Member

    Joined:
    Oct 13, 2016
    Messages:
    517
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Jarang sarapan dan sering makan makanan berlemak sih itu kebiasaan ane, makasih banget gan informasinya membantu banget loh. Mulai sekarang ane mau rajin sarapan sama ngurangin makan makanan berlemak dan tentunya mau olahraga rutin :D
     
Loading...

Share This Page