Penyebab Gagal Umroh

Discussion in 'Tourism' started by farih shofi, Jul 1, 2016.

  1. farih shofi

    farih shofi Member

    Joined:
    Jun 21, 2016
    Messages:
    111
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Penyebab Gagal Umroh
    Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab Travel penyelenggara Umroh gagal memberangkatkan jamaahnya ke tanah suci, tercatat frekwensi kejadian pembatalan umroh meningkat di tiap Tahun. Ada bermacam-macam Penyebab Gagal Umroh ini bisa terjadi.

    Indonesia adalah negara dengan mayoritas masyarakat muslimnya terbesar di dunia, secara otomatis Indonesia mendapat kuota Haji paling banyak sedunia, yakni berkisar 168 ribu jamaah tiap tahunnya. Dengan jumlah kuota sedemikan besar tetap saja kuota tersebut tidak dapat menampung daftar antrian jamaah yang antusias pergi ke tanah suci.

    Mulai tahun 2014 saja daftar tunggu haji sudah mencapai lebih dari 2 juta jamaah, artinya bisa jadi paling cepat berangkat 5 hingga 10 tahun lagi. Dengan keadaan demikian maka ibadah umroh menjadi solusi untuk mengobati rasa rindu untuk bisa ke baitullah. Begitu banyaknya masyarakat Indonesia yang menunaikan ibadah umroh terlebih dahulu sebelum ber-haji, selain itu karena ada juga yang mengikuti sunnah rasul.

    Penyebab Gagal Umroh
    [​IMG]

    Salah satu Penyebab Gagal Umroh yang sering terjadi adalah dari pihak Penyelenggara atau Travel Umroh, berikut akan coba kami ulas beberapa sebab yang melatarbelakangi kegagalan keberangkatan umroh dari pihak penyelenggara. Yang antara Lain:

    • Visa Umroh
    Terganjal Ijin VISA Umroh, Menurut keterangan yang disampaikan oleh Direktur Pembinaan Haji Kementerian Agama Ahmad Kartono mengatakan, bahwa banyaknya kendala visa disebabkan karena adanya perbaikan sistem di kementerian Arab Saudi.

    Persoalan ijin visa dari pemerintah Arab juga menjadi kendala tidak hanya di Indonesia namun di Brunei, Malaysia dan beberapa muslim lainnya. Selanjutnya Ahmad Kartono menghimbau kepada para penyelenggara umroh untuk tidak memberangkatkan jamaah sebelum ada sinyal visa keluar dari kedutaan Arab Saudi.

    Selama Visa umroh belum keluar jangan sekali kali menjanjikan apapun, bahkan sekalipun yakin, tetap harus berhati hati dalam memberangkatkan umroh apalagi umroh ramadhan, karena seringkali provider Visa pada bulan Ramadhan ini mengalami OFFLINE.

    Total kerugian gagal berangkat umroh yang diderita penyelenggara umroh bisa mencapai lebih dari USD 1000 per jamaah dari total biaya umroh perjamaah yang berkisar 2.150 dolar AS. Itu juga belum termasuk rupiah harga tiket pesawat sekali jalan yang dinyatakan hangus oleh maskapai penerbangan.

    Para penyelenggara perjalanan haji dan umroh tentu telah berupaya merencanakan secara matang jadwal keberangkatan jamaahnya, karena kepastian tanggal keberangkatan menjadi salah satu faktor penting kredibilitas sebuah agen travel umroh.

    Namun gagal berangkat umroh lebih banyak pada faktor external yaitu perubahan kebijakan pemerintah Arab Saudi yang membatasi kuota jamaah umroh melalui operator resmi penyelenggara haji dan umroh Arab Saudi. Melalui operator resmi itulah seluruh biro perjalanan umroh sedunia melakukan kontrak kerja sama memproses visa dan memberangkatkan jamaah umroh dan haji.

    Akibatnya, banyak permintaan yang menumpuk di kantor kedutaan besar Arab Saudi di Indonesia, dan mirisnya, kebijakan pengeluaran visa selalu berubah ubah setiap tahunnya tanpa ada sosialisai yang jelas yang menjadi faktor utama gagal berangkat umroh.

