Penyebab Air Tercemar

Discussion in 'Science' started by crewjvm, May 11, 2018.

  1. crewjvm

    crewjvm Member

    Joined:
    Sep 15, 2015
    Messages:
    94
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Penyebab Air Tercemar - Air merupakan salah satu kebutuhan utama makhluk termasuk kita sebagai manusia. Namun dalam perkembangannya justru kitalah yang menjadi penyumbang terbesar dalam kerusakan dan pencemaran terhadap badan - badan air seperti sungai, danau dan laut.

    Pencemaran air ini dapat berasal dari kita maupun dari alam itu sendiri yang dibagi dalam beberapa kelompok yaitu :
    1. Sampah (Organik maupun Non Organik)
    Sampah merupakan bahan - bahan yang sudah diambil manfaatnya oleh manusia dan biasanya sudah tidak bermanfaat yang menjadi sumber utama pencemaran yang dibedakan menjadi sampah organik dan non organik.

    Sampah organik merupakan sampah yang berasal dari makhluk hidup yang mudah untuk diuraikan. Sedangkan sampah non organik biasanya berupa sampah plastik maupun bahan kimia yang sulit untuk diuraikan.

    Sampah juga dapat berasal dari kalangan rumahan hingga industri dan jumlahnya sangat banyak di seluruh dunia. Oleh karena itu masalah sampah harus menjadi perhatian khusus agar tidak menimbulkan masalah yang jauh lebih besar.
    1. Limbah Industri
    Dalam skala besar pencemaran air berasal dari kalangan industri, dimana industri tersebut tentu akan menghasilkan limbah baik dalam bentuk padat, cair maupun gas. Dalam bentuk cair dan padat, limbah yang dibuang ke lingkungan sekitarnya dapat mencemari badan air. Selain itu double impactnya juga dapat mencemari tanah yang ada di sekitarnya.
    1. Pertambangan
    Selain industri, kalangan pertambangan juga menyumbang dalam pencemaran air. Sisa - sisa hasil tambang yang dibuang ke lingkungan sekitar akan mencemari perairan secara langsung jika dibuang langsung ke badan air. Secara tidak langsung apabila sisa hasil tambang dibakar dan menguap di udara yang kemudian akan terbawa oleh air hujan.
    1. Penggunaan bahan peledak untuk menangkap ikan
    Selain merusak terumbu karang dan ekosistem yang ada di laut, penggunaan bahan peledak juga akan mencemari air laut secara langsung. Apabila tidak dicegah tentu akan banyak biota laut yang mati dan air laut di sekitarnya akan segera tercemar.
    1. Peternakan dan perikanan
    Kotoran ternak dan sisa pakan ternak memanglah bahan organik yang dapat diuraikan oleh alam, namun bila jumlahnya terlalu banyak tentu juga akan menjadi masalah yang dapat mencemari perairan yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu baik peternakan maupun perikanan membutuhkan pengolahan limbah buangan yang baik.
    1. Limbah pertanian
    Limbah pertanian yang sering menjadi masalah pencemaran air adalah penggunaan pestisida yang berlebihan. Hal ini akan secara langsung mencemari perairan yang ada di sekitarnya.
    1. Tumpahan minyak di laut
    Seperti yang kita ketahui bahwa kilang minyak kebanyakan terdapat di tengah laut dan bila terjadi kesalahan dalam penanganan yang menyababkan minyak tersebut tumpah atau bocor maka ini akan menjadi sumber pencemaran air laut yang buruk.
    1. Detergen
    Pencemaran akibat pembuangan limbah deterjen sering kali dianggap sepele, padahal kenyataannya jumlah pembuangan limbah deterjen yang terakumulasi di alam sangatlah banyak. Hal ini secara langsung akan mencemari air karena deterjen merupakan bahan kimia yang sulit untuk diuraikan.

    Hal - hal di atas merupakan beberapa hal penyebab air tercemar, pencemaran air tentu akan berdampak pada menurunnya kualitas air pada suatu badan air. Selain itu kandungan air juga akan berubah.

    Perubahan yang sangat jelas adalah pada kandungan pH air tersebut, air yang sudah tercemar bila di ukur menggunakan pH meter sudah tidak memiliki pH yang netral lagi sekitar 6 - 7 pH namun sudah jauh di atas maupun di bawahnya.

    Selain itu kadar oksigen di dalam air atau oksigen terlarut di dalam air juga akan berkurang drastis. Hal ini karena air menggunakan oksigen terlarut guna mengoksidasi berbagai bahan pencemar baik organik maupun non organik yang terkandung di dalamnya.

    Jadi semakin banyak bahan pencemar yang ada di dalam air maka oksigen terlarut di dalam air akan semakin berkurang guna mereduksinya. Tentunya masih banyak hal lagi kandungan air yang berubah akibat pencemaran.

    Oleh karena itu kita harus lebih bijak dan arif lagi dalam menjaga kelestarian lingkungan terutama badan air yang ada di sekitar kita.
     
  2. LPrana

    LPrana Member

    Joined:
    Mar 22, 2018
    Messages:
    38
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Banyak uang yang dihabiskan buat hal2 ngga penting kayak foto2in benda2 ngga jelas, n banyak lagi. Kadang orang lakukan banyak hal ngga jelas tanpa mikir panjang. Tapi masalah polusi ngga ada yg tertarik buat membahasnya.
     
Loading...

Share This Page