Penyebab Mimpi Basah Pada Remaja

Discussion in 'Health & Medical' started by resi raphael, May 18, 2021.

  1. resi raphael

    resi raphael Member

    Joined:
    May 16, 2019
    Messages:
    92
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Mimpi basah atau nocturnal emission merupakan terjadinya ejakulasi pada saat seorang pria tertidur tanpa adanya rangsangan secara langsung. Biasanya pria akan mengalami hubungan seksual dalam mimpi dan ia ejakulasi.

    Kejadian tersebut adalah hal yang normal dan sudah umum yang dirasakan oleh anak kali-laki yang sedang berada di masa perkembangan menuju usia remaja.

    Penyebab mimpi basah pada remaja

    Pada awal seorang anak berajak remaja ia akan mulai merasakan mimpi basah karena hal tersebut merupakan hal yang umum terjadi. Mimpi basah menjadi awal pertanda bahwa hormon testosteron sudah mulai diproduksi oleh testis pria yang sudah mengalami mimpi basah. Hormon testosteron lah yang nantinya akan memproduksi sperma bagi pria.

    Penyebab utama pria mengalami mimpi basah yaitu ketika tubuh mulai memproduksi lebih banyak hormon testosteron. Penyebab lainnya yaitu ketika perasaan gairah seksual mulai muncul pada anak remaja. Pada saat seorang remaja tidur, ia mungkin sedang berada di fase rapid eye movement, fase inilah yang diduga remaja laki-laki bisa mengalami ereksi.

    Masa itulah tubuh seorang remaja mulai mengalami adanya beberapa perubahan secara alami didirinya. Seperti diusia 13 tahun penis pada pria remaja mulai mengalami perkembangan dan memanjang. Juga mulai tumbuhnya rambut pada area kemaluan dan terus semakin tebal dan menyebar di area kelamin. Klinik Raphael juga membuka pelayanan kesehatan untuk pengobatan penyakit menular seksual untuk pria maupun wanita.

    Penjelasan tentang mimpi basah
    1. Frekuensi mimpi basah
      Pada setiap remaja atau pria dewasa frekuensi ini berbeda-beda, hal itu memang wajar dan bukan merupakan hal yang salah pada dirinya. Ada beberapa remaja pria yang mengalami mimpi basah ini bisa sampi 2 atau 3 kali dalam seminggu dan lainnya mungkin hanya mengalami beberapa kali saja semasa hidupnya. Kondisi tersebut dapat dialami oleh remaja pria sampai ia dewasa.

    2. Mimpi basah tidak bisa dicegah
      Memang ada beberapa orang yang ia bisa mencegah mimpi basah ini terjadi namun belum ada bukti kalau mimpi basah ini dicegah. Karena ini merupakan kondisi yang alami dan sudah biasa terjadi dalam tubuh pria.

    3. Tidak Berbahaya
      Ejakulasi saat tertidur yang terjadi pada pria remaja atau dewasa ini, tidaklah berbahaya bagi tubuh. Memang ada opini yang beredar dan mengatakan bahwa mimpi basah dapat memperlemah tubuh dan dapat memperpendek usia, tapi opini tersebut tidaklah benar.

      Mimpi basah erat kaitanya dengan seksualitas pria, namun sebenarnya wanita juga dapat mengalami mimpi basah. Hanya saja pada wanita mimpi basah ini tidak selalu diakhiri dengan kelaurnya cairan dari vagina seperti pada pria.

      Mimpi basah ini terjadi karena respon normal dan alami dari tubuh terhadap perubahan hormonal, seperti haid yang dialami oleh wanita. Ejakulasi ini tidak memiliki resiko kesehatan maupun kesuburan pada pria.

    4. Perlu pemahaman mengenai seks
      Ketika seorang pria mengalami mimpi basah dan ia terbangun maka penting bagi dirinya untuk menjaga kebersihan alat kelaminnya. Segera bangun untuk membilas dengan air sampai bersih dan mengganti celana dalam yang dipakainya.

      Terkadang bagi remaja mimpi basah ini malah membuat ia merasa malu, bingung atau jadi merasa tidak nyaman. Padahal kondisi ini merupakan hal yang umum dan wajar yang dialami oleh remaja pria dan dewasa.
     
Loading...

Share This Page