    • Travel Umroh Abal-abal
    Salah satu hal yang perlu juga diwaspadai sebagai Penyebab Gagal Umroh adalah adanya Travel Umroh Abal-abal yang hadir di tengah masyarakat. Travel umroh ini merupakan Travel umroh yang belum terdaftar secara Resmi di Kementrian Agama, sehingga kualitas dan kapasitasnya sebagai penyelenggara perjalanan Ibadah Umroh tidak terjamin.

    Seringkali Travel Umroh Abal-abal ini menawarkan paket umroh yang sangat murah, akan tetapi tanggal keberangkatan, Maskapai Penerbangan dan Hotel yang akan digunakan tidak dijelaskan secara Jelas. Biasanya mereka ini mengumpulkan jamaah sebanyak mungkin baru kemudian memesan tiket, dan hal ini pun sangat rawan menjadi penyebab gagalnya Umroh.

    • Travel Umroh Palsu
    Poin terakhir dari Penyebab Gagal Umroh ini merupakan poin yang paling penting dari artikel ini. Dengan semakin banyaknya Minat masyarakat muslim di Indonesia menyebabkan munculnya Travel-Travel palsu yang menawarkan harga umroh super murah. Travel palsu ini sama sekali tidak ada niatan untuk memberangkatan para calon Jamaah Umrohnya, bahkan sebaliknya, mereka hanya mengambil kesempatan dalam kesempitan.

    Banyak modus yang digunakan oleh Travel umroh Palsu ini, mulai dari memberika paket umroh super murah, bayar murah tapi berangkat tahun depan, Travel MLM dan lain sebagainya. Jadi sangat perlu untuk berhati-hati dan selalu waspada. Pilihlah Travel Umroh yang sudah terdaftar secara Resmi di Kementrian Agama.
     
  2. aloy

    aloy Member

    Joined:
    May 1, 2015
    Messages:
    41
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    gagal berangkat umroh beberapa tahun terakhir kerap terjadi dan jamaah yang akan melaksanakan umroh menjadi korban keadaan... ya saya katakan korban keadaan memang sebenarnya ada banyak faktor yang mengakibatkan orang gagal berangkat umroh...... dari penipuan , bangkrutnya travel yang akan memberangkatkan, maupun visa yang terlambat keluar hingga tiket pesawat hangus.....
     
    farih shofi likes this.
  3. farih shofi

    farih shofi Member

    Joined:
    Jun 21, 2016
    Messages:
    111
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Betul sekali agan, terimakasih sudah berkenan mampir..:)
     
  4. Muchtar79

    Muchtar79 New Member

    Joined:
    Aug 29, 2016
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Gagal umroh bila penyebabnya karena manajemen travel sangat menyakitkan, merugikan sekali tidak bisa mengemban amanah yang sudah jamaah percayakan ke travel, kalo gagal berangkat disebabkan karena visa tidak keluar ini yang menjadi dilema, tentunya pihak travel tidak bisa berbuat apa apa, mungkin sudah waktunya travel umroh menerapakan management risk, agar nama baik travel tidak buruk di mata calon jamaah.

    Paket Umroh Januari | Paket Umroh April | Paket Umroh Ramadhan
     
    Last edited by a moderator: Dec 22, 2016
  5. gempitara

    gempitara New Member

    Joined:
    Jan 16, 2017
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    gagal itu tandanya belum ada panggilan dari allah untuk berangkat ke tanah suci
     
  6. Explore Wisata

    Explore Wisata Member

    Joined:
    Jan 30, 2017
    Messages:
    429
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    wah makasih atas infonya,,, biar gak sampai gagal umroh harus benar benar memperhatikan segalanya yang berkaitan
     
  7. gngrzky

    gngrzky Member

    Joined:
    Mar 17, 2017
    Messages:
    41
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    semoga kita selalu diberi kemudahan agar bisa menunaikan ibadah haji ataupun umroh :)
     
  8. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    487
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    travel umroh palsulah yang paling sering menyebabkan gagal umroh :D
     
Loading...

Share This Page